Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
KPKNL Tegal Bagikan Kiat-Kiat Sukses Dalam Meraih WBBM Kepada KPKNL Ternate
Prasodjo Mulyo Pamudji
Jum'at, 18 Juni 2021   |   124 kali

Ternate - Setelah melakukan pendampingan dan asistensi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBBM) pada KPKNL Purwokerto, selanjutnya pada tanggal 15 sd 17 Juni 2021, KPKNL Tegal melakukan pendampingan dan asistensi pada KPKNL Ternate. Hal ini dalam rangka menjalankan amanah sesuai Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor KEP-39/KN/2021.

Bertempat di KPKNL Ternate, Kepala KPKNL Tegal Dwi Hariyanto dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang Triyanto secara bergantian mempresentasikan kiat-kiat sukses KPKNL Tegal meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani tahun 2020. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Ternate baik secara daring melalui zoom meeting maupun secara luring di ruang rapat KPKNL Ternate.

Ada tiga penekanan dalam presentasi yang dilakukan, yaitu pertama tentang strategi menuju WBBM yang meliputi perencanaan dalam membuat tim perubahan, menyusun kegiatan dan time schedule, pengorganisasian dalam koordinasi untuk memastikan rencana dapat berjalan, pelaksanaan semua kegiatan, monev terhadap yang direncanakan dan dilaksanakan serta tindaklanjut hasil monev.

Penekanan yang kedua terkait poin utama menuju WBBM, meliputi keterlibatan seluruh komponen pegawai  yang berintegritas dan profesional dalam melaksanakan budaya organisasi dan nilai-nilai Kementerian Keuangan, pembuatan inovasi IT dan Non IT untuk mempermudah dan mempercepat layanan, mengukur keberhasilan dengan adanya lompatan prestasi dan inovasi serta memenuhi ekspektasi stakeholder terhadap kualitas layanan layanan prima dan berintegritas yang terus meningkat dalam mewujudkan kepercayaan publik.

Untuk penekanan yang ketiga yaitu terkait enam area perubahan dalam hal manajemen perubahan seperti penatausahaan dokumentasi, role model pimpinan terkait integritas, internalisasi anti korupsi, penataan SDM diantaranya penegakan aturan disiplin pegawai, penataan tata laksana dalam hal pemantauan SOP, inovasi IT dan non IT yang berkelanjutan serta keterbukaan informasi publik, peningkatan kualitas layanan publik dengan mempersingkat SOP layanan dan peningkatan layanan dengan inovasi IT dan Non IT, penguatan Pengawasan dalam pengendalian gratifikasi, penerapan SPIP, sidak, public campaign dan penguatan akuntabilitas kinerja dalam hal pengelolaan akuntabilitas kinerja serta peningkatan nilai survei persepsi korupsi.

Acara sharing pengalaman dalam meraih predikat WBBM dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh para pegawai KPKNL Ternate dengan berbagai macam pertanyaan terkait pencapaian predikat WBBM.

Semoga KPKNL Ternate pada tahun 2021 dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Perjalanan hidup yang indah adalah ketika kita mampu berbagi, bukan menikmatinya sendiri. Berbagi tidak akan mengurangi, ia justru menambahi hingga akhir kehidupan insani. (Penulis: Prasodjo Mulyo Pamudji)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini