Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Perkuat Kolaborasi, KPKNL Tarakan dan PUPR Siap Sukseskan Pembangunan di Kalimantan Utara
Delia Ayu Dwi Apriliyanti
Kamis, 07 Maret 2024   |   42 kali

Tarakan – Rabu (6/3), jajaran perwakilan unit vertikal di lingkup Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kalimantan Utara merapat ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan untuk membahas pembangunan Kantor Bersama Lima Balai milik Kementerian PUPR di Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara. Pembangunan tersebut telah berjalan selama satu tahun dan merupakan pilot project di Indonesia.

Kepala Subbagian Umum dan Tata Usaha Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Kalimantan Utara Rudi Jemi menjelaskan bahwa pada 2022, Kementerian PUPR menerima hibah lahan seluas 4,8 ha dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Di lahan inilah Kantor Bersama Lima Balai Kementerian PUPR akan berdiri. Lebih lanjut Rudi juga meyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan berbagai upaya pengamanan lahan, baik dari segi administrasi, fisik, maupun hukum.

“Kami telah melakukan pembuatan Sertipikat atas lahan, berdasarkan Berita Acara Serah Terima, Naskah Perjanjian Hibah Daerah, dan Surat Penetapan Penunjukkan Lahan”, ujarnya.

Mendukung perkataan Rudi, Kepala Bagian Umum dan Pengamanan Aset Biro Pengelolaan Barang Milik Negara (PBMN) Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR Mursalim juga menyampaikan bahwa lahan tersebut telah tercatat sebagai BMN pada Biro PBMN Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR. Ia menyampaikan bahwa PUPR di level pusat telah menjalin koordinasi dan kerja sama yang erat dengan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan juga KPKNL Jakarta III. Selanjutnya, untuk memperlancar penyelesaian kendala khususnya terkait sertipikasi lahan dan juga untuk mempercepat proses pembangunan di daerah, Mursalim turut menyampaikan permohonan dukungan dan pendampingan dari KPKNL Tarakan untuk dapat berkoordinasi bersama ke Kantor Pertanahan Bulungan.

Pelaksana Harian (Plh.) Kepala KPKNL Tarakan Lapianus Bubu menyambut baik kolaborasi yang diusulkan Mursalim. Terlebih lagi, upaya pengamanan lahan yang sedang dilaksanakan PUPR juga turut mendukung penyelesaian target percepatan pensertipikatan secara nasional. KPKNL Tarakan siap mendukung penuh Kementerian PUPR sesuai dengan kapasitas yang dimiliki sebagai pengelola aset negara. (Seksi Hukum dan Informasi)

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini