Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Jaringan Utilitas Kabel Udara Fiber Optik Hadir di Kota Tarakan
Tiara Risti Lavenda
Kamis, 19 November 2020   |   490 kali

              Guntur Sumitro selaku Kepala KPKNL Tarakan didampingi oleh Kepala Seksi PKN Bayu Saputra Surya Wardhana dan penilai Yohanes Eko Dedi Kurniawan menghadiri kegiatan rapat yang diselenggarakan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Utara (BPJN) pada Selasa (17/11) di Gedung Gadis, Pamusian, Tarakan tengah, Kota Tarakan. Turut hadir dalam rapat perwakilan satker PJN Wilayah 1 Kalimantan Utara, perwakilan satker P2JN Kalimantan Utara, perwakilan SKPD-TP Kalimantan Utara dan perwakilan Perumda Tarakan Media Telekomunikasi. Kegiatan ini membahas mengenai penelitian lapangan pemanfaatan BMN berupa pembangunan/penempatan bangunan dan jaringan utilitas kabel udara Fiber Optik (FO) di Kota Tarakan.

               Penelitian lapangan pemanfaatan BMN yang merupakan salah satu tugas dan fungsi dari KPKNL Tarakan merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum proses pemanfaatan BMN dilaksanakan. Pemanfaatan BMN berupa sewa tanah digunakan untuk pemasangan kabel udara Fiber Optik (FO).

            Perumda Tarakan Media Telekomunikasi mengajukan pemasangan kabel udara Fiber Optik (FO) yang bertujuan untuk membantu pemerintah kota dalam menjalankan command center sehingga dapat memaksimalkan pelayanan publik. Kegiatan diawali dengan pemaparan mengenai lokasi dan panjang kabel udara fiber optik oleh KTU BPJN Kaltimtara Rudi Talahatu. Lokasi pemasangan kabel akan dilakukan di sepanjang ruas jalan Mulawarman dari Grand Tarakan Mall hingga Bandara Juwata dengan panjang kabel 1.200 m dan sepanjang ruas jalan Yos Sudarso dari Grand Tarakan Mall hingga Pelabuhan Malundung dengan panjang kabel 3.204 m. Aset yang digunakan merupakan milik satker PJN Wilayah 1 Kalimantan Utara, namun jalur kabel akan tetap diteliti terlebih dahulu apakah memang termasuk aset atau bukan. Selanjutnya, Rudi Talahatu membahas mengenai teknis pemasangan tiang di lapangan. Pada akhir kegiatan, perwakilan dari masing-masing tamu undangan rapat turun ke lapangan untuk melihat lokasi pemasangan tiang kabel dan ditutup dengan foto bersama. (Teks/Foto: Tiara)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini