Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Pengelolaan Aset Negara dan Lelang Kaltara Tahun 2023 Hasilkan PNBP Rp11,25 Miliar
Theresa Yosephine Ronauli Tumanggor
Selasa, 30 Januari 2024   |   24 kali

Nunukan - Menutup tahun 2023, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan catatkan capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) hingga Rp11,25 Miliar. Capaian ini meningkat sekitar 3 persen dibandingkan tahun 2022. Hal ini diungkapkan oleh Kepala KPKNL Tarakan Doni Prabudi pada Konferensi Pers APBN Kalimantan Utara Semester II Tahun Anggaran 2023, Selasa (30/1). Kegiatan yang digelar di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Nunukan ini dilaksanakan secara hybrid dengan dihadiri rekan media se- Kalimantan Utara.

Dalam paparannya, Doni menjelaskan bahwa PNBP KPKNL Tarakan Tahun 2023 didominasi dari PNBP Aset sebesar Rp8,18 Miliar dengan Pendapatan BLU sebagai kontributor terbesarnya yakni sebesar 63,93 persen. Di posisi kedua, Pelayanan Lelang KPKNL Tarakan menyumbang PNBP Rp3,06 Miliar dari pelaksanaan lelang Hak Tanggungan, Barang Rampasan, Lelang BMN/D, serta Harta Pailit. Capaian tersebut berasal dari total objek lelang laku sebesar 202 lot dengan total pokok lelang sebesar Rp135,85 Miliar. Di bidang piutang negara, Kinerja KPKNL Tarakan dibuktikan dengan penurunan outstanding piutang hingga Rp1,03 Miliar per 31 Desember 2023. Dari kegiatan tersebut, dihasilkan PNBP sebesar Rp18,34 Juta.

Doni juga menyinggung mengenai perkembangan nilai aset di Wilayah Kalimantan Utara yang mengalami kenaikan sebesar 5,84 persen dari tahun sebelumnya hingga mencapai Rp62,12 Triliun per 31 Desember 2023. Menurutnya, aset negara tersebut harus dikelola dengan baik. Hal ini memerlukan kolaborasi pengelola dan pengguna barang. "Kami bersinergi, bermitra dengan seluruh satuan kerja sebanyak 213 satker untuk (mengelola) aset yang terdiri dari tanah, peralatan dan mesin, dan lain-lain," ujar Doni.

Dengan komitmen KPKNL Tarakan untuk mewujudkan tata kelola aset negara yang semakin baik, serta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna layanan, KPKNL Tarakan melaksanakan berbagai program di tahun 2023. Beberapa program tersebut antara lain meliputi percepatan sertipikasi BMN berupa tanah, optimalisasi dan penertiban BMN, penggalian potensi pengurusan Piutang Negara, serta peningkatan layanan lelang yang berbasis pemanfaatan teknologi informasi.

"Dengan semangat sinergi KPKNL Tarakan dan satuan kerja Kementerian Keuangan yang lain di Provinsi Kalimantan Utara ini, kami bertekad untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi stakeholder dan kami berkomitmen untuk selalu menjaga integritas secara konsisten dan berkelanjutan. Kami dan seluruh jajaran berkomitmen untuk mengawal KPKNL Tarakan sebagai Zona Integritas WBBM yang berkelanjutan," pungkas Doni.

Kegiatan Konferensi Pers ini dilaksanakan rutin setiap triwulan oleh seluruh instansi Kementerian Keuangan di Kalimantan Utara untuk menyampaikan kondisi perekonomian terkini serta kinerja masing-masing instansi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kabupaten Nunukan, Kepala Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Utara, Kepala KPPN Tarakan, KPPBC Nunukan, dan perwakilan KP2KP Nunukan. (Seksi Hukum dan Informasi)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini