Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tasikmalaya > Berita
Sosialisasi SBSK dan Penilaian BMN
Moch. Encep Iqbal Firdaus Ts
Rabu, 06 Desember 2023   |   18 kali

Rabu, 29 November 2023, Kepala KPKNL Tasikmalaya, Thamrin membuka Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara dan Penilaian Satker KPKNL Tasikmlaya di Aula Lantai 2. Agenda dari acara ini ialah Pengelolaan kekayaan Negara dan Sosialisasi Pengukuran Tingkat Kesesuaian Penggunaan BMN dengan SBSK serta Penilaian BMN selain tanah dan/atau bangunan. Hal ini merupakan bagian dari Target Optimalisasi SBSK Tahun 2023 dan Target Pengukuran SBSK Tahun 2024 Satker KPKNL Tasikmalaya.

Pada Materi pertama dan kedua yang disampaikan oleh pelaksana seksi PKN, Radityo Tri H dan Ihin Hidayat menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Keuangan Cq. Ditjen Kekayaan Negara (KPKNL Tasikmalaya) sedang melakukan pengukuran terhadap tingkat kesesuaian penggunaan BMN dengan SBSK sebagaimana diatur dalam PMK 172/PMK.06/2020 tentang Standar Barang dan Standar Kebutuhan BMN yang telah dimulai sejak tahun 2020. Kegiatan pengukuran tingkat kesesuaian penggunaan BMN dengan SBSK dilaksanakan dalam rangka menghimpun data tingkat utilisasi/penggunaan BMN oleh setiap satuan kerja Kementerian/Lembaga (K/L).

KPKNL Tasikmalaya berharap, data dan informasi tingkat kesesuaian SBSK dapat mendukung upaya optimalisasi yang tepat sasaran. Mengutip perkataan Menteri Keuangan bahwa “Mengelola barang milik negara, kita harus mengatur bahwa dia memberikan value atau nilai yang mencerminkan fungsi dan bahkan kalau bisa menciptakan nilai tambah”. 

Selanjutnya pada materi terakhir yang disampaikan oleh Penilai Ahli Muda, M Irfan Ardiansyah terkait materi Penilaian BMN selain tanah dan/atau bangunan khususnya barang inventaris kantor. Ia mendorong agar satuan kerja dapat menaksir sendiri BMN selain tanah dan/atau bangunan yang selanjutnya hasi inventaris dan nilai taksir tersebut bisa digunakan untuk pengajuan persetujuan pemindahtanganan (penjualan) lelang dan penghapusan di KPKNL Tasikmalaya. Dengan begitu dapat mempercepa proses bisnis dan optimalisasi pengelolaan BMN baik dari satuan kerja pengguna BMN maupun KPKNL Tasikmalaya selaku Pengelola BMN.

Dengan adanya kegiatan ini KPKNL Tasikmalaya berharap materi yang disampaikan kepada satuan kerja dapat diterima dengan baik dan dapat diterapkan demi mendukung tugas fungsi pengelolaan BMN antara pengguna dan pengelola BMN. BMN yang dikelola dan digunakan secara optimal akan memberikan manfaat bukan hanya kepada satuan kerja yang menggunakan, tetapi juga kepada masyarakat luas.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Tasikmalaya - 46125
(0265) 342636 ; 342637
(0265) 342638
kpknltasikmalaya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini