Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tasikmalaya > Berita
Penyampaian Laporan Evaluasi Kinerja (Portofolio) Barang Milik Negara KPKNL Tasikmalaya pada KUPP Kelas III Pangandaran
Moch. Encep Iqbal Firdaus Ts
Senin, 25 September 2023   |   55 kali

Pangandaran — Rabu, 20 September 2023 Tim Evaluasi Kinerja (Portofolio) Barang Milik Negara KPKNL Tasikmalaya melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka penyampaian hasil pengumpulan data survei lapangan, pengolahan dan analisa data evaluasi kinerja aset BMN (Portofolio Aset) pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pangandaran.

Mulai Tahun 2020, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, selaku Pengelola Barang melakukan upaya peningkatan mutu pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) melalui evaluasi kinerja Portofolio Aset. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan salah satu misi DJKN yaitu mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran, dan efektivitas pengelolaan kekayaan Negara. Sesuai dengan amanat Pasal 41A ayat (1) PMK Nomor: 52/PMK.06/2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 244/PMK.06/2012 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Barang Milik Negara, evaluasi kinerja BMN dilakukan oleh Pengelola Barang sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 5 (lima) tahun.

Tim yang berasal dari Pelaksana Seksi PKN Radityo Tri Handono dan Indra Santoso diterima oleh Karmila Sari S, Operator BMN Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pangandaran. Pada Evaluasi Kinerja BMN (Portofolio Aset) ini Tim yang berasal dari Seksi PKN menyampaikan pelaporan hasil evaluasi BMN Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pangandaran.  Tim juga menyampaikan konsep evaluasi kinerja portofolio aset ini adalah peningkatan layanan publik Kementerian/Lembaga, penghematan biaya dan optimalisasi BMN, serta optimalisasi dan peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak dari pengelolaan BMN.

Evaluasi Kinerja BMN (Portofolio Aset) ini dilakukan dengan mempertimbangkan enam indikator yaitu kepentingan umum, manfaat sosial, tingkat kepuasan pengguna, potensi penggunaan di masa depan, kelayakan finansial, dan kondisi teknis. Pengukuran kinerja BMN merupakan bagian dari pengelolaan BMN. Portofolio BMN yang sedemikian besar tentu perlu dikelola dan diukur kinerjanya dengan baik dan optimal. Evaluasi secara periodik terhadap portofolio BMN perlu dilakukan dengan tujuan untuk mengukur performa/kinerja BMN, untuk selanjutnya dibuat langkah-langkah strategis dalam rangka efisiensi, efektifitas, dan optimalisasi pengelolaan BMN. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan kepastian tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan BMN serta terwujudnya pengelolaan kekayaan negara yang optimal. Iqbal Firdaus

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Tasikmalaya - 46125
(0265) 342636 ; 342637
(0265) 342638
kpknltasikmalaya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini