Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Mewujudkan Penilai Internal yang Berkualitas
N/a
Jum'at, 13 Februari 2015 pukul 18:11:28   |   997 kali

Singkawang - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang dan KPKNL Pontianak dengan bimbingan Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat, menggelar kegiatan Pra Quality Assurance untuk mempersiapkan rencana pelaksanaan Quality Assurance oleh Direktorat Penilaian. Persiapan Quality Assurance ini dilaksanakan pada 12 Februari 2015 di ruang lelang KPKNL Singkawang. Pesertanya adalah penilai-penilai internal dari KPKNL Singkawang dan KPKNL Pontianak.

Penilaian adalah salah satu tugas dan fungsi yang dijalankan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dimana penilaian adalah proses kegiatan yang dilakukan oleh penilai untuk memberikan opini nilai atas suatu objek penilaian pada saat tertentu. Untuk menghasilkan opini nilai yang dapat dipertanggungjawabkan, tentunya penilaian tersebut harus dilakukan oleh penilai yang memiliki kompetensi dan kualitas. Direktorat Penilaian adalah unit organisasi Eselon II yang melaksanakan tugas dan fungsi pembinaan bagi Penilai Internal DJKN. Untuk itu Direktorat Penilaian melaksanakan kegiatan Quality Assurance guna mengukur dan meningkatkan kualitas Penilai Internal di lingkungan DJKN.

Kualitas penilai dalam membuat laporan penilaian dapat ditingkatkan melalui pengayaan wawasan dengan membaca peraturan-peraturan, buletin teknis, dan literatur lainnya mengenai penilaian. Hal disampaikan Sujarwo, Kepala KPKNL Singkawang dalam sambutannya, yang kemudian dilanjutkan dengan membuka acara. “Pengetahuan tentang penilaian akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, maka sebagai seorang penilai, sudah selayaknya harus [update] dirinya. Kantor pusat senantiasa memantau penilai-penilai di daerah dengan melakukan kegiatan Quality Assurance secara berkala. Jangan anggap persiapan ini cuma sekedar persiapan semata tapi ikuti kegiatan ini dengan baik dan tunjukkan kualitas penilai di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat," jelas Sujarwo

Acara yang dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB ini dipandu oleh Fendi Purwanto selaku Kabid Penilaian Kanwil DJKN Kalbar.”Dengan jam terbang yang cukup tinggi, Penilai Internal DJKN di Kanwil Kalbar jelas sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya saat terjun di lapangan, namun dalam hal pengetahuan pastinya tidak boleh terabaikan”, serunya mengawali acara. Fendi berharap dengan adanya kegiatan Quality Assurance ini, nantinya Penilai Internal DJKN tidak hanya piawai dalam melaksanakan praktek penilaiannya, namun juga memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas melalui teori penilaian.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Jevan Sunarko, staf Bidang Penilaian di Kanwil DJKN Kalbar. Materi-materi yang disampaikan tentunya adalah materi-materi yang memang perlu dipahami oleh seorang penilai. Materi-materi ini terkait dengan peraturan-peraturan baik Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri Keuangan, maupun Surat Edaran yang mengatur tentang pelaksanaan penilaian oleh penilai internal DJKN.

Di akhir acara, dilakukan simulasi tes dengan materi  yang diujikan yang telah diberikan pada saat sesi penyampaian materi. Walaupun kegiatan ini hanya merupakan simulasi dari kegiatan Quality Assurance yang sebenarnya, namun sudah terlihat wajah serius bercampur gugup dari para peserta saat mengerjakan soal-soal yang ada. Akhirnya, acara ditutup dengan doa teriring harapan untuk pencapaian terbaik bagi semua penilai internal yang akan mengikuti Quality Assurance. Jayalah DJKN! Jayalah Indonesia!  (penulis/Foto: Muhammad Alfin N. A. / Seksi HI KPKNL Singkawang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini