Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang II > Kilas Peristiwa
RABU BERBAGI ILMU: PELATIHAN SERVICE EXCELLENCE
Teguh Hari Prasetyo
Kamis, 16 Maret 2023   |   54 kali

RABU BERBAGI ILMU: PELATIHAN SERVICE EXCELLENCE

 

KPKNL Tangerang II melaksanakan agenda kegiatan rutin yaitu Rabu Berbagi Ilmu (RBI) yang dilaksanakan pada hari Rabu di setiap minggu, sebagai wadah berbagi ilmu dan informasi bagi pegawai KPKNL Tangerang II. Kegiatan ini bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan baik yang berkaitan langsung dengan tugas dan fungsi KPKNL Tangerang II maupun topik lain yang relevan.

Pada Rabu (08/03/2023) RBI dilaksanakan dengan mengambil tema “Service Excellence” yang pada kesempatan ini berkolaborasi dengan Tim PT Bank BSI KCP Cimone. Kegiatan RBI berlangsung interaktif menunjukkan antusiasme dari para peserta mengenai materi Service Excellence. Materi ini selaras dengan kegiatan pembangunan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBBM) KPKNL Tangerang II yaitu dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik kepada para pengguna jasa.

Dalam memberikan pelayanan yang prima, perlu dipahami beberapa hal penting, di antaranya yaitu:

1.    Dasar Pelayanan

·           “Service is not just a job” bahwa pelayanan bukanlah sekadar pekerjaan ataupun dilakukan hanya demi menggugurkan kewajiban. Namun, pelayanan yang diberikan harus mencakup substansi, norma waktu, attitude, dan sisi humanis dalam berinteraksi dengan pengguna layanan.

·           “Service is care” bahwa dalam memberikan pelayanan kita harus memahami kebutuhan pengguna jasa. Dalam banyak situasi kita tidak perlu menjelaskan semua hal yang kita ketahui, akan tetapi cukup sesuai dengan apa yang diminta atau dibutuhkan pengguna layanan.

2.    Konsep Dasar Pelayanan

·           Konsep 3 (Tiga) M: Membantu dan menolong, Memenuhi kebutuhan pengguna layanan, dan Melampaui Harapan Pengguna Layanan;

·           Beyond the Expectation, pengguna layanan sangat puas, menyentuh hati, dan akan menceritakan kehebatan pelayanan dan dengan suka cita memberikan nilai yang optimal

3.    Sikap Dalam Memberikan Pelayanan

·           Tersenyum, menyapa, membuat kontak mata, dan tidak memotong pembicaraan

·           Memberi apresiasi yang tulus, tidak menyalahgunakan kedudukan, tidak lekas tersinggung, dapat mengontrol diri, dan bertoleransi

Dalam sambutannya Kepala KPKNL Tangerang II, Salbiah menyampaikan bahwa kegiatan RBI sebagai salah satu sarana belajar bagi pegawai sangat baik untuk terus dilaksanakan, baik dengan materi dari internal KPKNL Tangerang II maupun dari eksternal. Dengan adanya materi yang disampaikan oleh pihak eksternal, akan menambah khasanah pengetahuan yang menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi. Kepala kantor berharap dengan adanya kegiatan ini pegawai KPKNL Tangerang II dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan KPKNL Tangerang II.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini