Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Berkomitmen Meningkatkan Pelayanan Prima, KPKNL Tarakan Gelar In House Training: Service Excellence
Tiara Risti Lavenda
Kamis, 07 April 2022   |   156 kali

Tarakan – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan melaksanakan kegiatan In House Training (IHT): Service Excellence pada Rabu (06/04). IHT ini merupakan wujud komitmen KPKNL Tarakan untuk memberikan layanan terbaik bagi para pengguna jasa. Kegiatan yang digelar di Paguntaka Ballroom ini diikuti oleh seluruh pegawai dan dipandu oleh Indra Hadinata dan Anisa Lia Sari, narasumber dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Simpang Tiga Kota Tarakan.

Kepala KPKNL Tarakan Doni Prabudi menyambut baik kegiatan ini. Doni menggarisbawahi bahwa predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang disandang KPKNL Tarakan sejak 2019 lalu harus dipertanggungjawaban. Terlebih lagi KPKNL Tarakan sedang membangun zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Menurutnya, peningkatan layanan harus terus diupayakan, termasuk layanan tatap muka pada Area Pelayanan Terpadu (APT). “Kami berharap dapat menimba ilmu yang sebanyak-banyaknya dari Bank Mandiri mengenai bagaimana memberikan pelayanan yang prima kepada stakeholder,” ujar Doni.

Narasumber Anisa menjelaskan materi terkait pelayanan prima atau Service Excellence. Ia menekankan bahwa pelayanan harus memiliki standar sebagai bentuk pembakuan pelayanan yang baik.  “Harus ada standar layanan sebagai ukuran, agar layanan yang diberikan kepada customer berjalan secara konsisten,” ungkapnya.

Selanjutnya Anisa membahas hal-hal yang lebih detail seperti standar penampilan, kebersihan dan kerapihan meja kerja, cara berkomunikasi dengan stakeholder, serta standar penanganan dan prosedur penyelesaian keluhan stakeholder. Anisa juga menjelaskan mengenai cara menghadapi berbagai macam karakter stakeholder.

“Kita harus hadapi dengan tenang, terbuka, dan fokus menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh stakeholder. Jangan sampai ada  informasi yang ditutup-tutupi dan stakeholder merasa masalahnya tidak terselesaikan,” lanjut Anisa.

Bank Mandiri berhasil menyabet predikat The Best Performance kategori KBMI 4 dalam Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) pada tahun 2021. Kolaborasi antara KPKNL Tarakan dan Bank Mandiri ini diharapkan tidak hanya menambah pengetahuan dan wawasan pegawai KPKNL Tarakan, namun juga dalam membangun citra positif organisasi. Tidak hanya pegawai tetap, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) KPKNL Tarakan yang terdiri dari satpam, driver, sekretaris dan OB pun turut mengikuti kegiatan ini. Seluruh elemen yang terdapat di KPKNL Tarakan merupakan cerminan bagi kualitas layanan yang diberikan kepada stakeholders. Jadi, seluruh pegawai KPKNL Tarakan ini diwajibkan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai bagaimana cara memberikan pelayanan yang prima.

Selain pemaparan materi, Indra dan Anisa mengajak para pegawai KPKNL Tarakan untuk bermain peran sebagai frontliner. Tidak hanya pegawai, satpam juga turut andil untuk berperan dalam menyambut kedatangan tamu. Salam dan sambutan yang sopan dan ramah oleh satpam dapat memberikan kesan pertama yang baik bagi para stakeholder yang datang.

“Satpam merupakan wajah pertama yang dilihat oleh stakeholder ketika memasuki ruangan APT, maka dari itu peran satpam dianggap penting dalam menyambut kedatangan stakeholder,” tambah Anisa.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari seluruh pegawai KPKNL Tarakan, hal ini terlihat dari diskusi yang interaktif antar para pegawai dengan narasumber IHT. (Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini