Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Ternate
Informasi Publik

Torang Pe APBN Bulan Oktober 2023: Kinerja APBN Tetap Positif, Pertumbuhan Ekonomi Akseleratif

MUHAMMAD FADLURRAHMAN   |   Selasa, 31 Oktober 2023   |   0000-00-00 00:00:00   |   0 kali

    Ternate, 30 Oktober 2023 – Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Maluku Utara melaksanakan agenda rutin media briefing Torang Pe APBN Edisi Bulan Oktober 2023 di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara pada Senin (30/10). Acara dihadiri seluruh perwakilan instansi vertikal Kementerian Keuangan beserta media lokal di Provinsi Maluku Utara.

    Acara diawali dengan pemaparan oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Maluku Utara, Tunas Agung Jiwa Brata, terkait kondisi perekonomian Indonesia dan kinerja APBN hingga Bulan September 2023. Memasuki bulan September 2023, tekanan dan ketidakpastian pada perekonomian global masih tinggi. Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur global masih berada di zona kontraksi sejalan dengan harga minyak dunia yang meningkat di tengah fluktuasi harga komoditas. Selain itu, potensi dampak El-Nino terhadap inflasi perlu diwaspadai. Meskipun demikian, hingga September 2023 aktivitas ekonomi terjaga baik, mulai dari tingkat inflasi di level 3,34 persen (yoy), neraca perdagangan tetap surplus diiringi dengan kinerja APBN di bulan September 2023 terjaga positif.

    Selanjutnya, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Maluku Utara menyampaikan kinerja perekonomian Maluku Utara, dimana pertumbuhan ekonomi Maluku Utara masih yang tertinggi dengan industri pertambangan dan penggalian tetap menggeliat di tengah harga komoditas dan permintaan global yang fluktuatif sejalan dengan inflasi yang relatif masih cukup tinggi sehingga harga beras perlu dinormalisasi.

    “Laju PDRB pada Kuartal II Tahun 2023 tumbuh kuat sebesar 23,89 persen (yoy), dengan laju inflasi September 2023 tercatat sebesar 3,34 persen (yoy),” jelasnya. Dari sisi neraca perdagangan, surplus neraca perdagangan masih terus berlanjut dan berada pada angka USD 547,41 juta untuk September 2023 dengan komoditas ekspor penyumbang devisa terbesar berupa ferronickel. Sementara itu, kinerja sektor keuangan hingga akhir Juli 2023 masih positif meskipun melandai dengan pertumbuhan pada Dana Pihak Ketiga (DPK) dan penyaluran kredit.

    Berikutnya, kinerja fiskal regional Maluku Utara sampai dengan September 2023 tumbuh akseleratif. Pendapatan negara terealisasi sebesar Rp3,40 Triliun (99,52 persen dari target) dan mengalami kenaikan sebesar 49,30 persen (yoy). Kenaikan PPh Non-Migas masih menjadi unggulan yang menunjang pertumbuhan pendapatan APBN sebesar Rp871,08 Miliar (72,33 persen). Sama halnya dengan pendapatan negara, belanja negara mengalami kenaikan sebesar 10,29 persen (yoy) atau terealisasi sebesar Rp11,75 Triliun (67,65 persen dari pagu belanja). Tumbuhnya realisasi belanja didorong oleh kenaikan Belanja Pemerintah Pusat (khususnya belanja barang) dan Transfer ke Daerah (khususnya Dana Bagi Hasil) yang signifikan.

    “Secara spasial, realisasi belanja daerah regional Maluku Utara masih ekspansif diikuti dengan realisasi pendapatan daerah yang turut meningkat. Hingga akhir September 2023, pendapatan daerah (konsolidasi seluruh pemda di Maluku Utara) terealisasi sebesar Rp7,70 Triliun (54,10 persen dari target), naik sebesar 4,45 persen (yoy). Di lain sisi, belanja daerah telah terealisasi sebesar Rp7,44 Triliun (46,52 persen dari pagu), meningkat 12,94 persen (yoy),” tambah Tunas Agung saat menjelaskan perkembangan kinerja APBD.

    Pada kesempatan tersebut, Tunas Agung turut menyampaikan terkait progress Proyek Geothermal di Halmahera Barat oleh PT. Geo Dipa Energi (Persero). Proyek dengan nilai sebesar US$30 Juta ini dilaksanakan di Desa Idamdehe, Kec. Jailolo, Kab. Halmahera Barat, Prov. Maluku Utara. Dengan penilaian awal sebagai sistem panas bumi dengan entalphi tinggi suhu tinggi karena terhubung dengan Gunung Berapi Idamdehe dan Jailolo, dari penilaian BPP saat ini, perhitungan keekonomian proyek adalah layak secara ekonomi. Hingga Oktober 2023 proyek ini telah sampai masuk Penyusunan UKL – UPL, ESIA, dan dokumen turunan safeguards lainnya. Sesuai rencana, diharapkan pada tahun 2024-2025 telah memasuki tahapan pengeboran sumur eksplorasi setelah melalui tahap persiapan dan design.

    Isu tematik regional yang diangkat pada Torang Pe APBN kali ini yaitu berupa Reviu Ketimpangan Fiskal Horizontal Antar Daerah di Maluku Utara. Dari hasil analisis. Diketahui bahwa ketimpangan fiskal vertikal dan horizontal di wilayah Maluku Utara masih cukup tinggi, dilihat dari tingkat ketergantungan pemda terhadap dana transfer serta kesenjangan pendapatan antar daerah. Dari analisis yang dilakukan, diketahui bahwa tingkat ketergantungan Pemda pada tahun 2022 di Maluku Utara tercatat sebesar 72,93 persen dengan pengeluaran pemerintah yang tidak mampu ditutup oleh Pemda berkisar pada angka 77,8 persen. Begitu pula tingkat ketimpangan fiskal dan pembangunan dimana masuk kategori sangat tinggi.

    Dari sini dapat dilihat bahwa terdapat beberapa penyebab ketimpangan, mulai dari tingginya ketimpangan dan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang kurang berkualitas, belum optimalnya konektivitas transportasi, investasi di sektor non tambang masih rendah, dan permasalahan di sektor pendidikan. Dengan demikian, diperlukan adanya beberapa upaya perbaikan, mulai dari kontrol terhadap pemanfaatan dana TKD, perbaikan tata kelola keuangan daerah, perluasan peran Kanwil DJPb untuk pembinaan kepada Pemda, hingga mendorong sumber creative financing seperti pinjaman daerah dan KPDBU.

    Sebagai simpulan, Tunas Agung menyampaikan bahwa kinerja perekonomian Maluku Utara kembali tumbuh kuat pada kuartal II 2023 diiringi oleh inflasi yang terjaga pada level moderat dan neraca perdagangan yang mampu mempertahankan tren surplus. Kinerja APBN dan APBD sampai dengan bulan September 2023 yang tumbuh akseleratif diharapkan dapat terus dipertahankan agar peran APBN dan APBD sebagai stimulan pertumbuhan ekonomi dapat optimal dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.

    Informasi lebih lanjut dapat mengubungi Pusat Kontak Layanan Halo DJKN melalui call center 150-991  atau email halodjkn@kemenkeu.go.id serta dapat melalui Kontak Layanan KPKNL Ternate di https://linktr.ee/KPKNLTernate atau datang lansung ke Jl. Yos Sudarso No.333, RT.008/RW.004, Kp. Pisang, Kec. Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara 97712.

Kontak
Jalan Yos Sudarso Nomor 333, RT.008/RW.004, Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini