KPKNL Yogyakarta
BERITA UTAMA
KPKNL Yogyakarta mengadakan kunjungan bakti sosial ke panti asuhan, yaitu Panti Asuhan Ghifari dan Panti Asuhan Asy-Syafi‘iyah yang berlokasi di Pakem, Sleman, Yogyakarta.
Profil KPKNL Yogyakarta

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Yogyakarta  merupakan Unit Kerja vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan yang berada  dibawah Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

KPKNL Yogyakarta selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik melalui peningkatan profesionalitas kinerja, memegang teguh integritas serta melakukan penyempurnaan dalam segala aspek untuk kenyamanan stakeholders.

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota dan empat kabupaten, yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten  Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Kulonprogo.  Walaupun memiliki luas terkecil ke dua setelah Provinsi DKI Jakarta,  Daerah Istimewa ini terkenal di tingkat nasional dan internasional karena menjadi pusat budaya dan tempat tujuan wisata andalan. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Yogyakarta yang menempati Gedung Keuangan Negara (GKN) Yogyakarta terletak di Jalan Kusumanegara nomor 11 Yogyakarta.

Letak ini sangat strategis karena mudah dijangkau dengan kendaraan dan angkutan umum. Kantor ini juga terletak tidak terlalu jauh dengan kantor instansi lain sehingga memudahkan dalam pengurusan persuratan, mempercepat koordinasi, pengurusan administrasi serta hubungan lintas sektoral dan lain sebagainya.

Dalam memberikan pelayanan dibidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Pengurusan Piutang Negara Pelayanan Penilaian dan Pelayanan Lelang, KPKNL Yogyakarta memberikan kemudahan bagi stakeholder dalam mencari informasi terkait current issue pengelolaan BMN, Pengumuman lelang dan informasi lainnya terkait tugas dan fungsi KPKNL Yogyakarta melalui situs www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknlyogyakarta. Dalam mempermudah dan mempercepat layanan pengelolaan Barang Milik Negara kepada stakeholders terkait proses Rekonsiliasi SIMAK BMN, KPKNL Yogyakarta menciptakan sebuah Aplikasi yang disebut Aplikasi BMNKPKNL13JOGJA yang mana aplikasi ini memiliki kelebihan dalam melakukan pengecekan saldo awal Persediaan dan SIMAK, dapat membandingkan nilai SPM dan Realisasi Belanja Barang satker, serta dapat membandingkan antara nilai SIMAK dan SAKPA.

Dalam kegiatan pelayanan kepada Stakeholder, KPKNL Yogyakarta memiliki motto “TRENGGINAS” dengan penjabaran;

TERTIB          : Tertib Administrasi, Tertib Fisik, dan Tertib Hukum

REsik             : Bekerja dengan kebersihan hati melayani pemangku kepentingan

Ngayomi      : Mengayomi semua pemangku kepentingan

SINERGI        : Membangun dan Memastikan hubungan kerja sama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan pemangku kepentingan

NYAMAN      : Memberikan kenyamanan pelayanan kepada pemangku kepentingan

AKUNTABEL : Dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku

SEMPURNA : Senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik

KPKNL Yogyakarta sebagai sebuah Kantor Pelayanan Teladan memiliki komposisi jumlah pegawai sebanyak 37 orang. Saat ini dipimpin oleh Agung Budi Setijadji, S.E., M.M., dan dalam tugas kesehariannya dibantu oleh 7 orang Pejabat Eselon empat, yakni Kepala Sub Bagian Umum Sri Wahyuni, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Yusuf Sugiarto, merangkap Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Kepala Seksi Pelayanan Lelang Rino Priyanto merangkap Kepala Seksi Piutang Negara, Kepala Seksi Hukum dan Informasi Aris Rochmad Sopiyan, dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal Usman Arif Murtopo.


Dari 37 orang pegawai KPKNL Yogyakarta, 19 orang diantaranya adalah pegawai berjenis kelamin Perempuan, sedangkan sisanya berjenis kelamin Pria. Jika dilihat dari sebaran jumlah pegawai KPKNL Yogyakarta tersebut, 24 orang pegawai termasuk kategori pegawai yang sudah senior (41-58 tahun). Dengan demikian, sisi emosional yang sudah matang dari pegawai senior tersebut   disinergikan dengan tenaga muda yang energik dan penuh semangat sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsi DJKN pada KPKNL Yogyakarta dengan baik.  Dari latar belakang pendidikan, pegawai KPKNL Yogyakarta memiliki 9 orang pegawai lulusan SMA, Diploma 1 sebanyak 1 orang, Diploma 3 sejumlah 7 orang, Diploma 4 sebanyak 1 orang, Strata 1 sebanyak 16 orang dan Strata 2 terdiri dari 3 orang.

Demikian sekilas tentang profil KPKNL Yogyakarta dimana profil ini merupakan gambaran dari kinerja kepala dan segenap karyawannya yang didukung oleh semua pihak. Kami menyadari bahwa dalam kinerja tentu masih sangat banyak kekurangan yang ditemui disana-sini akan tetapi kami secara berlapang hati terbuka dalam menerima kritik membangun dengan tujuan untuk lebih dapat meningkatkan kualitas kinerja kami sehingga KPKNL Yogyakarta bisa lebih baik dan menjadi yang terdepan. SALAM TRENGGINAS!!!


Wilayah Kerja
Kota Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kabupaten Bantul
Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Kulonprogo
Prestasi KPKNL Yogyakarta
Meraih sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) 9001:2015 tentang Sistem Standar Mutu dari lembaga konsultan eksternal TUVRheinland Certified pada Tahun 2018.
Peta Lokasi KPKNL Yogyakarta
Alamat Kantor
Jl. Kusuma Negara No. 11 Gedung B, Gedung Keuangan Negara Yogyakarta - 55166
(0274) 544091
(0274) 389202
kpknlyogyakarta@kemenkeu.go.id