Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Tutup 2022 dengan Capaian PNBP Rp11,2 Miliar, KPKNL Tarakan Siapkan Strategi Hadapi Tantangan Global 2023
Putri Setyaningsih
Rabu, 11 Januari 2023   |   92 kali

Tanjung Selor – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan siap menghadapi tantangan global pada tahun 2023. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Tarakan Melliana Andriani Susanto pada kegiatan Talkshow Kolaboratif APBN 2023 lingkup Provinsi Kalimantan Utara, pada Selasa (10/01) di Aula Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan yang digelar secara luring ini mengusung topik utama Kinerja Positif APBN 2022 Modal Kuat Merespon Tantangan Global di 2023.

Lebih lanjut, Melliana menjelaskan bahwa di tahun 2023 semua lapisan masyarakat akan menghadapi tantangan global tanpa terkecuali mitra kerja dan debitur KPKNL Tarakan. Padahal tahun ini, KPKNL Tarakan telah diberi mandat untuk mencapai target penerimaan negara sebesar Rp7,9 Miliar. Untuk mencapai target tersebut, Melliana mengungkapkan beberapa strategi yang akan ditempuh KPKNL Tarakan.

“Beberapa strategi yang sudah kami mulai dan lanjutkan pada tahun 2023 adalah mengidentifikasi aset potensial/strategis dan menganalisis jenis pemanfaatan yang terbaik untuk aset tersebut; melakukan penggalian potensi lelang, diseminasi, dan kerjasama di bidang lelang; serta mengoptimalkan peran pemilik piutang dalam mengelola piutang negara dan meningkatkan kerjasama joint program pengurusan piutang negara,” ujarnya.

Masih terkait tantangan global 2023, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Utara Wahyu Prihantoro menyatakan bahwa menurut hasil kajian para ekonom, tahun 2023 akan diliputi ketidakpastian ekonomi. Untuk itu, ia menghimbau seluruh instansi pemerintah untuk bersiap menghadapi tantangan ini.

“Sebagai perwakilan Kementerian Keuangan di Provinsi Kalimantan Utara, kita harus optimis dan bersinergi untuk membangun Kalimantan Utara menjadi lebih baik lagi,” ujar Wahyu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara Tedy Arief Budiman mengamini optimisme yang disampaikan Wahyu. Tedy menyampaikan data perekonomian Kalimantan Utara hingga triwulan III tahun 2022 yang tumbuh positif yaitu sebesar 5,39 persen. Menurutnya, hingga triwulan IV angka pertumbuhan ekonomi Kalimantan Utara berada di kisaran 4 sampai dengan 5 persen. Meski sedikit turun, namun angka tersebut menunjukkan bahwa ekonomi tumbuh dan terus bergerak serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Pada kegiatan ini hadir pula Kepala KPP Pratama Tarakan, Kepala KPP Pratama Tanjung Redeb, Kepala KPPN Tarakan, Kepala KPPN Nunukan, dan Kepala KPPN Tanjung Selor. Seluruh pimpinan unit vertikal Kemenkeu ini menyampaikan realisasi pelaksanaan APBN di instansinya masing-masing. Pada KPKNL tarakan, realisasi total penerimaan negara tahun 2022 mencapai Rp11,2 miliar atau setara 152,89 persen dari target Rp7,3 miliar. Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ini diperoleh dari tiga kegiatan utama yaitu Pengelolaan Kekayaan Negara yang menghasilkan sekitar Rp8,1 miliar, layanan lelang yang menghasilkan Rp3,1 miliar, serta pengurusan Piutang Negara yang menghasilkan Rp44 Juta. (Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini