Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Puluhan Juta Barang Milik Negara (BMN) Dimusnahkan KPPBC TMP B Tarakan
Putri Setyaningsih
Rabu, 18 November 2020   |   152 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan hadir dalam kegiatan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) yang berasal dari hasil penindakan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Tarakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (18/11) di Lapangan Kantor Bea dan Cukai Tarakan.

KPPBC TMP B Tarakan melakukan pemusnahan BMN hasil dari penindakan periode Juli 2019 s.d. Oktober 2020 yang telah mendapatkan persetujuan Direktur Jenderal Kekayaan Negara melalui Kepala KPKNL Tarakan untuk dimusnahkan. BMN yang dimusnahkan berupa narkotika jenis sabu-sabu, rokok illegal, sepatu, pakaian bekas, minuman mengandung etil alkohol, dan senjata tajam. BMN tersebut diperoleh dari kegiatan operasi pasar dan penindakan  dengan potensi kerugian mencapai Rp.67.884.000,-.

Di bidang pengawasan, KPPBC TMP B Tarakan berhasil melakukan penindakan narkotika jenis sabu-sabu sebanyak tujuh (7) kali pada tahun 2019 dan lima (5) kali pada tahun 2020. Modus yang digunakan sindikat untuk menyelundupkan narkotika seperti memasukkan narkotika dalam tabung gas, melarutkan narkotika dalam gallon air, dan membawa narkotika dengan kapal berkecepatan tinggi berhasil digagalkan oleh petugas KPPBC TMP B Tarakan. Keberhasilan ini merupakan hasil sinergi antara KPPBC TMP B Tarakan dengan BNN, Polri, dan TNI.

Kegiatan pemusnahan BMN dimulai dengan pemecahan botol minuman mengandung etil alkohol, pembakaran rokok illegal, sepatu, pakaian bekas, dan pemotongan senjata tajam. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan oleh Kepala KPPBC TMP B Tarakan Minhajuddin Napsah, Kepala Kejaksaan Negeri Tarakan Fatkhuri, S.H., Kepala KPKNL Tarakan Guntur Sumitro serta disaksikan oleh Kanit 1 Sidik Gakkum Ditpolairud Polda Kaltara, Kanit Tipidter Polres Tarakan, dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan. (Teks & Foto : Putri)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini