Ternate - Setelah melakukan
pendampingan dan asistensi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari
Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBBM) pada KPKNL Purwokerto,
selanjutnya pada tanggal 15 sd 17 Juni 2021, KPKNL Tegal melakukan pendampingan
dan asistensi pada KPKNL Ternate. Hal ini dalam rangka menjalankan amanah
sesuai Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor KEP-39/KN/2021.
Bertempat di KPKNL Ternate,
Kepala KPKNL Tegal Dwi Hariyanto dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang Triyanto secara
bergantian mempresentasikan kiat-kiat sukses KPKNL Tegal meraih predikat
Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani tahun 2020.
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Ternate baik secara daring
melalui zoom meeting maupun secara luring di ruang rapat KPKNL Ternate.
Ada tiga penekanan dalam
presentasi yang dilakukan, yaitu pertama tentang strategi menuju WBBM yang
meliputi perencanaan dalam membuat tim perubahan, menyusun kegiatan dan time
schedule, pengorganisasian dalam koordinasi untuk memastikan rencana dapat
berjalan, pelaksanaan semua kegiatan, monev terhadap yang direncanakan dan
dilaksanakan serta tindaklanjut hasil monev.
Penekanan yang kedua terkait
poin utama menuju WBBM, meliputi keterlibatan seluruh komponen pegawai
yang berintegritas dan profesional dalam melaksanakan budaya organisasi dan
nilai-nilai Kementerian Keuangan, pembuatan inovasi IT dan Non IT untuk
mempermudah dan mempercepat layanan, mengukur keberhasilan dengan adanya
lompatan prestasi dan inovasi serta memenuhi ekspektasi stakeholder terhadap
kualitas layanan layanan prima dan berintegritas yang terus meningkat dalam
mewujudkan kepercayaan publik.
Untuk penekanan yang ketiga
yaitu terkait enam area perubahan dalam hal manajemen perubahan seperti
penatausahaan dokumentasi, role model pimpinan terkait integritas,
internalisasi anti korupsi, penataan SDM diantaranya penegakan aturan disiplin
pegawai, penataan tata laksana dalam hal pemantauan SOP, inovasi IT dan non IT
yang berkelanjutan serta keterbukaan informasi publik, peningkatan kualitas layanan
publik dengan mempersingkat SOP layanan dan peningkatan layanan dengan inovasi
IT dan Non IT, penguatan Pengawasan dalam pengendalian gratifikasi, penerapan
SPIP, sidak, public campaign dan penguatan akuntabilitas kinerja dalam
hal pengelolaan akuntabilitas kinerja serta peningkatan nilai survei persepsi
korupsi.
Acara sharing pengalaman
dalam meraih predikat WBBM dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut
dengan antusias oleh para pegawai KPKNL Ternate dengan berbagai macam
pertanyaan terkait pencapaian predikat WBBM.
Semoga KPKNL Ternate pada tahun 2021 dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.
Perjalanan hidup yang indah adalah ketika kita mampu berbagi, bukan menikmatinya sendiri. Berbagi tidak akan mengurangi, ia justru menambahi hingga akhir kehidupan insani. (Penulis: Prasodjo Mulyo Pamudji)