Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Meriahkan Pekan Kekayaan Negara, KPKNL Yogyakarta Gelar Sosialisasi Lelang dan Lelang Amal
Yuhar Lelo Ganjaran Samudra
Jum'at, 16 November 2018   |   505 kali

Yogyakarta - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta mengadakan rangkaian kegiatan sosialisasi lelang dan lelang amal. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Pekan Kekayaan Negara tersebut adalah KPKNL Yogyakarta Sekatenan, KPKNL Yogyakarta Berbagi, Open Class Lelang dan Lelang Amal KPKNL Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan tersebut dimulai tanggal 6 November 2018 dengan kegiatan bertajuk “KPKNL Jogja Sekatenan” yang dilaksanakan di seputaran Pasar Sekaten Alun-Alun Utara Yogyakarta. Kegiatan yang bertujuan untuk mensosialisasikan lelang kepada masyarakat luas tersebut dilaksanakan dengan cara membagikan brosur dan melakukan interview dengan pengunjung Pasar Sekaten. Pengenalan lelang tidak hanya dengan membagikan brosur, tetapi juga dengan mengenalkan website lelang melalui smartphone.

Selanjutnya tanggal 9 November 2018 dilaksanakan kegiatan “KPKNL Yogyakarta Peduli, Berbagi, Berkelanjutan” yang dilaksanakan dengan melakukan kunjungan dan memberikan sumbangan ke panti asuhan Al Ghifari dan Asy-Syafi ‘yyah yang terletak di daerah Pakem, Sleman, Yogyakarta. Sumbangan ini berupa sembako dan beberapa bahan makanan penunjang lainnya.

Puncak kegiatan dalam rangka Pekan Kekayaan Negara pada KPKNL Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 15 November 2018 dengan dilaksanakannya dua kegiatan sekaligus atas kerjasama KPKNL Yogyakarta dengan Balai Diklat Keuangan Yogyakarta  yaitu Open Class Lelang dan Lelang Amal. Kedua kegiatan ini dilaksanakan secara berurutan di Aula Balai Diklat Yogyakarta dengan peserta dari masyarakat umum dan mahasiswa.

Open Class diawali dengan penjelasaan pengertian lelang oleh Arfiah Nurul Fajarini dan Nurul Zubaidah sebagai narasumber dan diakhiri dengan pelaksanaan lelang amal sukarela melalui e-Auction berupa dua buah barang kerajinan yang keduanya terjual. Peserta Open Class yang sebagian besar dari kalangan mahasiswa ini cukup antusias dengan memberikan beberapa pertanyaan terkait lelang dan KPKNL Yogyakarta secara umum. Dalam kesempatan ini, KPKNL Yogyakarta sekaligus menginformasikan perubahan domain website Portal Lelang Indonesia dari www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id menjadi www.lelang.go.id yang aplikasinya bisa diunduh di Play Store di smartphone android.

Selanjutnya, peserta Open Class berkesempatan untuk mengikuti langsung lelang secara konvensional dengan dipandu oleh Pejabat Lelang KPKNL Yogyakarta Bambang Nursalim. Adapun barang yang dilelang adalah 3 buah baju bertandatangan milik seorang artis asal Yogyakarta Brisia Jodie Maurinne, yang merupakan jebolan Indonesia Idol season 9 tahun 2018. Seluruh hasil penjualan lelang ini baik yang melalui e-Auction maupun konvensional akan disumbangkan untuk korban bencana alam di Lombok, Palu, Sigi, dan Donggala.


         Dalam kesempatan terpisah, Kepala KPKNL Yogyakarta Agung Budi Setijadji mendukung penuh seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan dan berharap kegiatan-kegiatan tersebut akan tetap dilaksanakan di lain waktu. “Semua kegiatan yang telah kita laksanakan ini merupakan salah satu tugas dan fungsi kita untuk mengabdi pada negeri ini, turut serta dalam kegiatan amal untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah. Harapan saya, ini bisa menjadi sebuah tradisi yang bisa kita laksanakan secara kontinyu di masa yang akan datang,” ujar Agung. (Penulis/foto: Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini