Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Jadilah Bermanfaat dan Jangan Menjadi Masalah dalam Entitas
N/a
Rabu, 25 Juni 2014 pukul 15:44:27   |   1050 kali

Yogyakata – Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta Irawan membuka acara In House Training (IHT) yang difasilitasi Bagian Kepegawaian Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang bekerja sama dengan Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM). Acara dilaksanakan pada Selasa, 24 Juni 2014 di ruang serbaguna Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta dan diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Yogyakarta. “Menciptakan interaksi antara pegawai yang berasal dari berbagai unit yang berbeda dalam sebuah entitas dan mempererat rasa kekeluargaan atau kebersamaan dalam upaya pencapaian target yang telah ditetapkan merupakan sasaran dalam pelaksanaan pelatihan internal ini,” demikian disampaikan Kepala KPKNL Yogyakarta Irawan saat membuka acara.

Sebelum mengawali pelatihan internal, narasumber mengajak seluruh pegawai KPKNL Yogyakarta untuk bersama-sama menyanyikan Mars DJKN. Yohanes Supriyanto, widyaiswara madya pada PPSDM selaku narasumber yang mengisi acara IHT menyampaikan materi berkaitan dengan motivasi, teamwork, dan berpikir kreatif (creative thinking). Acara ini diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh pegawai KPKNL Yogyakarta, terlebih acara ini dikemas dengan apik yang diselingi dengan permainan edukatif yang mengajak para peserta untuk berpikir kreatif dan membangun kerja sama antara unit yang satu dengan unit lainnya.

“Budaya organisasi dan karakter setiap individu sangat penting dalam menyamakan persepsi untuk mencapai tujuan organisasi,” tegas Supriyanto. Pada kesempatan tersebut, pria yang pernah bertugas di KPKNL Manado tersebut menyampaikan kuesioner terkait self assesment kepada seluruh peserta, sehingga dapat diketahui dari formasi 37 pegawai yang ada pada KPKNL Yogyakarta terdapat karakter koleris sebanyak 16%, sanguinis 12%, plegmatis 60%, dan 12% pegawai yang berkarakter melankolis.

Supriyanto berharap agar setiap individu dapat menyesuaikan diri terhadap tipe-tipe kepribadian di atas sehingga tercipta kebersamaan dan kekeluargaan dalam memberikan pelayanan yang prima kepada stakeholders. “Kalau kita tidak dapat memberikan manfaat bagi entitas, paling tidak janganlah menjadi masalah buat organisasi,” tegas Supriyanto sembari mengakhiri pemaparannya.

Dalam kegiatan IHT tersebut, Kepala Subbagian Pengembangan dan Kepemimpinan Sekretariat DJKN Sunu Subroto berkenan mengisi acara dengan menyampaikan materi terkait program percepatan reformasi birokrasi, penataan pegawai, dan mutasi berdasarkan home base.

“Ini bukan akhir acara, tetapi merupakan awal untuk bersama-sama maju menuju DJKN jaya,” demikian pesan pria kelahiran Solo ini menutup acara. (Iwan Victor LeonardoEditor: Achie – Humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini