Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sertipikasi dan Apresiasi Pengelolaan BMN pada Satker KPKNL Tasikmalaya
Moch. Encep Iqbal Firdaus Ts
Selasa, 13 Februari 2024   |   28 kali

Tasikmalaya - KPKNL Tasikmalaya mengadakan Rapat Koordinasi guna membahas Program Percepatan Sertipikasi BMN berupa Tanah T.A. 2024 & Penyerahan Piagam Apresiasi, Selasa 13 Februari 2024. Terdapat 23 Perwakilan Satker yang diundang dari berbagai Kementerian dan Lenbaga seperti Kantor Pertanahan ATR/BPN se-Priangan Timur, Kemenag, PUPR, Kejaksaan Agung, TNI, Universitas, Rumah Sakit, maupun Kantor Pusat Ditjen Perkeretaapian Indonesia.

Kepala KPKNL Tasikmalaya, Thamrin membuka acara Rapat Koordinasi Sertipikasi dan sekaligus memberikan Apresiasi di Aula Lantai 2 KPKNL Tasikmalaya, Selasa 13 Februari 2024. Pada kesempatan tersebut, Thamrin juga mengajak untuk melakukan Optimalisasi BMN dengan salah satunya adalah tertib Hukum melalui sertipikasi BMN. Selanjutnya menyampaikan apresiasi atas kerja keras, sinergi, dan kolaborasi KPKNL Tasikmalaya bersama Kantor ATR/BPN Pertanahan wilayah Priangan Timur atas sertipikasi Tahun 2023. Berikutnya Thamrin memberikan piagam penghargaan apresiasi kepada 14 Satker Wilayah Kerja KPKNL Tasikmalaya mendapatkan apresiasi dan penghargaan atas Optimalisasi BMN dan Pencapaian Sertipikasi BMN pada Tahun 2023 yang diserahkan oleh Thamrin selaku Kepala KPKNL Tasikmalaya dalam pancapaian target kinerja Tahun 2023.

Dalam agenda sertipikasi, Ariyanto, selaku Kepala Seksi PKN menyampaikan apresiasi dan juga ajakan untuk meningkatkan kolaborasi dalam mencapai target sertipikasi tahun 2024. Selanjutnya dibahas bersama timeline dan strategi pekerjaan, seperti Ketersediaan DIPA dan SDM pada Kanwil BPN/Kantor Pertanahan/satuan kerja. Tidak lupa juga, Ariyanto mengingatkan dan mendorong koordinator Wilayah K/L, satuan kerja untuk menuntaskan pendaftaran akun mitra ATR BPN pada sentuh tanahku.

Selanjutnya hal tak kalah penting yaitu verifikasi kategori data target tanah yang menjadi modal awal dalam permohonan dokumen kelengkapan persyaratan pensertipikatan dalam pengajuan kepada Kantor Pertanahan pada kesempatan pertama. Melakukan monitoring dan mencari tambahan bidang tanah-tanah yang belum tercatat di aplikasi SIMAN untuk segera dicatat di aplikasi SIMAN dan dilakukan proses sertipikasi.

Tentu dalam program sertipikasi ini terdapat berbagai macam kendala yang dihadapi setiap satker yang memiliki tanah target program ini. Dengan adanya pertemuan ini KPKNL Tasikmalaya menjembatani untuk membahas kronologi, kondisi dilapangan maupun perataturan yang berlaku, serta mencari solusi bersama dengan seluruh pihak termasuk Kantor Pertanahan ATR/BPN agar dapat mencapai taget sertipikasi ini.

Diharapkan dengan adanya pertemuan ini dapat meningkatkan kesadaran dan persiapan yang baik semua pihak dalam menyambut target kinerja sertipikasi BMN tahun 2024 sehingga dapat mempercepat program Optimalisasi BMN khususnya tertib Hukum dengan terlaksananya sertipikasi BMN. (Iqbal Firdaus - Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini