Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lelang Email, Menyongsong Era Digital
N/a
Selasa, 28 Oktober 2014 pukul 13:39:37   |   1001 kali

Pekanbaru – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumbar, dan Kepri (Kanwil DJKN RSK) menyelenggarakan acara In House Training Lelang Email dan Implementasi BRICMS-BRIVA di Hotel Pangeran, Pekanbaru pada Kamis (23/10). Dengan narasumber dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Direktorat Lelang Kantor Pusat DJKN, acara dihadiri oleh pegawai BRI, Kanwil DJKN RSK, dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di wilayah Kanwil DJKN RSK. Kepala Kanwil DJKN RSK Lukman Effendi dan jajaran Pejabat BRI Pekanbaru juga menyempatkan diri untuk menghadiri acara.

Setelah acara dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN RSK, Agus Yulianto selaku narasumber dari Direktorat Lelang memberikan materi berupa “Modernisasi Lelang, ”Aplikasi Lelang Email”, dan Roleplay. Agus menerangkan bahwa modernisasi lelang dijabarkan dalam hal penyempurnaan regulasi yang mencakup perbaikan proses bisnis dan penyesuaian SOP. Selain itu, pembangunan alat bantu dan infrastruktur juga dilakukan termasuk menyediakan aplikasi lelang email, lelang internet, dan security paper pada Kutipan Risalah Lelang.

Adapun perbedaan dari lelang email dengan lelang internet adalah lelang email bersifat penawaran tertutup, sedangkan lelang internet bersifat penawaran terbuka, sehingga persaingan harga lebih terlihat. Lelang dengan menggunakan jaringan internet ini jauh lebih praktis karena peserta tidak perlu hadir di tempat pelelangan, sehingga permainan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat diminimalisasi.

Dukungan yang dilakukan BRI dalam penyediaan jasa lelang email ini adalah dalam menjamin kerahasiaan isi rekening, menyediakan virtual account untuk lelang email dan internet yang dapat digunakan oleh publik, juga fitur internet banking terkait pengecekan dan pengembalian uang jaminan.

Dengan dukungan perbankan dalam sistem lelang email, proses penyetoran dan pengembalian uang jaminan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Kontrol terhadap proses ini pun dapat dilakukan dengan presisi yang lebih tinggi karena semuanya telah diakomodasi di dalam sistem.

Setelah pemberian materi selesai, peserta acara melakukan simulasi Aplikasi Lelang Email (ALE) dengan barang yang dilelang berupa powerbank berkapasitas 25.000 MAH. Pejabat Lelang dan Bendahara dari KPKNL bertugas sebagai panitia lelang sedangkan peserta yang lain sebagai penawar. (Timothée Kencono Malye)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini