Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Ternate
BERITA UTAMA
Sofyan Ali, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Maluku Utara menyatakan bahwa pelayanan publik harus dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Semua jenis pelayanan instansi publik atau pemerintah harus diatur dalam peraturan, t
e-Auction DJKN
Profil KPKNL Ternate

KPKNL Ternate merupakan salah satu instansi vertikal DJKN yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara. Berkedudukan di Maluku Utara, tepatnya di Kota Ternate dengan wilayah kerja meliputi 10 Pemerintah Kabupaten/Kota yaitu Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Kepulauan Morotai, dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Berdiri sejak tahun 2002, pada mulanya KPKNL Ternate menyewa bangunan di Jl. Sultan Khairun, Ternate. Setelah itu beberapa kali pindah lokasi kantor dan pada tahun 2012 s.d. tahun 2019 menempati eks kantor pajak, akhirnya pada tahun 2020 menempati kantor sendiri di Jl. Yos Sudarso No.333 Kelurahan Kampung Pisang Kecamatan Ternate Tengah Kota Ternate. Gedung yang dibangun pada tahun 2019 tersebut kini menjadi tempat pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Ternate. Kantor baru tersebut mengusung konsep Activity Based Workplace (ABW) sesuai dengan arahan Menteri Keuangan dalam Surat Edaran Nomor SE-9/MK.1/2019. Ruangan kerja didesain open space, dimana seluruh pegawai ditempatkan pada suatu area kerja (workspace). Perencanaan penggunaan ruangan sejak awal sudah didisain untuk mengakomodasi pelayanan publik dan pelayanan yang ramah terhadap kelompok rentan.

KPKNL Ternate mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang. Adapun Visi dan Misi KPKNL Ternate dalam melaksanakan tugasnya adalah sebagai berikut :

 

Visi :

Menjadi Pengelola Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan: Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan, serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

 

Misi :

1.    Mengoptimalkan pengelolaan kekayaan negara.

2.    Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi, dan hukum.

3.    Meningkatkan tata kelola dan nilai tambah pengelolaan kekayaan negara.

4.    Menghasilkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan.

5.    Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.




Parkir prioritas


Guiding Block

Area Basement


Area Coworking space

Ruang Laktasi

Gedung KPKNL Ternate terdiri dari 2 lantai ditambah dengan 1 basement. Lantai basement difungsikan sebagai area parkir kendaraan pegawai dan tamu, area drop off delivery Grab/Gojek, gudang inaktif, sebagai meeting point, smoking area, dan pantry. Pada area basement juga terdapat toilet jongkok dan toilet duduk bagi yang memerlukan, di area ini juga telah dicover dengan jaringan wifi. Pada samping gedung kantor terdapat area parkir prioritas bagi kelompok rentan, dan pada sudut samping terdapat ATM BRI. Lantai 1 dikhususkan untuk pelayanan kepada para pemangku kepentingan, dimana di lantai ini terdapat Area Pelayanan Terpadu (APT) yang merupakan pintu utama pelayanan di KPKNL Ternate. Di lantai ini juga terdapat coworking space, yaitu area kerja yang bisa digunakan oleh satuan kerja untuk bekerja mandiri secara bersama-sama dengan satuan kerja lain. Di lantai 1 juga terdapat auditorium, perpustakaan, e-auction corner, dan ruang tamu. Untuk mendukung beberapa kebutuhan dari para pemangku kepentingan, di lantai 1 juga disediakan ruang ramah anak dan ruang laktasi untuk membantu para ibu menyusui dan orang tua. Gedung KPKNL Ternate juga telah menyediakan akses masuk khusus (guiding blok), ramp tangga untuk memudahkan akses penyandang disabilitas menuju ruang layanan KPKNL Ternate. Selain itu di APT juga disediakan kursi roda, tongkat, dan alat bantu dengar bagi pengguna jasa yang memerlukan.  

Area Pelayanan Terpadu (APT) 



 Ruang tunggu dan perpustakaan mini




Ruang bermain anak


 

Beberapa Prestasi yang telah dicapai oleh KPKNL Ternate, diantaranya adalah :

1.    Juara 2 Pengelolaan BMN tingkat Kementerian Keuangan (Pengelolaan lahan kantor sebagai Rumah Umi)

2.    Meraih Predikat WBK tahun 2020

3.    Sebagai kantor percontohan yang menyediakan sarana dan prasarana yang ramah bagi kelompok rentan tahun 2020

4.    Sebagai kantor tercepat dalam penyelesaian sertipikasi BMN berupa tanah dari Kantor Pusat DJKN (2019 – 2020)

5.    Mendapat penghargaan dari BPK RI Perwakilan Maluku Utara karena berkontribusi aktif mendorong Pemerintah Daerah di wilayah Maluku Utara untuk menindaklanjuti temuan BPK terkait penilai aset Pemda dan pengelolaan aset Pemda

6.    Mendapat penghargaan sebagai Penyampai LPJ Terbaik dua tahun berturut-turut (2019-2020) dari Kepala KPPN Ternate

7.    Mendapat penghargaan sebagai Satker dengan Realisasi Anggaran Terbaik tahun 2020 dari Kepala KPPN Ternate

8.    Sebagai kantor yang telah menerapkan pengarusutamaan gender  (PUG) pada tingkat DJKN

9.    Penghargaan  sebagai kantor dengan capaian presentase lelang laku tertinggi pada 2020 dari Kanwil DJKN Suluttenggomalut 

10.  Sebagai Mitra Kerja yang kooperatif dalam Sertipikasi BMN dari tahun 2018 – 2020 dari Kepala Kanwil BPN Prov. Maluku Utara

 

Prestasi Pegawai KPKNL Ternate :

1.    Jerri Falson sebagai DJKN delegates in the International Real Estate Reasearch Symposium 2020

2.    Rinaldo Pratama sebagai Best Delegates DJKN Muda 2020

3.    Aswin Raihansyah sebagai Best Project Officer DJKN Muda 2019

 



Auditorium 


Lantai 2 KPKNL Ternate dikhususkan untuk pelaksanaan pekerjaan para pegawai KPKNL Ternate. Area utama pada lantai 2 adalah area workstation yang merupakan tempat kerja para pegawai KPKNL Ternate yang didesain open space. Selain itu, di lantai 2 juga terdapat ruang kerja kepala kantor dan ruang kerja bendahara pengeluaran. Ruangan-ruangan lainnya di lantai 2 diantaranya ruang rapat, ruang kerja privat, pojok digital, studio podcast, ruang arsip aktif, area fitness, pantry bersih, dan ruang istirahat untuk tidur siang sejenak bagi pegawai agar bisa fresh dan kembali bertenaga untuk bekerja.



Ruang kerja pegawai



Pantry dan tempat makan


 

Meetingroom 

 

 


Ruang Daycare 


STRUKTUR ORGANISASI

Dalam menjalankan tugasnya, KPKNL Ternate didukung oleh 23 orang pegawai ASN dan 11 tenaga Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).



 


Wilayah Kerja
Kota Ternate
Kota Tidore Kepulauan
Kabupaten Halmahera Utara
Kabupaten Halmahera Tengah
Kabupaten Halmahera Barat
Kabupaten Halmahera Timur
Kabupaten Halmahera Selatan
Kabupaten Pulau Morotai
Kabupaten Kepulauan Sula
Kabupaten Pulau Taliabu
Prestasi KPKNL Ternate
Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang dengan Penyelesaian Program Sertipikasi Tercepat Tahun 2019
Juara II Kategori Optimalisasi BMN Kompetisi Pengelolaan BMN Tahun 2020
Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Satuan Kerja Terbaik Tahun 2019 di Lingkup Wilayah Pembayaran KPPN Ternate
Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
KPKNL Ternate Menerima Penghargaan dari BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara atas kontribusi
KPK
Peta Lokasi KPKNL Ternate
Alamat Kantor
Jalan Yos Sudarso Nomor 333, RT.008/RW.004, Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |