KPKNL Tasikmalaya
BERITA UTAMA
Di tengah merebaknya wabah Virus Corona atau yang lebih dikenal dengan istilah COVID-19 membuat aktifitas pegawai yang biasanya dilakukan secara tatap muka langsung, kini harus dilakukan dengan berjauhan. Dalam FGD ini, Kepala KPKNL Tasikmalaya Salbiah me
Profil KPKNL Tasikmalaya


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tasikmalaya  yang beralamat di Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Kota Tasikmalaya merupakan Unit Kerja vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada  di bawah Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat.  Kementerian Keuangan meresmikan berdirinya KPKNL Tasikmalaya di tahun 2002, dengan Wilayah kerja meliputi Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Pangandaran. Sebagai kota yang terus menggeliat dengan meningkatnya berbagai sarana transportasi yang mendukung aktifitas perdagangan, industri, dan jasa, yang menjadikan Tasikmalaya satelit pembangunan bagi wilayah di sekitarnya, membuat keberadaan KPKNL Tasikmalaya semakin strategis.

Sekilas Tentang Kota Tasikmalaya

Sang Mutiara dari Priangan Timur itulah julukan bagi kota Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat. Kota ini terletak pada 108° 08′ 38″ – 108° 24′ 02″ BT dan 7° 10′ – 7° 26′ 32″ LS di bagian Tenggara wilayah Provinsi Jawa Barat. Kota ini dahulu adalah sebuah kabupaten, namun seiring dengan perkembangan, maka terbentuklah 2 buah bentuk pemerintahan yaitu Pemerintahan Kabupaten dan Pemerintahan Kota Tasikmalaya.

Kota Tasikmalaya berada persis di tengah-tengah jantung bumi Priangan Timur dan Selatan, diapit oleh Ciamis dengan objek wisata Pangandaran-nya yang telah melegenda, dan Garut dengan objek wisata Cipanas-nya yang tersohor. Banyak para pelaku tujuan bisnis, wisata, industri, pendidikan, dan lain-lain menjadikan Kota Tasikmalaya sebagai tempat yang tepat untuk memulai aktivitasnya.

Kota Tasikmalaya memiliki segudang potensi pariwisata, di antaranya adalah wisata alam, kerajinan, wisata belanja, wisata religi, seni, budaya, UKM, dll. Dalam potensi UKM dan kerajinan masyarakat, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya memiliki jumlah UKM terbesar setelah Bandung Raya  di Jawa Barat. Kota ini memiliki segudang kerajinan beraneka bentuk dan rupa yang mampu menyerap ribuan tenaga kerja. Dengan banyaknya UKM yang tersebar di kota ini, Kota Tasikmalaya disebut juga sebagai Kota UKM. Kerajinan khas Tasikmalaya antara lain adalah Bordir Tasikmalaya yang telah mendunia, Payung Geulis yang telah menjadi ikon Jawa Barat, Kelom Geulis, sandal tradisional asli buatan bangsa Indonesia, batik Tasikmalaya yang tidak kalah dari batik-batik lainnya di Pulau Jawa dengan ciri khasnya, dan kerajinan–kerajinan lainnya. Kota ini memiliki panorama alam seperti Situ Gede, Gunung Galunggung, Cipatujah, dan objek wisata lainnya ditata menjadi objek wisata alam yang menawan, sehingga sangat potensial dijadikan sebagai kota tujuan wisata di Indonesia.


STRUKTUR ORGANISASI

KPKNL Tasikmalaya memiliki jumlah pegawai sebanyak 39 orang. Saat ini dipimpin oleh Salbiah selaku Kepala Kantor (Pejabat Eselon III), dan dibantu oleh 7 orang Kepala Seksi (Pejabat Eselon empat), yakni Kepala Sub Bagian Umum Irfan Nugraha, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Tony Wibowo Susanto, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Ali Ridho, Kepala Seksi Pelayanan Lelang Y. Tri Astuti, Kepala Seksi Piutang Negara Ganjar Patrianto, Kepala Seksi Hukum dan Informasi Subroto, dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal Nana Supriatna.

Adapun Tugas dan Fungsi dari masing-masing Seksi/Sub Bagian Umum adalah sebagai berikut: 

1. Sub bagian Umum

Mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian, keuangan, tata usaha, rumah tangga, serta penatausahaan, pengamanan, dan pengawasan Barang Milik Negara di lingkungan KPKNL.

2. Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara

Mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan penetapan status penggunaan, pemanfaatan, pengamanan, dan pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, bimbingan teknis, pengawasan dan pengendalian, penatausahaan dan akuntansi serta penyusunan daftar Barang Milik Negara/kekayaan negara.

3. Seksi Pelayanan Penilaian

Mempunyai tugas melakukan penilaian yang meliputi identifikasi permasalahan, survey pendahuluan, pengumpulan dan analisis data, penerapan metode penilaian, rekonsiliasi nilai, kesimpulan nilai, dan laporan penilaian terhadap objek-objek penilaian sesuai dengan ketentuan, serta penyusunan basis penilaian. 

4. Seksi Piutang Negara

Mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penetapan dan penagihan piutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung hutang dan/atau penjamin hutang, pemblokiran, pelaksanaan PB/PJPN, pemberian pertimbangan keringanan hutang, pengusulan pencegahan ke luar wilayah RI, pengusulan dan pelaksanaan paksa badan, penyiapan pertimbangan penyelesaian atau penghapusan piutang negara, usul pemblokiran surat berharga milik penanggung/penjamin hutang yang diperdagangkan di bursa efek, usul untuk memperoleh keterangan mengenai simpanan nasabah debitur, pengelolaan dan pemeriksaan barang jaminan milik penanggung hutang.

5. Seksi Pelayanan Lelang

Mempunyai tugas melakukan pemeriksaan dokumen persyaratan lelang, penyiapan dan pelaksanaan lelang, serta penatausahaan minuta risalah lelang, pembuatan salinan, kutipan, dan grosse risalah lelang, penatausahaan hasil lelang, penggalian potensi lelang, pelaksanaan lelang kayu kecil P. Perhutani (Persero) dan penatausahaan bea lelang pegadaian.

6. Seksi Hukum dan Informasi

Mempunyai tugas melakukan penanganan perkara, pengelolaan dan pemeliharaan perangkat, jaringan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, penyajian informasi dan hubungan kemasyarakatan, implementasi sistem aplikasi, penyiapan bahan penyusunan rencana strategi, laporan akuntabilitas, dan laporan tahunan, penatausahaan berkas kasus piutang negara, serta verifikasi penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang.

7. Seksi Kepatuhan Internal

Mempunyai tugas melakukan pemantauan pengendalian internal, pengelolaan kinerja, pengelolaan resiko, kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin dan tindak lanjut hasil pengawasan, serta perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis.

8. Kelompok Jabatan Fungsional

Mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


MOTO

KPKNL Tasikmalaya mempunyai moto KPKNL Tasikmalaya "PASTI" yang merupakan akronim dari "Profesional, Amanah, Santun, Transparan, dan Inovatif". Dengan Moto ini diharapkan akan dapat menginspirasi seluruh pegawai untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masrakat pengguna jasa.

PRESTASI

Beberapa prestasi telah diraih KPKNL Tasikmalaya diantaranya Terbaik I pada Lomba Kantor Pelayanan Percontohan tingkat DJKN, 7 November 2007, pada tahun yang sama Menteri Keuangan memberikan penghargaan sebagai Pemenang Harapan pada lomba Kantor Pelayanan Percontohan tingkat Kementerian Keuangan. Juara III Satker Berkinerja Terbaik dengan Pagu DIPA sd. 10M se-Wilayah Kerja KPPN Tasikmalaya Tahun 2017, ditahun 2018 memperoleh Juara II Kantor Pelayanan Terbaik dan di tahun 2019 memperolah Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). 

KPKNL Tasikmalaya dengan “PASTI” selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik, baik melalui peningkatan profesionalitas kinerja, memegang teguh integritas serta melakukan penyempurnaan dalam segala aspek untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat khususnya pengguna layanan.


Wilayah Kerja
Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut
Prestasi KPKNL Tasikmalaya
Juara III Satker Berkinerja Terbaik dengan Pagu DIPA sd. 10M se-Wilayah Kerja KPPN Tasikmalaya Tahun 2017
Terbaik I pada Lomba Kantor Pelayanan Percontohan tingkat DJKN, 7 November 2007
Pemenang Harapan pada lomba Kantor Pelayanan Percontohan tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2007
Memperolah Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dari KemenpanRB Tahun 2019
Peta Lokasi KPKNL Tasikmalaya
Alamat Kantor
Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Tasikmalaya - 46125
(0265) 342636
(0265) 342638
kpknltasikmalaya@kemenkeu.go.id