Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Sosialisasi Penilaian, Pengelolaan dan Lelang BMD pada Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara
Tiar Rifqi
Rabu, 23 Agustus 2023   |   22 kali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara menggandeng Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate untuk  meningkatkan pemahaman pegawai dalam Penilaian, Pengelolaan dan Lelang Barang Milik Daerah (BMD) pada Senin (21/8). Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Ruang Aula Lantai 2 Gedung Bupati Halmahera Utara, dihadiri oleh perwakilan dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Halmahera Utara. Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Halmahera Utara Erasmus Joseph Papilaya didampingi Asisten II Bidang Administrasi Umum Devie C. Bitjoli.

Erasmus Joseph Papilaya dalam sambutannya menghimbau agar peserta kegiatan sosialisasi mengikuti kegiatan dengan baik dan serius. “Saya harap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengelolaan BMD khususnya mengenai pentingnya penilaian dan prosedur lelang sehingga dapat mengoptimalkan sumbangsih pada Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ungkapnya.

Materi Penilaian dan Pengelolaan BMD disampaikan oleh Raden Danang Dwi Kurniawan selaku Pejabat Fungsional Penilai Ahli Muda. Dalam paparannya Danang menjelaskan  mengenai kedudukan penilaian dalam siklus pengelolaan barang, ruang lingkup, kewenangan, prosedur  dan kendala-kendala yang biasanya dialami ketika melakukan penilaian BMD.

Selanjutnya dilakukan sosialisasi terkait Lelang Non Eksekusi Wajib BMD dan Tatacara Pendaftaran Lelang E-Auction yang disampaikan oleh Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Muda KPKNL Ternate. Habibi menjelaskan juga terkait dasar hukum pelaksanaan lelang, pengertian dan jenis lelang, fungsi lelang, lelang non eksekusi wajib BMD, prosedur pelaksanaan lelang BMD, jenis penawaran lelang serta menyampaikan tutorial pendaftaran lelang di lelang.go.id.

Pada akhir kegiatan sosialisasi dilakukan diskusi dan tanya jawab dari peserta yang berasal dari OPD Pemkab Halmahera Utara dengan para narasumber. Pengadministrasian dan penatausahaan BMD yang tertib akan memudahkan dalam pengelolaan BMD, dan pengelolaan BMD yang baik dan tepat dapat akan dapat membuat aset tersebut bekerja dan memperoleh PAD. KPKNL Ternate siap membantu Satker Kementerian dan Lembaga maupun Pemkab di wilayah Maluku Utara dalam pengelolaan barang, penilaian, dan lelang BMN/BMD.    

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini