RABU BERBAGI ILMU: PELATIHAN SERVICE
EXCELLENCE
KPKNL Tangerang II melaksanakan agenda kegiatan
rutin yaitu Rabu Berbagi Ilmu (RBI) yang dilaksanakan pada hari Rabu di setiap
minggu, sebagai wadah berbagi ilmu dan informasi bagi pegawai KPKNL Tangerang
II. Kegiatan ini bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan baik yang berkaitan
langsung dengan tugas dan fungsi KPKNL Tangerang II maupun topik lain yang
relevan.
Pada Rabu (08/03/2023) RBI dilaksanakan dengan
mengambil tema “Service Excellence” yang
pada kesempatan ini berkolaborasi dengan Tim PT Bank BSI KCP Cimone. Kegiatan
RBI berlangsung interaktif menunjukkan antusiasme dari para peserta mengenai
materi Service Excellence. Materi ini
selaras dengan kegiatan pembangunan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih
dan Melayani (ZI WBBM) KPKNL Tangerang II yaitu dalam hal peningkatan kualitas
pelayanan publik kepada para pengguna jasa.
Dalam memberikan pelayanan yang prima, perlu
dipahami beberapa hal penting, di antaranya yaitu:
1.
Dasar Pelayanan
·
“Service
is not just a job” bahwa pelayanan bukanlah sekadar pekerjaan
ataupun dilakukan hanya demi menggugurkan kewajiban. Namun, pelayanan yang diberikan
harus mencakup substansi, norma waktu, attitude,
dan sisi humanis dalam berinteraksi dengan pengguna layanan.
·
“Service
is care” bahwa dalam memberikan pelayanan kita harus memahami
kebutuhan pengguna jasa. Dalam banyak situasi kita tidak perlu menjelaskan
semua hal yang kita ketahui, akan tetapi cukup sesuai dengan apa yang diminta
atau dibutuhkan pengguna layanan.
2.
Konsep Dasar Pelayanan
·
Konsep 3 (Tiga) M: Membantu dan menolong,
Memenuhi kebutuhan pengguna layanan, dan Melampaui Harapan Pengguna Layanan;
·
Beyond the Expectation, pengguna layanan sangat puas,
menyentuh hati, dan akan menceritakan kehebatan pelayanan dan dengan suka cita
memberikan nilai yang optimal
3.
Sikap Dalam Memberikan Pelayanan
·
Tersenyum,
menyapa, membuat kontak mata, dan tidak memotong pembicaraan
·
Memberi
apresiasi yang tulus, tidak menyalahgunakan kedudukan, tidak lekas tersinggung, dapat mengontrol diri, dan
bertoleransi
Dalam sambutannya Kepala KPKNL Tangerang II, Salbiah menyampaikan bahwa kegiatan RBI sebagai salah satu sarana belajar bagi pegawai sangat baik untuk terus dilaksanakan, baik dengan materi dari internal KPKNL Tangerang II maupun dari eksternal. Dengan adanya materi yang disampaikan oleh pihak eksternal, akan menambah khasanah pengetahuan yang menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi. Kepala kantor berharap dengan adanya kegiatan ini pegawai KPKNL Tangerang II dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan KPKNL Tangerang II.