Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
KPK Targetkan Rp5 Miliar dari Lelang
mediaindonesia.com, 23 November 2017
 Kamis, 23 November 2017 pukul 14:13:17   |   356 kali

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melelang sejumlah barang rampasan dari para koruptor yang kasusnya sudah berkekuatan hukum tetap.

Dari hasil lelang itu, KPK berharap memperoleh pemasukan untuk negara sebesar Rp5 miliar.

Lelang bakal diadakan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Persada Kuningan K.4, Jakarta Selatan, Jumat (24/11) mulai pukul 14.00 WIB.

Calon peserta wajib menyetor jaminan 3% dari harga barang paling lambat 23 November 2017 pukul 23.00.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengingatkan aset-aset yang didapatkan para koruptor dapat dirampas negara sehingga tidak ada gunanya pejabat mengumpulkan aset dari hasil korupsi.

"Karena kalau diproses hukum akan ada risiko, baik untuk diri sendiri maupun orang lain, lantaran aset-aset itu akan dikembalikan kepada negara dan dipergunakan untuk publik dan masyarakat secara luas," kata Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/11).

Sementara itu, Plt Koordinator Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi KPK Irene Putri mengatakan total terdapat 54 barang rampasan yang akan dilelang.

Beberapa di antaranya yakni koleksi perhiasan emas dan berlian milik Ahmad Fathanah, terpidana kasus suap kuota impor daging sapi pada 2013.

"Ada juga jam tangan mewah yang akan dilelang dari merek terkenal dengan harga bervariasi. Emas, jam tangan, berlian barang rampasan Ahmad Fathanah," kata Irene.

KPK yang bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III juga akan melelang 12 lukisan milik terpidana kasus suap pembahasan Raperda Reklamasi Teluk Jakarta M Sanusi.

Lukisan-lukisan itu ditaksir bernilai mulai Rp9,794 juta hingga Rp69,25 juta.

Tak hanya itu, KPK juga akan melelang 18 telepon seluler, 2 unit Jeep Wrangler, 1 unit mobil Mazda CX-5, 1 unit mobil Toyota Camry, 1 unit motor KTM, 1 unit motor Trail, 1 paket terdiri dari 9 unit ponsel, 1 ponsel Samsung, 20 perhiasan, 8 jam tangan mewah, 1 unit mobil Lexus, 1 unit mobil Honda Jazz, 1 unit mobil Mercedes-Benz, 1 paket yang terdiri dari 16 ponsel, dan 1 paket yang terdiri dari 2 buah laptop.

"Sepanjang tahun ini yang kami kumpulkan dari lelang saja sekitar Rp200 miliar," tandas Irene.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini