Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Penilaian Zona Integritas, KPKNL Ternate Bertekad WBBM di Tahun 2021
Kholilur Rohman
Selasa, 02 November 2021   |   103 kali

Ternate - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate menjalani penilaian pemilihan kantor berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) secara virtual pada Selasa (2/11). Proses penilaian dilakukan oleh Tim Penilai Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang dipimpin oleh Alfian Lisdias Ismanto, Perencana Pertama pada Kemenpan-RB.

Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kepala KPKNL Ternate, Acmakrishna Himawan memaparkan upaya KPKNL Ternate dalam pembangunan zona integritas yang meliputi 6 area perubahan yakni Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sumber Daya Manusia, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Layanan Publik. Krishna memaparkan profil kantor, pembangunan ZI WBK/WBMM, Inovasi KPKNL Ternate, prestasi dan penghargaan, serta kontribusi KPKNL Ternate kepada masyarakat.

“KPKNL Ternate sepanjang tahun 2021 bertekad mewujudkan kantor berpredikat ZI-WBBM dengan didukung oleh komitmen dan sinergi, baik dari seluruh pegawai KPKNL Ternate, stakeholders dan masyarakat,” ujarnya.

Krishna juga menjelaskan lompatan signifikan yang telah dilakukan sejak memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada 2020 hingga menuju predikat WBBM 2021.

"Inovasi-inovasi layanan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi yang dilakukan KPKNL Ternate pada WBBM Tahun 2021 diantaranya inovasi pemangkasan norma waktu dalam bidang Pengelolaan Kekayaan Negara berupa pemangkasan waktu Penetapan Status Penggunaan Barang Milik Negara yang semula tiga hari kerja menjadi satu hari kerja. Inovasi selanjutnya pada pelayanan lelang untuk penerbitan kutipan risalah lelang yang semula dapat diselesaikan di hari yang sama (sameday) dapat dipercepat hanya menjadi 45 menit. Begitupun dengan salinan risalah lelang tidak ada penawaran yang dapat diselesaikan hanya dengan 25 menit," terang Krishna.

"Selain dari kedua bidang tersebut, inovasi-inovasi dalam pembangunan ZI WBBM KPKNL Ternate juga dilakukan pada pelayanan prima terhadap pengguna pelayanan, diantaranya adalah Teknik Pembayaran Terintegrasi, KPKNL Ternate Virtual, QRIS di Bendahara Penerimaan, Mini Lab Zona Integritas, Perangkat Analisis Kinerja Terukur Sistematis, Perangkat Integrasi Data dan Analisis Internal, Manajemen Peminjaman Ruangan, Manajemen Administrasi Pegawai, KPKNL Ternate Responsif, Knowledge Sharing dan Asistensi WBK." pungkas Krishna.

Setelah selesai pemaparan, kemudian Tim TPN KemenPAN-RB melakukan wawancara terkait Implementasi pembangunan ZI yang meliputi inovasi yang telah dibuat oleh KPKNL Ternate dan capaian kinerja KPKNL Ternate. Seluruh pertanyaan dijawab dengan terperinci oleh masing-masing Tim dari KPKNL Ternate.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini