Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Kementerian Keuangan Maluku Utara Bekali UMKM Strategi Pengembangan Bisnis
Wagino
Rabu, 11 Oktober 2023   |   156 kali

Ternate - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Maluku Utara yang terdiri dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ternate, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ternate, Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Ternate, dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate bersama-sama telah memberikan bekal bagi UMKM di Maluku Utara tentang Strategi Pengembangan Bisnis UMKM. Hal tersebut dilaksanakan dalam Kegiatan Sosialisasi dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Maluku Utara Triwulan IV 2023 dengan tema Strategi Pengembangan Bisnis UMKM pada Selasa (10/10).  Acara tersebut juga merupakan sinergi antara Kemenkeu Maluku Utara dengan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar.

Royikan Kepala KPPN Ternate dalam sambutannya menyampaikan peluang besar bagi UMKM dalam penyediaan kebutuhan barang dan jasa pemerintah, termasuk kebutuhan snack dan makan-minum kegiatan pemerintah. “Pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melakukan belanja barang dan jasa kepada produk lokal atau dalam negeri termasuk produk UMKM, oleh karena itu pelaku UMKM harus sigap mengambil peluang tersebut, dengan meningkatkan kualitas dan pengemasan barangnya agar memenuhi standar yang dibutuhkan. Selain itu saat ini UMKM juga harus mulai menggunakan platform digital dalam memasarkan produknya, seperti melalui marketplace, digital payment (digipay), ataupun melalui lelang” ujarnya.

Ranisa Astria Pejabat Lelang Ahli Pertama KPKNL Ternate berkesempatan untuk mengenalkan Lelang Non Eksekusi Sukarela UMKM. “Melalui lelang sukarena, pelaku usaha UMKM dapat memperluas pemasaran barangnya secara lelang yang bisa diakses dari seluruh Indonesia” ujar Ranisa. Dari KPPN Ternate juga memberikan materi pembukuan sederhana bagi pelaku usaha mikro. Pelaku usaha UMKM juga mendapatkan materi tentang tata cari ekspor dari KPPBC Ternate serta strategi informasi terkait perpajakan dari KPP Pratama Ternate.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan talkshow tentang Succes Story UMKM dari Dapur Nina yang bergerak di bidang kuliner. Selain itu juga masih ada materi terkait pembiayaan mikro dari PNM Mekaar. Melalui Sosialisasi dan Pemberdayaan UMKM tersebut diharapkan dapat membantu UMKM agar lebih pesat lagi perkembangannya, sehingga dapat menyerap tenaga kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini