Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Karya Anak Negeri yang Menginspirasi
Rakhmayani Ardhanti
Jum'at, 28 Agustus 2020   |   299 kali

Yogyakarta (26/8) - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil DJKN Jateng & D.I.Y) Mahmudsyah, mewakili Direktur Jenderal Kekayaan Negara, dengan didampingi Kepala KPKNL Yogyakarta Marhaeni Rumiasih, menghadiri undangan peresmian pesawat Prototype Aircraft PA-01 N-250 Gatotkaca untuk menjadi bagian dari koleksi Museum Pusat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Dirgantara Mandala Yogyakarta. Bertempat di halaman museum, peresmian dilakukan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P dengan disaksikan oleh para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Hadi Tjahjanto menyampaikan apresiasinya pada PT. Dirgantara Indonesia yang telah menyerahkan N-250 Gatotkaca dan menyebutkan bahwa salah satu tujuan penempatannya di Museum Dirgantara Mandala adalah untuk mengabadikan buah karya terbaik anak bangsa dalam pengembangan teknologi penerbangan. “Dan peresmian ini sebagai bentuk penghargaan yang tinggi kepada Bapak Teknologi Indonesia (Presiden RI ke-3 B.J. Habibie) yang telah berjasa mengharumkan nama Indonesia melalui karya-karya beliau termasuk N-250 Gatotkaca”, ujarnya dengan bersemangat. Dalam acara tersebut hadir pula pilot penerbang dari PA-01, yang mulai dibangun pada tahun 1992 tersebut, yang berbagi kisah sejarah dan pengalaman menerbangkan pesawat kebanggaan Indonesia berteknologi fly by wire pertama di dunia ini.

Dalam kaitannya dengan DJKN selaku pengelola aset negara, pesawat yang merupakan Barang Milik Negara (BMN) pada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia ini telah memperoleh Penetapan Status Penggunaan dari Direktur Jenderal Kekayaan Negara atas nama Menteri Keuangan. Penetapan status ini merupakan salah satu indikator tertib administrasi, tertib hukum, dan tertib fisik dalam pengelolaan BMN.

Keberadaan aset baru di Yogyakarta ini diharapkan mampu menginspirasi dan menyulut semangat generasi penerus bangsa untuk terus mengharumkan nama bangsa, khususnya dalam bidang teknologi kedirgantaraan dan mengobarkan kecintaan pada tanah air melalui karya nyata yang bermanfaat sebagaimana para pendahulu yang telah menghadirkan Prototype Aircraft PA-01 N-250 ini.

(Penulis/Foto : Dhanti)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini