Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Melatih Fokus dalam Menembak pada Setiap Bidikan Target
Moch. Encep Iqbal Firdaus Ts
Rabu, 02 November 2022   |   315 kali

Tasikmalaya- Pada hari Jumat (28/10/2022) KPKNL Tasikmalaya turut hadir dalam acara latihan menembak eksekutif Kemenkeu dan Mitra Kerja Priangan Timur. Kegiatan ini merupakan Rangkaian Penutupan Peringatan Hari Oeang RI ke-76 yang digelar di Lapangan Tembak Pandu Sakti. Kemenkeu di wilayah Priyangan Timur dan mitra kerja dapat melakukan latihan menembak ini berkat kolaborasi dan sinergi dengan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD) Brigif Raider 13 Galuh Kota Tasikmalaya.

Setiap pejabat struktural maupun fungsional Kemenkeu se-Priangan Timur dan mitra kerja Se-Priangan Timur tidak mau kalah untuk mencoba menembak dengan pistol sungguhan. Kegiatan ini merupakan serangkaian Kegiatan HORI ke 76 Kemenkeu Se-Priangan Timur yang ditutup dengan kegiatan latihan dan menembak eksekutif serta penyerahan penghargaan pada pemenang serangkaian lomba. Setiap perwakilan Pejabat unit Eselon 1 Kementerian Keuangan dan Stakeholder yang hadir mencoba untuk melatih diri untuk menembak sasaran. Pistol yang digunakan ialah berjenis Pindad P3-A dengan sasaran target paper circle dan panel. Kegiatan diawali dengan pengarahan dari pelatih dari KOSTRAD Brigif Raider 13 Galuh terkait aturan keselamatan dalam penggunaan senjata api. Tak lupa dilanjutkan dengan penjelasan mengenai tata cara penggunaan senjata api yang diikuti oleh seluruh peserta Latihan menembak secara bergantian. 

Bagi pegawai DJBC sebagai Community protector, kegiatan Latihan menembak ini dianggap perlu dilakukan sebagai upaya untuk mengasah kemampuan pegawai dalam menggunakan senjata api dinas DJBC dalam rangka mengamankan negara dari masuknya barang-barang berbahaya. Namun Bagi Pejabat Kemenkeu (selain Bea dan Cukai) dan Mitra Kerja bukanlah hal mudah karena banyak dari peserta baru pertama kali memegang pistol sungguhan. Pelatih dan instruktur pun memperagakan sikap tubuh, fokus target, kuda-kuda, dan memegang pistol yang aman bagi peserta maupun orang di sekitarnya. Dalam melakukan kegiatan ini setiap gelombang terdiri dari 3 (tiga) orang yang mencoba menembak untuk mengumpulkan poin. Setiap perwakilan mencoba menembak sasaran target dengan dibekali 5 peluru. Setelah selesai menembak poin dari setiap tembakan di hitung yang selanjutnya 3 orang dengan poin tertinggi di lombakan kembali dengan sasaran target paper dan menjatuhkan panel.

Sesuai dengan tema yang diusung dalam Hari Oeang ke-76 yaitu Kemenkeu satu : Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi satker se-Priangan Timur dapat saling bahu membahu untuk saling bersinergi dan berkoordinasi dalam mengawal pemulihan perekonomian di Indonesia.

Hasilnya kegiatan ini dapat menambah kepercayaan diri, kekuatan fisik, dan fokus setiap pegawai. Sama halnya ketika pegawai Kemenkeu dan Mitra Kerja dalam bekerja untuk mencapai target yang diinginkan pribadi maupun instansi, kita perlu mempersiapkan diri dari sikap tubuh yang baik dan tools (alat) dan cara menggunakannya dengan baik agar dapat berhasil dalam menggapai target yang diinginkan. Kegiatan ditutup dengan pemberian penghargaan pemenang setiap serangkaian lomba HORI dan penutupan secara simbolis oleh Kepala KPPBC TMP C Tasikmalaya selaku Ketua HORI-76 Kemenkeu Se-Priangan Timur.

(Humas KPKNL Tasikmalaya)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini