Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Kemenkeu Luncurkan Portal Lelang Indonesia Kamis Besok
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3691937/kemenkeu-luncurkan-portal-lelang-indonesia-kamis-besok
 Selasa, 20 November 2018 pukul 06:39:52   |   155 kali

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal kekayaan negara (DJKN), kementerian keuangan, akan meluncurkan Portal lelang Indonesia bernama lelang.go.id pada Kamis (15/11) besok. Peresmian portalini merupakan salah satu rangkaian pekan kekayaan negara dalam rangka memperingati HUT DJKN ke-12.

Direktur lelang Jenderal kekayaan negara, kementerian keuangan Lukman Effendi mengatakan, kehadiran portal lelang ini sebagai salah satu strategi untuk memperkenalkan dan mempermudah masyarakat dalam mengikuti lelang. Sehingga informasi lelang diharapkan akan lebih informatif dan mudah diakses.

lelang.go.id akan menjadi identitas perusahaan yang berfungsi membangun kesadaran masyarakat luas akan fungsi lelang. Mulai daru menjaring pembeli potensial, mengangkat citra lelang yang aman, hingga merubah presepsi negatif masyarakat terkait lelang itu sendiri.

"Harapan kita dengan nama lelang.go.id kita akan menghilangkan stigma bahwa lelang itu sulit, ribet dan birokrasi banget. Kalau kita masuk ke era bisnis kan susah. Kemudian kedua kita ingin lebih memasyarakat, sehingga kesannya mudah gampang sederhana seperti itu," kata Lukman dalam Media Briefing Peluncuran Domain lelang.go.id, di kementerian keuangan, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Ikuti Perkembangan Zaman Direktorat Jenderal kekayaan negara kemenkeu melelang sejumlah barang milik pejabat di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat pada Rabu (28/2/2018). (Fiki/Liputan6.com)Lukman mengatakan, nantinya portal lelang akan terintegrasi pada satu layanan terpadu yang kompatibel dengan semua gawai (gadget). Layanan ini pun mendorong lelang semakin dinamis, seiring pertumbuhan dan perkembangan teknologi e-commerce yang menjadi salah satu penggerak ekonomi baru ke depan.

"lelang itu menginginkan seperti perkembangan marketplace.Kamiingin mengarah ke sana. lelang semacam industri. Kami ingin mengembangkan lelang ini sebagai industri," katanya.

Lukman menambahkan, selain akan meluncurkan domain portal lelang indonesia, DJKN juga akan melakukan lelang barang gratifikasi yang dilaksakan di Kantor DJKN.

Adapun penawaran akan melalui internet secara tertutup (close bidding) dan secara terbuka (open bidding) yang dapat diakses melalui gadget peserta. Selain itu juga akan dilaksanakan pula lelang dengan penawaran lisan dan kehadiran.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini