Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Yogyakarta > Kilas Peristiwa
Tanamkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika Kepada Seluruh Pegawai
Yuhar Lelo Ganjaran Samudra
Kamis, 15 Agustus 2019   |   323 kali

Yogyakarta - KPKNL Yogyakarta mengadakan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Kegiatan yang digelar pada 9 dan 14 Agustus 2019 tersebut bertujuan untuk mempererat tali persatuan antar pegawai dan meningkatkan sinergi sekaligus menanamkan semangat kemerdekaan.

 

Kegiatan yang bertajuk Bersatu Dalam Perbedaan tersebut dilaksanakan di Ruang Serba Guna KPKNL Yogyakarta dan lapangan voli milik Gedung Keuangan Negara Yogyakarta yang terletak di depan kantor, dan diikuti oleh seluruh pegawai, honorer, dan mahasiswa magang di KPKNL Yogyakarta.

 

“Perbedaan jangan sampai membuat perpecahan. Justru perbedaan itu harus mampu kita jadikan sebagai salah satu sarana perekat kebangsaan, seperti semboyan negara kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Kepala KPKNL Yogyakarta Marhaeni Rumiasih dalam sambutannya membuka perlombaan.

 

Kegiatan pertama yang dilaksanakan pada hari Jumat (9/8) berlangsung sangat meriah. Perlombaan dikategorikan ke dalam 2 jenis yaitu Lomba Ketangkasan Perseorangan yang meliputi lomba makan kerupuk dan ambil koin dari terong serta Lomba Ketangkasan Beregu yaitu balapan bakiak, tarik tambang dan estafet bola air. Berbagai lomba tersebut diadaptasi dari lomba dan permainan anak-anak, sehingga diharapkan akan mampu mengingatkan pada kenangan masa kecil seluruh peserta.

 

Kemeriahan terlihat jelas dengan stiker Aku Cinta Indonesia tertempel di pipi semua peserta. Seluruh perlombaan yang dipandu oleh Nurul Zubaidah dan Rita Rustiyaningsih tersebut berlangsung sangat ketat dalam aroma kompetisi yang dibalut dengan nuansa kebersamaan. Satu persatu perlombaan diikuti semua peserta dengan penuh semangat dan tawa yang lebar. Keunikan beberapa perlombaan semakin menambah riuh suasana, benar-benar seperti layaknya perlombaan yang diikuti oleh anak-anak.

 

Semua pegawai merasa terhibur dengan diadakannya perlombaan tersebut. Sejenak terlupakan penatnya kesibukan menyelesaikan tugas-tugas kantor dan melenturkan kembali otot-otot yang sudah lama kaku. “Kadang kita tidak sadar, mengikuti kegiatan seperti ini kita seperti kembali sebagai anak-anak lagi. Lupa sejenak akan pekerjaan dan segala hal yang mungkin selama ini menjadi beban pikiran,” kata Marhaeni.

 

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada hari Rabu (14/8) di Ruang Serba Guna KPKNL Yogyakarta yaitu Lomba Menghias Tumpeng. Lomba tersebut diikuti oleh seluruh pegawai dan honorer KPKNL Yogyakarta dengan para mahasiswa magang sebagai jurinya. Adapun hasil perlombaan ini, seluruh makanan tumpeng menjadi menu Sarapan Bareng bagi seluruh pegawai seperti kegiatan yang setiap hari Rabu dilaksanakan oleh KPKNL Yogyakarta.

“Ini bukan soal menang atau kalah, tapi yang utama adalah semangat untuk ikut berpartisipasi dalam kebersamaan. Saya berterima kasih untuk semuanya yang ada di KPKNL Yogyakarta ini, karena kita semua telah menang mengalahkan ego sektoral masing-masing,” ungkap Marhaeni Rumiasih. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, kita bisa kembali fresh dan mampu mengembalikan semangat untuk meningkatkan kinerja kita, demi DJKN, demi Indonesia yang lebih baik,” tutupnya. (Sri Haryanti/Pandu)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini