Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Upaya Pencapaian Target Kinerja Lelang Tahun 2021 Melalui Rapat Koordinasi Dengan Pengguna Jasa Lelang Secara Berkelanjutan
Heru Widiyanto
Kamis, 28 Oktober 2021   |   148 kali

Kinerja suatu organisasi salah satunya diukur berdasarkan capaian hasil yang diperolehnya dari target yang telah ditetapkan seperti halnya capaian kinerja lelang baik dilihat dari sisi pokok lelang, PNBP maupun produktifitas. Pencapaian kinerja lelang memerlukan effort  yang besar terlebih pada masa pandemi covid-19 yang sedang dan masih menyebar seperti dalam masa sekarang ini. Masyarakat membutuhkan lebih banyak pertimbangan dalam memutuskan pembelian properti ataupun barang lainnya, dimana setiap transaksi yang dilakukan haruslah melewati pertimbangan yang lebih matang yang mau tidak mau juga mempengaruhi tercapainya kinerja lelang.

Menilik pada target kinerja lelang KPKNL Tasikmalaya, di tahun 2021 target pokok lelang KPKNL Tasikmalaya adalah sebesar Rp. 58 Milyar, yang terbagi atas target pokok lelang pada Pejabat Lelang Kelas I sebesar Rp.42 Milyar, target pokok lelang PT. Pegadaian di wilayah kerja KPKNL Tasikmalaya sebesar Rp.16 Milyar sedangkan target PNBP sebesar Rp. 2.239.000.000 yang terbagi atas target PNBP Pejabat Lelang Kelas I sebesar Rp. 1.916.000.000 serta target PT. Pegadaian sebesar Rp. 323.000.000,- sehingga diperlukan extra effort  untuk dapat mencapai pokok lelang  Pejabat  Lelang  Kelas I dan PNBP lelang sebesar 100%.

Salah satu upaya yang ditempuh oleh KPKNL Tasikmalaya dalam mewujudkan capaian kinerja lelang tersebut adalah dengan mengadakan Rapat Koordinasi dengan pengguna jasa lelang baik dengan Lembaga Keuangan Perbankan maupun non perbankan serta dengan PT. Pegadaian di wilayah Priangan Timur. Kegiatan Rapat Koordinasi ini sudah dimulai sejak bulan Januari sebagai sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi capaian kinerja lelang UUHT dan Pegadaian pada Triwulan III Tahun 2020. Kegiatan Rapat Koordinasi tersebut berjalan secara berkesinambungan dan berkelanjutan pada triwulan-triwulan berikutnya. Monitoring dan evaluasi capaian kinerja lelang triwulan I dilaksanakan pada bulan April 2021,  monitoring dan evaluasi capaian kinerja lelang triwulan II dilaksanakan pada bulan Juli 2021 dan monitoring dan evaluasi capaian kinerja lelang triwulan III telah dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2021.

 Dalam rapat koordinasi KPKNL Tasikmalaya menyampaikan capaian kinerja lelang Hak Tanggungan dari masing-masing pemohon lelang baik dari sisi frekuensi, pokok lelang, PNBP, maupun produktivitas lelang juga capaian pokok lelang dan PNBP dari masing-masing kantor Cabang Pegadaian di wilayah Priangan Timur. Disamping penyampaian capaian kinerja lelang juga dilakukan konfirmasi potensi-potensi besaran pokok lelang HT dan Pegadaian pada bulan berikutnya sepanjang tahun 2021 sehingga dapat dipetakan juga berapa potensi capaian kinerja pada KPKNL Tasikmalaya sampai dengan akhir tahun 2021.

Khusus di triwulan IV kegiatan rapat koordinasi akan dilakukan setiap bulan sampai dengan bulan Desember 2021, dan diharapkan dapat melecut pengguna jasa untuk senantiasa mengoptimalkan potensi lelang laku guna mendukung capain kinerja lelang KPKNL Tasikmalaya sehingga target lelang tahun 2021 dapat tercapai bahkan melampaui target yang ditetapkan. Di sisi lain kegiatan rapat koordinasi ini untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan intimasi dengan stakeholder.

 

(Penulis Y Tri Astuti - Kasi Lelang KPKNL Tasikmalaya)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini