Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Artikel
Sinergi, Kunci Untuk Gapai Target Lelang
Dessy Erisandi
Jum'at, 25 Februari 2022   |   23808 kali

“Kita harus SINERGI kalau ingin mencapai target”, “Kalau tidak SINERGI bagaimana kita bisa achieve”. Itulah beberapa statement mengenai SINERGI yang terdengar dalam Meeting-meeting Manajemen.

SINERGI adalah membangun dan memastikan hubungan Kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas.  Dalam Nilai-Nilai Kementerian Keuangan,  perilaku utama dalam SINERGI adalah (1) memilikI sangka baik, saling percaya, dan menghormati (2) Menemukan dan melaksanakan solusi terbaik.

Tips Bagaimana Cara Membangun SINERGI

SINERGI adalah proses yang harus dilalui masing-masing pihak, yang mana perlu waktu dan konsistensi. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk membangun rasa saling percaya sehingga SINERGI terbangun sebagai kerjasama kreatif, diantaranya:

o Berbuatlah kepada orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan orang lain

o Jangan menilai buruk terhadap pihak lain

o Jangan memberikan Janji yang Anda tak yakin memenuhinya

o Jangan mengecewakan harapan orang lain

Mewujudkan SINERGI adalah keberhasilan bersama yang terbina dari Kebiasaan. Mewujudkan SINERGI bukan berarti ber-Kompromi di tengah, melainkan mencari alternatif ketiga dan mencapai puncak. SINERGI adalah perbedaan bukan persamaan. SINERGI akan membangun kerjasama-kerjasama kreatif dengan cara menghormati perbedaan, membangun kekuatan dan mengkompensasikan kelemahan.

Upaya mewujudkan SINERGI memerlukan kombinasi dari kebiasaan-kebiasaan yang sudah dibangun sebelumnya, secara khusus dalam kebiasaan “Berpikir Menang-Menang” dan “Berusaha mengerti terlebih dahulu baru dimengerti”. Dengan berusaha mengerti terlebih dahulu, posisi defensif pihak yang terlibat pelan-pelan diubah menjadi lebih terbuka; sedangkan melalui pola berpikir Menang-Menang, pihak lain menyadari bahwa Anda bukan hanya memperdulikan kepentingan sendiri, namun dengan tulus berusaha memahami keresahan dan kepentingan mereka.

Terdapat beberapa poin penting untuk mewujudkan SINERGI :

1. Melihat sebagai Rekan

Yang pertama adalah perubahan paradigma. Pihak lain perlu dilihat bukan sebagai oposisi, melainkan sebagai rekan yang tengah bersama-sama berusaha memahami inti permasalahan dan menciptakan alternatif solusi yang lebih baik.

2. Menciptakan Komunikasi Sinergis

Komunikasi sinergis yang didasari kepercayaan dan keinginan bekerja sama. Keduanya diperlukan untuk menumbuhkan rasa aman agar setiap pihak dapat terbuka membagikan dan mendiskusikan ide dan pendapat. Di sinilah kebiasaan ‘Berpikir Menang-Menang’ dan ‘Berusaha mengerti terlebih dahulu baru dimengerti’ berperan.

3. Memanfaatkan Perbedaan

Perbedaan-perbedaan yang muncul pada saat berdiskusi perlu dihargai. Perbedaan menjadi titik awal untuk mencari alternatif ketiga atau sebuah solusi yang lebih baik. Sinergi terwujud berkat adanya kreativitas dan keterbukaan dalam menanggapi perbedaan.

Contoh sederhana bentuk SINERGI

Sebuah kelompok mendapatkan tugas untuk berjualan produk kuliner. Semua anggota kelompok bersinergi untuk mendapatkan hasil lebih, maka ada anggota yang bisa dalam kuliner (memasak) bertugas memproduksi dan ada yang bisa dalam internet bertugas mempromosikannya.

Contoh bentuk SINERGI yang telah dilaksanakan pada KPKNL Tegal yaitu Pelelang melaksanakan lelang sesuai dengan ketentuan dan sudah ditayangkan melalui lelang.go.id, sedangkan humas (Seksi Hukum dan Informasi) KPKNL Tegal melaksanakan publikasi atas objek yang akan dilelang dari website lelang.go.id melalui media sosial yang ada.


Oleh : Dessy Arisandi, Pelaksana KPKNL Tegal

(diolah dari berbagai sumber)


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini