KPKNL Ternate
Berita DJKN

Gali Potensi Lelang, KPKNL Ternate Kunjungi Perbankan di Maluku Utara

Jum'at, 04 Januari 2019   |   99 kali

Ternate – Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika, dengan didampingi Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Ternate, Ardat, melakukan kunjungan ke beberapa bank di Ternate sebagai bagian dari penggalian potensi lelang Hak Tanggungan di 2019. Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Jum’at (4/1) tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama dan memperoleh komitmen dari pihak bank untuk segera melakukan pelelangan Hak Tanggungan melalui KPKNL Ternate. Adapun perbankan yang dikunjungi diantaranya Bank Rakyat Indonesia (BRI) Ternate, Bank Negara Indonesia (BNI) Ternate, Bank Mandiri Ternate, dan Bank Tabungan Negara (BTN) Ternate.

Di tahun 2019, KPKNL Ternate dipercaya untuk menjalankan tanggung jawab memenuhi target pokok lelang sebesar Rp17 Milyar, meningkat sebesar 30 persen jika dibandingkan dengan satu periode sebelumnya, dan 240 persen lebih besar dibandingkan dengan tahun 2017. Dengan tren peningkatan seperti itu, perlu strategi yang lebih proaktif agar realisasi di tahun 2019 dapat melewati target yang ditetapkan. Penggalian potensi pada perbankan merupakan salah satu strategi yang ditempuh KPKNL Ternate di awal tahun mengingat sampai saat ini kontribusi lelang Hak Tanggungan yang dimohonkan oleh perbankan adalah penyumbang terbanyak terhadap pokok lelang KPKNL Ternate.

Kepala KPKNL Ternate dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Ternate bertemu dengan jajaran manajemen perbankan yang dikunjungi dan membahas aset-aset Hak Tanggungan yang ada di bank-bank tersebut yang dapat dilelang oleh KPKNL Ternate. Dari pertemuan yang dilakukan, pihak bank menyambut baik usaha proaktif dari KPKNL Ternate dan berkomitmen untuk segera melakukan pelelangan aset Hak Tanggungan apabila terdapat kredit bermasalah (Non Performing Loan) di institusinya. Beberapa bank bahkan sudah memiliki daftar berisi aset-aset yang dapat dilelang yang kemudian akan dimohonkan proses lelangnya ke KPKNL Ternate. Baik KPKNL Ternate maupun pihak perbankan berharap komitmen tersebut dapat direalisasikan secepat mungkin karena pelaksanaan lelang atas aset-aset tersebut akan sangat membantu kelancaran pelaksanaan proses bisnis kedua belah pihak.

Penggalian potensi lelang ke industri perbankan ini juga akan dilakukan ke bank-bank lainnya untuk mengoptimalkan pemenuhan target lelang di 2019. Selain itu, penggalian potensi juga sekaligus menjadi sarana untuk membina kerjasama dan sinergi yang baik antara KPKNL Ternate dan pihak perbankan. Kerjasama dan sinergi ini diharapkan tidak hanya untuk hal-hal yang terkait lelang Hak Tanggungan, tetapi juga di aspek lain baik yang berkaitan dengan tugas dan fungsi maupun yang terkait hal-hal lainnya.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Yos Sudarso No. 2 Ternate - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@gmail.com