Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kejar Modernisasi Layanan Pengelolaan BMN pada KPKNL Tasikmalaya melalui Sosialisasi Implementasi SIMAN V2
Moch. Encep Iqbal Firdaus Ts
Jum'at, 01 Maret 2024   |   34 kali

Tasikmalaya - KPKNL Tasikmalaya menggelar sosialisasi SIMAN versi 2 (SIMAN V2) kepada 68 satuan kerja seluruh Priangan Timur guna memberikan pembekalan materi atas penggunaan Aplikasi SIMAN V2. Acara ini berlangsung selama 2 hari pada 28 s.d. 29 Februari 2024. Setiap harinya dibagi menjadi 2 sesi, pagi dan siang yang dilaksanakan oleh Tim Seksi PKN. 

 

Aplikasi SIMAN V2 merupakan update dari SIMAN versi 1 (SIMAN V1). Hal ini guna mendukung proses pengelolaan Barang Milik Negara berbasis internet. Pada tahun 2023, SIMAN V2 mulai diterapkan khususnya pada satuan kerja di lingkungan Kementerian Keuangan sebagai pilot project. Pada tahun ini, penggunaan SIMAN V2 akan diupayakan untuk diterapkan pada awal Semester 2 pada seluruh satuan kerja. KPKNL Tasikmalaya bersama satuan kerja melakukan sosialisasi ini agar lebih siap melakukan implementasi migrasi SIMAN V2 dan agar pengelolaan BMN lebih optimal. 

 

Dalam acara sosialisasi SIMAN V2 ini dipaparkan kondisi yang akan dituju, modernisasi layanan, update/penambahan fitur baru, dan juga interkoneksi antar modul di SIMAN V2, interkoneksi SIMAN V2 dengan aplikasi lain di internal maupun eksternal Kemenkeu. SIMAN V2 ini dibuat karena pada versi sebelumnya perlu adanya peningkatan. Dengan SIMAN V2 diharapkan terdapat simplifikasi proses bisnis agar terhubung ke aplikasi internal Kemenkeu lainnya seperti aplikasi Nadine (Naskah Dinas Elektronik) yang bisa melakukan digital signature, memudahkan interkoneksi/integrasi, juga penambahan dan penyempurnaan fitur pada aplikasi.

 

Melalui sosialisasi ini, Seksi PKN maupun satuan kerja dapat lebih awal memahami seluk beluk aplikasi maupun kendala yang ada. Dengan mengetahui lebih awal, Seksi PKN dapat menerapkan solusi yang tepat atas kendala dalam penggunaan SIMAN V2 kepada Satker KPKNL Tasikmalaya. Aplikasi SIMAN V2 dikembangkan untuk lebih memudahkan seluruh satuan kerja di era digitalisasi dalam melakukan proses pengelolaan Barang Milik Negara seperti pengajuan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN), pengajuan pengelolaan BMN antara lain Penetapan Status Penggunaan BMN, Penjualan BMN, Penghapusan BMN, Pemanfaatan BMN, Kerjasama Pemanfaatan BMN, Asuransi BMN, Evaluasi Kinerja BMN (Portofolio Aset), Pengawasan dan Pengendalian BMN, SBSN, dan BMN Idle.

Fitur dalam aplikasi SIMAN V2 yang berbeda dengan versi sebelumnya antara lain yakni penambahan fitur asuransi BMN, BMN Idle, notifikasi pada menu Dashboard serta SBSN. Dipraktikkan juga mengenai Penginputan SIMAN Versi 1 Plugin Master Aset dan Plugin dalam rangka Migrasi ke SIMAN Versi 2, teknis permohonan pengelolaan kekayaan negara melalui aplikasi SIMAN V2 yang meliputi menu permohonan pengelolaan, SBSK, dan evaluasi kinerja/portofolio BMN. Diskusi atas penggunaan SIMAN V2 juga dilakukan antara Seksi PKN dan Operator BMN sebagai pengguna Aplikasi SIMAN V2. 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini