Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Tingkatkan Penerimaan Negara Melalui Peningkatan dan Perbaikan Layanan Lelang
Mohammad Eko Agus Yudianto
Jum'at, 14 Juli 2017 pukul 12:31:45   |   465 kali

Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur, Etto Sunaryanto berturut-turut pada tanggal 5 dan 13 Juli menerima para Direktur Balai Lelang sebagai salah satu langkah koordinasi peningkatan dan perbaikan pelayanan lelang. Etto didampingi Kepala Bidang Lelang, Samsul Alam menerima para Direktur Balai Lelang yang beroperasi di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Timur di Ruang Rapat R2 Lantai 8 Gedung Keuangan Negara Surabaya II.

 

Pada kesempatan tersebut, Etto dan para Direktur Balai Lelang berdiskusi santai tentang Pelayanan Lelang di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Timur, seperti disampaikan oleh Sari Ristyawati, Direktur Balai Lelang Tunjungan Surabaya, menyampaikan pelayanan lelang di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Timur sudah baik, meskipun masih ada beberapa kendala terkait komunikasi dan koordinasi dengan pihak KPKNL.

 

Etto memberikan beberapa saran perbaikan kepada para Direktur Balai Lelang untuk pelaksanaan pelayanan lelang yang efektif dan efisien, diantaranya :

1.   Permohonan lelang oleh Balai Lelang agar disampaikan dengan rapi dan sistematis sehingga proses verifikasi  oleh KPKNL lebih mudah dan cepat;

2.   Tanggal surat permohonan Bank ke Balai Lelang seringkali terpaut jauh dengan tanggal surat permohonan lelang ke KPKNL. Diminta agar Balai Lelang lebih aktif dalam memproses permohonan dalam rangka perbaikan pelayanan, setidaknya surat disampaikan pada hari yang sama;

3.   Balai Lelang membuat inovasi dalam pengajuan lelang, misal pelaksanaan lelang sukarela di akhir pekan, hari sabtu atau minggu, serta dilaksanakan di tempat publik misalnya di mall dan tempat perbelanjaan lainnya. Atau bisa juga dengan mendatangkan selebritis sebagai afslager / pemandu lelang.

 

Diakhir kegiatan, Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur memberikan arahan kepada Kepala Bidang Lelang dan staf untuk terus memberikan pembinaan dan pengawasan kepada KPKNL dan Balai Lelang demi peningkatan penerimaan negara dari pelayanan lelang. “jangan anggap Balai Lelang sebagai rival, KPKNL dan Balai Lelang adalah keluarga besar sehingga harus terjalin hubungan yang baik” tutup Etto pada arahannya.

 

Teks/Foto : Eko/Kanwil DJKN Jatim

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini