Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Partisipasi Kaligrafi “Nyere”, Mukena Bordir, dan Batik Garutan dalam Kedai Lelang UMKM KPKNL Tasikmalaya
Hadiwijaya
Selasa, 10 Agustus 2021   |   138 kali

Jumat, 06 Agustus 2021, KPKNL Tasikmalaya Kembali melaksanakan Kedai Lelang UMKM dengan menggandeng tiga pelaku UMKM, yaitu Galeri Nyere Tasikmalaya, Biyan & Rossi Bordir Tasikmalaya, dan Batik RM Garutan. Lelang dilaksanakan secara closed bidding, dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB oleh Pelelang Ahli Muda, Ken Whuriningsih.

Galeri Nyere Tasikmalaya adalah sebuah galeri seni yang menghasilkan karya khas berupa Kaligrafi, Hiasan Dinding, Lukisan, Ornamen, dan berbagai hiasan lain yang menggunakan bahan dasar alam berupa lidi, kulit sapi, dan kulit pohon papaya. Dengan kemampuan seninya, pemilik galeri, Bapak Agus berhasil mengkombinasikan bahan alam tersebut menjadi karya seni indah, unik, dan artistik. Harga yang ditawarkan atas hasil karyanya terbilang sangat terjangkau berkisar antara ratusan ribu sampai dengan 3 jutaan rupiah, tergantung besar kecil dan tingkat kerumitan karyanya.

Selain Lelang produk kerajinan lidi, produk bordir khusus mukena juga ikut meramaikan pelaksanaan Lelang ini. Sudah diketahui secara luas bahwa bordir khas Tasikmalaya memiliki jahitan yang rapi dengan bahan yang digunakan juga berkualitas sesuai dengan harga yang ditawarkan. Dan pada Lelang kali ini, harga mukena yang ditawarkan berkisar antara Rp110.000,00 sampai dengan Rp175.000,00 tergantung tingkat kerumitan pembuatan bordir, sedangkan bahan yang digunakan sama, yaitu menggunakan bahan katun rayon.

Kemudian, Batik RM Garutan, kembali mengikuti Lelang UMKM setelah pada Lelang yang sebelumnya seluruh produk yang dilelang laku terjual. Kali ini, produk batik yang ditawarkan adalah Batik Tulis Garutan, Batik Biron Tulis, dan Batik Cap Garutan dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp105.000,00 sampai dengan Rp2.000.000,00.  Sehingga dari Kedai Lelang UMKM yang dilaksanakan oleh KPKNL Tasikmalaya bersama tiga pelaku UMKM ini, total pokok Lelang yang berhasil dikumpulkan adalah sebesar Rp9.706.515,00.

Sebagai informasi, Kedai Lelang UMKM KPKNL Tasikmalaya telah dilaksanakan untuk yang kedelapan kalinya hingga 06 Agustus 2021 ini. Sebanyak 67 lot Lelang laku dari total 128 lot Lelang yang ditawarkan dan telah berhasil mengumpulkan pokok Lelang sebesar Rp29.521.770,00. (Dwi Latifa Sari - Tim Humas KPKNL Tasikmalaya)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini