Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Kemenkeu: Kinerja BUMN Bisa Ditingkatkan Lagi

 Jum'at, 27 April 2012 pukul 09:36:08   |   426 kali

Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan mengatakan peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pembangunan perekonomian Indonesia bisa lebih ditingkatkan lagi.


"Kinerja BUMN sejauh ini sudah bagus, terbukti dari beberapa awards international yang berhasil diraih oleh sejumlah BUMN. Namun sebenarnya kinerja itu masih bisa lebih ditingkatkan lagi," kata Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Hadiyanto dalam diskusi interaktif bertajuk `Peluang, Tantangan dan Strategi Pengelolaan BUMN` di Jakarta, Kamis.


Menurut Hadiyanto, salah satu cara yang mampu meningkatkan kinerja BUMN adalah dengan mengurangi atau meniadakan proses birokrasi yang berlama-lama dalam pengambilan keputusan birokrasi BUMN. "Proses birokrasi dalam pengambilan keputusan birokrasi BUMN, baik itu di tataran Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), di tataran pengawasan maupun di tataran konsultasi dengan DPR, sebetulnya bisa lebih dipersingkat lagi," kata Hadiyanto.


Cara lain untuk meningkatkan kinerja BUMN, lanjut Hadiyanto, adalah dengan menyelaraskan ketentuan perundang-undangan yang berkaitan dengan BUMN yang masih belum tersinkronisasi dengan baik antara satu sama lain. "Masih ada disharmoni dalam ketentuan perundang-undangan BUMN, misalnya Undang-undang (UU) BUMN, UU keuangan negara, UU pemeriksaan keuangan dan UU yang berkaitan dengan pengelolaan kekayaan negara," kata Hadiyanto.


Hadiyanto menilai, UU yang belum tersinkronisasi satu sama lain, khususnya yang terkait dengan keuangan, menimbulkan pertanyaan penting, yaitu apakah piutang BUMN itu merupakan piutang negara atau piutang BUMN sendiri. "Kebingungan seperti ini dapat menyebabkan para CEO manajemen BUMN diliputi keraguan pada saat proses pengambilan keputusan," kata Hadiyanto.


Pada akhirnya, Hadiyanto menambahkan, akan mengurangi keberanian BUMN untuk melakukan investasi atau mengambil keputusan penting demi peningkatan korporasi dan bisnis, karena rasa khawatir yang berlebih. (T.R027)

sumber:http://www.antaranews.com/berita/308000/kemenkeu-kinerja-bumn-bisa-ditingkatkan-lagi

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini