Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Koordinasi Pelayanan Penilaian dan Lelang dengan Pemkab Halmahera Tengah
Wagino
Senin, 10 Juli 2023   |   59 kali

Weda (05/07) – Achmakrishna Himawan, Kepala KPKNL Ternate, didampingi oleh Wagino, Kepala Seksi Hukum dan Informasi, telah melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah untuk berkoordinasi terkait penilaian dan lelang pada Rabu (05/07) di Weda Halmahera Tengah. Perjalanan menuju Weda   dengan menggunakan moda transportasi laut berupa speedboat dari Pelabuhan Kota Baru Ternate menuju Pelabuhan Loleo di Kota Tidore Kepulauan dengan waktu tempuh selama satu jam, setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan darat  dari Loleo menuju Weda selama satu setengah jam. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk menindaklanjuti permohonan penilaian yang diajukan oleh Pemkab Halmahera Tengah beberapa minggu yang lalu. Barang Milik Daerah (BMD) Pemkab Halmahera Tengah yang diajukan penilaiannya pada tahap pertama adalah berupa tanah dan bangunan rumah sebanyak 100 unit, yang akan dilakukan penertiban dan pemanfaatan dalam bentuk sewa. Pada tahap selanjutnya akan dilakukan penilaian terhadap BMD berupa kendaraan sebanyak 150 unit.

Yanto M. Asri, S.Pd Sekretaris Daerah Pemkab Halmahera Tengah didampingi oleh beberapa pejabat pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Halmahera Tengah berkenan menerima dan menyambut baik kunjungan kerja dari KPKNL Ternate. “Kami berusaha untuk melakukan penertiban aset, ada beberapa kendala dan tantangan, tetapi tugas tersebut harus laksanakan, sesuai dengan arahan dari Pejabat Bupati Bapak Ikram M Sangadji” ujar Yanto M. Asri. “Oleh karena itu kami mengharapkan bantuan dan kerjasama dari KPKNL Ternate dalam proses penilaian dan lelang aset tersebut” sambungnya.

Dalam kunjungan kerja dan koordinasi tersebut, Krishna menyatakan bahwa KPKNL Ternate siap mendukung dan bekerja sama Pemkab Halmahera Tengah dalam penertiban aset, melalui kegiatan penilaian BMD. “Kami siap mendukung upaya Pemkab Halmahera Tengah dalam kegiatan penilaian dan lelang BMD” ujar Krishna. “Untuk pelaksanaan kegiatan pada tahap pertama berupa penilaian tanah dan bangunan untuk menentukan nilai sewa, KPKNL Ternate telah menugaskan Tim Penilai untuk melakukan survei lapangan” tambahnya. Penilaian selanjutnya terhadap kendaraan sebanyak 150 unit akan dilakukan pada akhir Juli.

Diharapkan dari hasil penertiban aset BMD tersebut maka penatausahaan dan pengelolaan BMD akan menjadi lebih tertib dan akuntabel. Setelah dilakukan penilaian, akan dilakukan pemanfaatan dalam bentuk sewa yang akan menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemkab Halmahera Tengah. Terhadap kendaraan sebanyak 150 unit, setelah dilakukan penilaian nantinya akan ditindaklanjuti dengan permohonan lelang. Hasil lelang kendaraan itu juga akan menambah PAD bagi Pemkab Halmahera Tengah serta menambah capaian target PNBP lelang bagi KPKNL Ternate.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini