Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Kanwil DJKN Kaltimtara Ajak Pemda Optimalkan Penyelesaian Piutang Daerah
Putri Setyaningsih
Selasa, 20 Juni 2023   |   42 kali

Tarakan – Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kembali meluncurkan program Keringanan Utang pada tahun 2023. Program Keringanan Utang yang sukses dijalankan sejak tahun 2021 ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah pada masa pemulihan pandemi Covid-19 dan mempercepat penurunan outstanding piutang dan BKPN (Berkas Kasus Piutang Negara). Tahun ini, tidak hanya debitur Pemerintah Pusat, namun debitur Pemerintah Daerah juga berkesempatan mengikuti program Keringanan Utang.

Untuk mendukung program Keringanan Utang tahun 2023, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan dan Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara turut serta dalam kegiatan Optimalisasi Penyelesaian Tuntutan Perbendaharaan/Tuntutan Ganti Kerugian Daerah dan Pengurusan Piutang Daerah di Wilayah Provinsi Kalimantan Utara pada Selasa (20/6) di Aula Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara. Pada kegiatan tersebut, Kepala Bidang Piutang Negara Kanwil DJKN Kaltimtara Andi Ahmad Rifai menyampaikan materi terkait Tuntutan Perbendaharaan/Tuntutan Ganti Kerugian Daerah, Pengurusan Piutang Daerah, serta program Keringanan Utang 2023.

Andi menjelaskan bahwa sasaran utama program tersebut adalah kelompok debitur pasien rumah sakit, mahasiswa, dan debitur lain dengan nilai piutang di bawah Rp8 juta. Keringanan utang yang diberikan kepada kelompok debitur tersebut maksimal sebesar 80 persen dan berlaku hingga 15 Desember 2023. Ia berharap agar pemerintah daerah mengoptimalkan upaya penagihan maupun program keringanan utang yang ada guna mendukung penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah. “Piutang yang diselesaikan akan meningkatkan akuntabilitas laporan keuangan daerah,” tegasnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara ini dihadiri oleh seluruh perwakilan pemerintah daerah di wilayah Kalimantan Utara. Dengan adanya workshop ini, diharapkan para pemerintah daerah paham dan saling berkolaborasi untuk menyelesaikan piutang daerah di masing-masing wilayahnya. Lunas Hari Ini, Lega Sampai Nanti. (Tim HI KPKNL Tarakan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini