Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Artikel
Selayang Pandang Kabupaten Brebes yang Telah Berusia 343 Tahun
Ratna Astuti
Rabu, 20 Januari 2021   |   6521 kali

Belum lama ini Kabupaten Brebes memperingati hari jadinya yang ke-343, tepatnya pada 18 Januari 2021. Kabupaten Brebes terletak di bagian utara paling barat Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat.

Menurut catatan, dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak dan memiliki wilayah terluas kedua setelah Kabupaten Cilacap.

Kabupaten Brebes merupakan salah satu wilayah kerja Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tegal. Secara geografis wilayahnya berupa dataran rendah dan dataran tinggi. Di bagian utara didominasi dataran rendah yakni di pesisir  Laut Jawa. Sementara di bagian selatan didominasi dataran tinggi/pegunungan. Daerah tertinggi berada di Kecamatan Sirampog (875 mdpl).

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) c.q KPKNL Tegal mengelola kekayaan negara pada 142 satuan kerja (satker) di wilayah kerjanya, 46 diantaranya berada di Kabupaten Brebes. Salah satu aset negara/Barang Milik Negara (BMN) berupa Jembatan Sakalimalas atau Sakalibel dengan panjang 298 meter di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes yang sangat ikonik.

Capaian hasil lelang di wilayah Kabupaten Brebes selama kurun waktu 2020 cukup besar. Rekening Kas Negara bertambah Rp133.004.479,00, dari pelaksanaan lelang BMN termasuk di dalamnya barang inventaris berkategori rusak berat yang laku terjual senilai Rp11.378.700,00. Sedangkan hasil bersih dari Barang Milik Daerah (BMD) barang inventaris atas barang rusak berat senilai  Rp610.350.000,00 dan aset hak tanggungan dengan hasil bersih lelang Rp1.573.620.350,00.

Kabupaten Brebes terdiri dari 17 kecamatan, memiliki beragam sumber daya alam yang tak ternilai harganya dari berbagai sektor, baik hayati maupun non hayati yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Kabupaten Brebes pada khususnya.

Jika kita naik kereta api ataupun melalui jalan tol dari Cirebon menuju Tegal, maka kita akan menikmati hamparan luas lahan pertanian bawang merah. Mata pencaharian penduduk Kabupaten Brebes, sebagian besar adalah petani bawang merah. Kualitas bawang merah di Kabupaten Brebes sangatlah bagus, warnanya yang merah menyala, rasanya lebih pedas dan lebih keras. Pasokan barang merah di Pulau Jawa dan masyarakat Indonesia, salah satunya berasal dari Kabupaten Brebes. Sektor pertanian bawang ini menyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang cukup besar di Kabupaten Brebes.

Dari sektor peternakan, Kabupaten Brebes memiliki potensi makanan ternak hijau-hijauan  yang berlimpah, sehingga peternakan di Kabupaten Brebes pun berkembang. Salah satu hasil olahan ternak yang  dikenal dengan telor asinnya, telor asin Brebes sangat dikenal, kuning telurnya berwarna jingga hingga kemerahan dan rasanya yang nikmat, dan kini dibuat berbagai varian ada telur asin bakar, panggang, abon bahkan kerupuk.

Dari sektor pertanian, Kabupaten Brebes dikenal dengan bawang merahnya, bawang merah merupakan komoditas unggulan, yang menjadi  mata penacaharian utama bagi petani di Brebes, dan menyumbang lebih dari 50 % Produk Regional Domestik Bruto (PRDB) Kabupaten Brebes. Kualitas bawang merah sangat unggul dan menjadi salah satu pasokan utama untuk masyarakat Indonesia.

Tidak kalah menariknya, dari seni budaya, di Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes merupakan sentra pembuatan alat musik rebana. Alat musik rebana merupakan alat musik perkusi tradisi Islam, rebana ini dibuat secara turun temurun oleh warga Desa Kaliwadas. Rebana dengan bentuknya yang indah dan suara yang dihasilkan pun sangat enak didengar ini  terbuat dari bingkai papan bahan kayu berbentuk melingkar dan dengan satu sisi lainnya ditutup dengan kulit kambing. Adapun kayu yang digunakan biasanya kayu sawo, sonokeling, mangga dan lanban atau mahoni, namun karena yang mudah didapat kayu mangga, maka kayu mangga lah yang digunakan. Wilayah pemasaran rebana ini tidak hanya di Pulau Jawa, melainkan juga Sumatera, Kalimantan, Papua bahkan Malaysia dan Brunei Darussalam.

Selain hal di atas banyak sekali yang diproduksi dari Kabupaten Brebes dan banyak pula potensi alam yang dapat digali dari Kabupaten Brebes. Seperti dari sektor perikanan, sektor kehutanan, sektor wisata, sektor industri maupun sektor pertambangan.

Dari sektor pertambangan berdasarkan temuan dari  Kementerian Energi dan Sumber  Daya Mineral (ESDM)  diketahui memiliki cadangan batubara muda yang baru dapat digunakan 50 hingga 100 tahun yang akan datang yang berada di Desa Bentarsari, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes.

Pada tahun 2018  dilakukan proyek nasional eksplorasi  Panas Bumi pada Desa Kalibuntu, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, namun krena ternyata hasilnya belum positif, maka ada kemungkinan di tahun 2021 ini eksplorasi panas bumi ini akan dialihkan ke Kecamatan Sirampog.  

Saat ini sedang dikembangkan pula Kawasan Industri (KI) di Kabupten Brebes, yang ditargetkan oleh Pemerintah Pusat, KI Brebes ini menjadi  core-industry untuk sektor industri tekstil dan produk tekstil, industri kulit dan alas kaki, industri makanan dan minuman, industri mebel, serta industri farmasi dan alat kesehatan. 

Jayalah Kabupaten Brebes, Jayalah KPKNL Tegal, Jayalah DJKN, Jayalah NKRI.

Penulis : Ratna Astuti

Diolah dari berbagai sumber.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini