Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
Perdana, KPKNL Tegal Lelang Hewan Ternak
Prasodjo Mulyo Pamudji
Rabu, 20 Oktober 2021   |   218 kali

Tegal - Rabu (13/10) Pelelang Ahli Pertama KPKNL Tegal Lea Indriani melaksanakan lelang Barang Milik Daerah (BMD) atas permohonan dari Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan  Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Pemalang.

Barang yang dilelang pada kesempatan kali ini berupa satu paket BMD yang terdiri dari empat ekor kambing betina. Lelang dilaksanakan di ruang e-auction corner (Pojok Lelang) KPKNL Tegal secara online dengan penawaran tertutup (close bidding) melalui situs www.lelang.go.id Tegal dengan dihadiri oleh Pejabat Penjual dari DPPKAD Kabupaten Pemalang Ma’rifah.

Menurut penjelasan Ma'rifah yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Bidang Akuntansi dan Aset Daerah pada Bidang Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, alasan kenapa keempat kambing tersebut di lelang karena selama dititipkan kepada peternak setempat kambing-kambing tersebut tidak produktif dan membutuhkan biaya pemeliharaan dan pengawasan yang lumayan besar.

Selain itu peternak tersebut diwajibkan membuat laporan kepada DPPKAD Kab. Pemalang setiap bulannya. Hal ini dirasakan membebani peternak yang memelihara maupun DPPKAD Kab. Pemalang, sehingga diputuskan hewan ternak berupa kambing  yang tercatat sebagai BMD DPPKAD Kab. Pemalang  di lelang melalui KPKNL Tegal. 

Dalam pelaksanaan lelang, dari harga limit sebesar Rp2,1 juta laku terjual lelang dengan penawaran sebesar Rp4,2 juta, sehingga ada kenaikan dari harga limit sebesar 99 persen.

Saat ini, lelang yang dilaksanakan oleh KPKNL Tegal semakin bervariasi, tidak hanya terbatas pada tanah, bangunan, kendaraan bermotor, produk-produk UMKM, tetapi juga hewan ternak berupa kambing. Banyak potensi lain yang bisa dioptimalkan penjualannya secara lelang melalui portal lelang Indonesia yang beralamat di www.lelang.go.id , sehingga lelang sebagai sarana jual beli yang tepercaya mampu mengakomodasi kepentingan dan menjadi pilihan masyarakat. (Penulis : Prasodjo Mulyo Pamudji)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini