Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
DJKN Lakukan Kegiatan Verifikasi dan Kompetensi Untuk Hasilkan Penilai Pemerintah Yang Handal
Prasodjo Mulyo Pamudji
Kamis, 05 Agustus 2021   |   116 kali

Tegal - Pada Selasa (03/08) bertempat di ruang Seksi Pelayanan Penilaian KPKNLTegal, dilakukan kegiatan Verifikasi Kompetensi (Verkom) secara online bagi Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah (PFPP) dan Pejabat Stuktural Di Bidang Penilaian Di Lingkungan DJKN Tahun 2021.

Kegiatan verkom yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu dari tanggal 2 s.d 3 Agustus 2021, dengan peserta Verkom dari KPKNL Tegal adalah Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Reni Kameswara serta Dian Syuraiya dan Agung Iman Setyawan selaku Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah Ahli Pertama dengan pengawas staf Seksi Kepatuhan Internal Nuryani .  

Verkom ini merupakan kegiatan tahunan yang diagendakan oleh Direktorat Penilaian Kantor Pusat DJKN, dengan tujuan mengukur tingkat kompetensi penilai serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para penilai DJKN. Hal ini mengingat semakin beragam dan semakin kompleksnya tugas penilaian yang dihadapi oleh penilai DJKN. Acara ini juga diselenggarakan untuk menguji kompetensi teknis bidang penilaian dari para pejabat administrasi di Bidang Penilaian pada Kantor Wilayah DJKN beserta Jajaran Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL.

Verifikasi dan Uji Kompetensi ini berguna untuk mengetahui dan meningkatkan pemahaman masing-masing Penilai Pemerintah terhadap konsep, teknik, dan metodologi sesuai dengan perkembangan ilmu di bidang penilaian. Selain itu, pemahaman terkait peraturan dan standar penilaian yang berkualitas adalah hal wajib yang harus ada dalam pelaksanaan profesi penilai pemerintah.

Dalam menghadapi penugasan penilaian yang semakin kompleks, penilai pemerintah harus terus menerus mengasah kemampuan, meningkatkan wawasan serta pengetahuan di bidang penilaian sehingga nilai yang dihasilkan reliable, mencermintkan keadaan pasar, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan dilaksanakan kegiatan verkom secara rutin oleh Direktorat Penilaian, hal ini sejalan dengan kebutuhan DJKN akan tenaga-tenaga penilai yang berintegritas, profesional dan memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menyelesaikan tugas-tugas terkait penilaian.

(Penulis : Prasodjo Mulyo Pamudji

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini