Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
PEMUSNAHAN BARANG MILIK NEGARA (BMN) HASIL PENINDAKAN
Mei Wulandari
Kamis, 25 Juli 2019   |   1501 kali

KPKNL Tarakan ikut serta dalam kegiatan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) yang berasal dari hasil penindakan oleh Bea Cukai Tarakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2019 di Lapangan Kantor Bea dan Cukai Tarakan.

BMN yang dimusnahkan hari ini adalah hasil penindakan yang dilakukan KPPBC TMP B Tarakan periode Agustus 2018 sampai dengan Mei 2019. Berdasarkan ketentuan Peraturan Keuangan Nomor 39/PMK.04/2014 tanggal 19 Februari 2014 tentang Tata Cara Penyelesaian Barang Kena Cukai dan Barang lain Yang Dirampas Untuk Negara atau Yang Dikuasai Negara dalam hal pemilik barang tidak ditemukan atau diketahui dalam jangka waktu 14 hari sejak dilakukan penindakan, barang ditetapkan menjadi Barang Miliki Negara. Usulan peruntukkan Barang Milik Negara berasal dari penindakan KPPBC TMP B Tarakan memiliki nilai kurang dari 150 juta rupiah, maka persetujuannya kepada Direktur Jendral Kekayaan Negara melalui Kepala KPKNL Tarakan.

BMN yang dimusnahkan berupa rokok illegal, pakaian bekas , produk kosmetik ilegal, dan senjata tajam. BMN tersebut diperoleh dari kegiatan operasi pasar,  penindakan dan pencegahan barang bawaan penumpang yang masuk ke Indonesia dengan potensi kerugian mencapai 27 juta rupiah. Barang yang dimusnahkan tersebut telah ditetapkan pada KPKNL Tarakan melalui Surat Keputusan Nomor S-11/MK.6/WKN.13/ KNL.04/2019 tanggal 26 Juni 2019 tentang Surat Persetujuan Pemusnahan KPPBC TMP B Tarakan.

Kegiatan Pemusnahan BMN  dimulai dengan pembakaran rokok illegal , pemotongan baju bekas menggunakan gunting, pembuangan cairan kosmetik kedalam wadah plastik besar (ember) dan pemotongan senjata tajam dengan alat pemotong besi (gerinda). Selanjutnya penandatangan Berita Acara Pemusnahan oleh Kepala KPPBC TMP B Tarakan Minhajuddin Napsah dan Plh. Kepala KPKNL Tarakan Yudi Nurmana Jaya serta disaksikan oleh Kepala Kepolisian Resor Tarakan, Perwakilan BPOM Tarakan, dan Perwakilan Balai Karantina Pertanian Kelas II Tarakan. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini