Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Tidak Hanya Optimalkan Penerimaan Negara, KPKNL Tarakan juga Dukung Penuh Pembangunan PSN dan Pelaksanaan PMN 2023
Putri Setyaningsih
Kamis, 13 April 2023   |   76 kali

Tarakan – Perekonomian Indonesia yang semakin berkembang pasca Pandemi Covid-19 terus menunjukkan tren positif. Untuk memastikan kestabilan roda perekonomian tersebut, APBN hadir sebagai instrumen fiskal yang digunakan sebagai alat berjaga-jaga dalam menghadapi gejolak global yang masih penuh dengan ketidakpastian. Pada Konferensi Pers Pelaksanaan APBN di Kalimantan Utara triwulan I tahun 2023 Kamis (13/4), Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan Doni Prabudi menyampaikan pelaksanaan APBN terkait kegiatan Pengelolaan Kekayaan Negara, Pelayanan Lelang, dan Pengurusan Piutang Negara. Kegiatan yang digelar secara luring di Paguntaka Ballroom KPKNL Tarakan ini mengusung topik utama “Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif  dan Berkelanjutan”.

Sampai dengan akhir triwulan I 2023, KPKNL Tarakan telah menghasilkan PNBP sekitar Rp2,62 Miliar atau setara 25,81 persen dari target total PNBP KPKNL Tarakan tahun 2023. Penerimaan negara tersebut didominasi oleh PNBP pengelolaan BMN yang mencapai Rp2,3 Miliar. Untuk pelaksanaan lelang, PNBP berupa bea lelang yang telah berhasil diperoleh adalah sebesar kurang lebih Rp268 Juta. Nilai tersebut diperoleh dari kegiatan layanan lelang dengan nilai pokok lelang sebesar Rp12,78 Miliar. Sedangkan di bidang Piutang Negara, sampai dengan akhir Maret 2023, KPKNL Tarakan berhasil menyelesaikan pengurusan Piutang Negara sekitar Rp200 Juta dengan perolehan PNBP sebesar Rp5,6 Juta.

Tidak hanya berfokus pada pencapaian target penerimaan negara, KPKNL Tarakan juga secara aktif mendukung pembangunan beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) di wilayah Kalimantan Utara dan juga proses Penyertaan Modal Negara (PMN) pada BUMN. Dukungan tersebut diwujudkan dalam bentuk penilaian Barang Milik Negara/Daerah dan juga kegiatan pengelolaan kekayaan negara lain. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa setiap proses tata kelola aset negara dilaksanakan dengan akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan. Beberapa PSN yang didukung pelaksanaannya oleh KPKNL Tarakan sejak tahun lalu antara lain pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan juga KIPI Tana Kuning-Mangkupadi.

“KPKNL Tarakan siap mendukung penuh pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan pelaksanaan Penyertaan Modal Negara (PMN) Tahun 2023 di Kalimantan Utara,” tegas Doni.

Lebih lanjut, Doni juga menyampaikan program-program unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Program tersebut antara lain Lelang Produk UMKM dan Keringanan Utang 2023 yang telah diperluas cakupannya. Melalui layanan lelang, KPKNL Tarakan terus memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM dalam bentuk berbagai kegiatan seperti pelaksanaan lelang produk UMKM dan sosialisasi lelang produk UMKM kepada masyarakat luas. Berbagai kemudahan juga diberikan khusus bagi pelaksanaan lelang produk UMKM seperti extended auction, lelang tanpa uang jaminan, serta menu khusus produk UMKM pada portal lelang.go.id. Pengenaan tarif bea lelang 0 persen juga diberlakukan untuk pembeli lelang produk UMKM.

Di bidang Piutang Negara, Program Keringanan Utang 2023 kini dapat dimanfaatkan oleh debitur Pemerintah Pusat maupun Daerah dengan kewajiban hingga Rp2 Miliar yang telah diserahkan pengurusannya ke Panitia Urusan Piutang Negara per 31 Desember 2022. Masih sejalan dengan tahun lalu, beberapa kriteria debitur yang menjadi sasaran utama program ini adalah pasien rumah sakit, mahasiswa PTN, dan debitur kecil lain dengan kewajiban di bawah Rp8 Juta yang tidak didukung barang jaminan berupa tanah atau tanah dan bangunan. Ketiga kelompok debitur tersebut merupakan kelompok debitur pengkhususan yang dapat memperoleh keringanan utang hingga 80 persen dari total kewajiban.

Sebagai tambahan informasi, KPKNL Tarakan telah meraih predikat Zona Integritas (ZI) Wilayan Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tahun 2022. Dengan predikat ini, KPKNL Tarakan berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik terhadap percepatan, ketepatan, akuntabilitas, dan integritas kepada seluruh pengguna layanan, serta mitra kerja Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Kegiatan Konferensi Pers APBN yang dipimpin oleh kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Utara ini turut dihadiri oleh perwakilan media se-Kaltara. Selain Kepala KPKNL Tarakan, beberapa pimpinan unit vertikal Kementerian Keuangan di wilayah Kalimantan Utara juga turut hadir sebagai narasumber, di antaranya Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tanjung Redeb, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjung selor, dan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tarakan. (Tim Hukum dan Informasi)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini