Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Jember adakan Sosialisasi Pengelolaan BMN dan Persiapan Rekonsiliasi BMN Semester I Tahun 2012
N/a
Senin, 25 Juni 2012 pukul 15:47:32   |   457 kali

Jember - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember mengadakan kegiatan sosialisasi pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan persiapan rekonsiliasi BMN semester I tahun 2012 yang diikuti oleh seluruh satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPKNL Jember sebanyak 235 satker. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan tanggal 12-14 Juni 2012 dan 18-20 Juni 2012 di 4 (empat) kabupaten/kota wilayah kerja KPKNL Jember.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB, dengan diawali sambutan dari Kepala KPKNL Jember, diwakili oleh Anita Dhamajanti, Kepala Subbagian Umum KPKNL Jember, ia menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan sosialiasi, yaitu:

  1. menyampaikan petunjuk penyelesaian bongkaran BMN karena perbaikan (renovasi, rehabilitasi, atau renovasi) sesuai Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor SE-4/KN/2012 tentang Petunjuk Penyelesaian Bongkaran BMN Karena Perbaikan;
  2. mendorong satker untuk segera mengajukan penetapan status penggunaan BMN untuk tertib pengelolaan BMN;
  3. mengajak satker lebih aware terhadap BMN yang berada di satker, melalui penyampaian pengelolaan BMN yang tidak digunakan untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi Kementerian/Lembaga (K/L) sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 250/PMK.06/2011 tentang Tata Cara Pengelolaan Barang Milik Negara yang Tidak Digunakan untuk Menyelenggarakan Tugas dan Fungsi Kementerian/Lembaga;
  4. memberikan persamaan persepsi kepada satker pada saat pelaksanaan rekonsiliasi BMN semester I tahun 2012.

Kepala KPKNL Jember juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran undangan dari satker, dan berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga tema yang diusung pada sosialisasi kali ini dapat tercapai, yakni “Mari Kita Berdayakan Aset Negara”, serta menanyakan hal-hal yang kurang jelas mengenai materi yang disampaikan kepada narasumber.

Pada acara berikutnya, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Wahyu Widodo menyampaikan materi penyelesaian bongkaran BMN karena perbaikan (renovasi, rehabilitasi, atau renovasi) dan mengenai penetapan status penggunaan BMN. “Ketentuan tentang bongkaran BMN ini merupakan hal baru yang perlu disampaikan kepada satuan kerja, serta untuk memberi kepastian hukum dalam penyelesaian bongkaran BMN karena perbaikan dan untuk optimalisasi penerimaan negara” pungkasnya.

Selanjutnya pada materi pengelolaan BMN yang tidak digunakan untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi K/L atau BMN idle, dan materi persiapan rekonsiliasi BMN semester I tahun 2012 disampaikan secara bergantian oleh staf Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Rita Kartika Wardani dan Sigit Suprayogi. Pada pelaksanaan rekonsiliasi BMN semester I tahun 2012 yang akan diselenggarakan pada minggu pertama bulan Juli 2012, KPKNL Jember menerapkan sistem antrian menggunakan mesin antrian touch screen, sehingga pelaksanaan rekonsiliasi dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Pada akhir acara, Wahyu Widodo, mewakili Kepala KPKNL Jember, berharap dengan terlaksananya sosialisasi ini, satker dapat lebih memahami pengelolaan BMN, khususnya terkait penyelesaian bongkaran BMN, penetapan status penggunaan BMN, BMN Idle dan mengetahui prosedur pelaksanaan rekonsiliasi semester I tahun 2012 yang akan diselenggarakan pada minggu pertama bulan Juli 2012.(M. Eko Agus Y. – KPKNL Jember)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini