KPKNL Tangerang II
BERITA UTAMA
DJKN/KPKNL tidak pernah menawarkan barang untuk dilelang dengan penyetoran ke rekening pribadi/perorangan. Informasi lebih lanjut hubungi KPKNL terdekat atau Call Center DJKN di 1500 991
Profil KPKNL Tangerang II

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang II yang sebelumnya bernama KPKNL Serpong merupakan salah satu kantor vertikal DJKN yang berada di wilayah Kanwil DJKN Banten. Perubahan nomenklatur dari KPKNL Serpong menjadi KPKNL Tangerang II termaktub dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 263/PMK.01/2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Adapun wilayah kerja KPKNL Tangerang II adalah sesuai dengan Perdirjen Nomor 9/KN/2017 tanggal 24 November 2017.

KPKNL Tangerang II terletak di Jalan TMP Taruna, Kecamatan Sukaasih, Kota Tangerang, Provinsi Banten, bersebelahan dengan KPKNL Tangerang I. Lokasi kantor cukup strategis karena berdekatan dengan pusat pemerintahan Kota Tangerang, dan beberapa kantor pemerintahan lainnya seperti Pengadilan Negeri Tangerang, Lembaga Pemasyarakatan, Kantor Imigrasi dan lainnya. Selain itu, letak KPKNL Tangerang II juga tidak jauh dari Bandara International Soekarno Hatta.


Adapun susunan organisasi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tangerang II terdiri dari: Subbagian Umum; Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara; Seksi Pelayanan Penilaian; Seksi Piutang Negara; Seksi Pelayanan Lelang; Seksi Hukum dan Informasi; serta Seksi Kepatuhan Internal.

Dalam melaksanakan tugasnya, KPKNL Tangerang II mempunyai fungsi:

1)   inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negara;

2)   registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

3)   registrasi penerimaan berkas, penetapan, penagihan, pengelolaan barang jaminan, eksekusi, pemeriksaan harta kekayaan milik penanggung hutang/penjamin hutang;

4)   penyiapan bahan pertimbangan atas permohonan keringanan jangka waktu dan/atau jumlah hutang, usul pencegahan dan penyanderaan penanggung hutang dan/atau penjamin hutang serta penyiapan data usul penghapusan piutang negara;

5)   pelaksanaan pelayanan penilaian;

6)   pelaksanaan pelayanan lelang;

7)   penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang;

8)   pelaksanaan penetapan dan penagihan piutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung hutang atau penjamin hutang dan eksekusi barang jaminan;

9)   pelaksanaan pemeriksaan barang jaminan milik penanggung hutang atau penjamin hutang serta harta kekayaan lain;

10) pelaksanaan bimbingan kepada Pejabat Lelang;

11) inventarisasi, pengamanan, dan pendayagunaan barang jaminan;

12) pelaksanaan pemberian pertimbangan dan bantuan hukum pengurusan piutang negara dan lelang;

13) verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan pelaksanaan administrasi KPKNL

 

KPKNL Tangerang II berusaha memberikan pelayanan di bidang pengelolaan kekayaan negara, piutang negara, dan lelang yang profesional dan bertanggung jawab kepada masyarakat dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Hal ini sesuai dengan visi KPKNL Tangerang II, yaitu ”Mengelola Kekayaan Negara Secara Profesional Dan Akuntabel Untuk Sebesar-Besar Kemakmuran Rakyat di Lingkungan KPKNL”. Pengertian profesional adalah pengelolaan kekayaan negara, penilaian, pengurusan piutang negara, dan pelayanan lelang dilaksanakan sesuai prosedur, norma waktu, standar profesi, dan standar keilmuan yang telah ditetapkan. Akuntabel adalah pengelolaan kekayaan negara, penilaian, pengurusan piutang negara, dan pelayanan lelang dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat adalah pengelolaan kekayaan negara, penilaian, pengurusan piutang negara, dan pelayanan lelang dilaksanakan untuk kepentingan negara dalam rangka mewujudkan kemakmuran rakyat, melalui: (i) optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran, dan efektivitas pengelolaan kekayaan negara, penilaian, pengurusan piutang negara, dan pelayanan lelang, (ii) peningkatan pembiayaan dalam negeri, serta (iii) integrasi pengelolaan kekayaan negara dengan penganggaran.

Untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan, maka Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tangerang II menetapkan misi, yaitu:

1)    Mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran, dan efektivitas pengelolaan kekayaan negara di wilayah kerja KPKNL Tangerang II.

2)    Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi, dan hukum di wilayah kerja KPKNL Tangerang II.

3)    Mewujudkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan.

4)    Melaksanakan pengurusan piutang negara yang efektif, efisien, transparan,dan akuntabel di wilayah kerja KPKNL Tangerang II.

5)    Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat di wilayah kerja KPKNL Tangerang II.





Dalam tatanan operasional visi dan misi tersebut akan terus diupayakan untuk dicapai. Untuk mencapai visi dan misi tersebut, KPKNL Tangerang II telah memberi motivasi dan arah kerja seluruh pegawai dengan motto ”OPTIMIS”. Jajaran KPKNL Tangerang II akan selalu optimis dalam melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) yang ada di wilayah kerja KPKNL Tangerang II.

OPTIMIS merupakan akronim dari Optimal, Profesionalisme, Transparan, Inovatif, Mumpuni, Integritas dan Sinergi.

·    Optimal, yaitu memberikan kemampuan dan keahlian terbaik dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder.

·    Profesionalisme, yaitu bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggungjawab dan komitmen tinggi.

·    Transparan, yaitu pelayanan dilaksanakan secara jelas (terbuka) dari segi prosedur/tatacara pelayanan, persyaratan pelayanan baik persyaratan teknis maupun administrasi, unit kerja dan pejabat yang berwenang dalam memberikan pelayanan, rincian biaya dan tata cara pembayaran, serta kepastian waktu penyelesaian sebagai upaya mewujudkan visi tata pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance).

·    Inovatif, yaitu kemampuan dan keahlian pegawai dalam menemukan hal yang baru/perubahan namun tetap berpegang pada peraturan yang berlaku.

·    Mumpuni, yaitu mampu melaksanan tugas dengan baik.

·    Integritas, yaitu berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.

·   Sinergi, yaitu membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas.

 


Wilayah Kerja
Peta Lokasi KPKNL Tangerang II
Alamat Kantor
Jalan Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Sukaasih, Tangerang
(021) 55771197,55771198
(021) 55771195
kpknlserpong@kemenkeu.go.id