Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Yogyakarta > Kilas Peristiwa
Kemenkeu Mengajar 6 : Kenalkan Serba Serbi Kemenkeu Sejak Dini, Dua Penggawa KPKNL Yogyakarta Menjadi Relawan Pengajar KM6
Rakhmayani Ardhanti
Rabu, 10 November 2021   |   114 kali

YogyakartaSelasa (9/11) lalu, dua penggawa Kantor Pelayanan  Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta mengikuti kegiatan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar 6 sebagai relawan pengajar. Adalah Yohana Intan Dias Sari yang mengajar pada dua sekolah sekaligus yakni Sekolah Dasar (SD) 003 Senaung dan SD 004 Kota Jambi serta Rakhmayani Ardhanti, yang mengajar pada SD Islam Terpadu Ahmad Yani Malang secara daring bersama tim relawan dari berbagai unit eselon I Kemenkeu dari seluruh Indonesia.

Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan di bawah lingkup pengawasan Sekretariat Jenderal, yang salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan peranan Kemenkeu pada pelajar dan meningkatkan kesadaran atau awareness siswa terhadap isu perekonomian di Indonesia.

Materi yang diberikan antara lain mencakup APBN, peran dan profesi di Kemenkeu, kontribusi nyata siswa, dan bagaimana sikap kita menghadapi pandemi. Kegiatan ini sudah dimulai sejak Tahun 2016 dengan tajuk Kemenkeu Mengajar yang pertama dan berlanjut tiap tahun sampai Kemenkeu Mengajar 6 di Tahun 2021. Acara ini juga sekaligus merupakan peringatan Hari Oeang Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober setiap tahunnya. Tahun ini, kegiatan KM 6 meliputi 345 sekolah yang terdiri dari 124 SD/sederajat, 103 SMP/sederajat, 106 SMA/sederajat, 10 Sekolah Indonesia di Luar Negeri, dan 2 Sekolah Luar Biasa.

Relawan Pengajar tidak hanya berasal dari pegawai Kemenkeu namun juga para pejabat hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim turut menginspirasi siswa-siswi melalui kelas daring.

Semoga dapat menginspirasi untuk lebih banyak berkontribusi bagi bangsa tercinta. Seperti tagline kegiatan ini, "Dari Kami untuk Negeri).  (Tulisan/Foto : Ardhanti/Dias)


Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini