Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pembangunan Zona Integritas KPKNL Tangerang II Telah Masuki Tahap Akhir
Rina Setyarini
Selasa, 12 November 2019   |   206 kali

Kamis (7/11), Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melaksanakan Penilaian Zona Integritas terhadap Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang II sebagai kantor dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. Penilaian  ini merupakan tahap akhir dari pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Tangerang II sejak pencanangannya pada 24 Januari 2019.

Kegiatan penilaian dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Tangerang II yang termasuk dalam tim koordinasi pembangunan Zona Integritas, sebagai kesempatan bagi kedua pihak untuk saling berdiskusi mengenai perkembangan Zona Integtritas yang telah dibangun oleh KPKNL Tangerang II dalam kurun waktu 11 bulan. Kabag. Administrasi dan Pelaporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Aan Syaiful Anbiya, salah satu anggota TPN dalam sambutannya mengungkapkan “Predikat Wilayah Bebas Korupsi ini adalah bonus dari apa yang telah kita kerjakan, terlepas dari tercapai atau tidaknya predikat tersebut, sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap memberikan yang terbaik kepada pengguna layanan dengan penuh Integritas.”

Kepala Kantor KPKNL Tangerang II, Tredi Hadiansyah dalam kesempatan ini memaparkan beberapa informasi terkait dengan capaian kinerja kantor dalam tahun berjalan, serta inovasi dan gebrakan yang dititikberatkan pada pelayanan kepada pengguna layanan yang menjadi poin penting dibangunnya Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi. Inovasi tersebut antara lain: percepatan standar waktu pelayanan dalam hal pemanfaatan dan pemindahtanganan Barang Milik Negara (BMN) dan percepatan standar waktu pelayanan untuk penyelesaian penetapan status penggunaan barang. “Seluruh inovasi waktu pelayanan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengguna layanan tanpa mengesampingkan sisi keamanan dan kesesuaian dengan prosedur,” ucapnya.  Selain itu, notifikasi dalam bentuk SMS Gateway juga diterapkan sehingga pengguna layanan dapat memperoleh informasi terkini terkait pelayanan yang diterima. KPKNL Tangerang II juga melakukan inovasi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan baik kepada pegawai dan pengguna layanan lewat penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Sebagai bentuk komitmen terhadap penguatan integritas, KPKNL Tangerang II telah menerapkan metode cashless dalam segala bentuk layanan untuk meminimalisir pertemuan dengan stakeholder sehingga pada akhirnya mengurangi adanya potensi benturan kepentingan. Selain itu, bentuk penguatan integritas juga dilakukan lewat media yang mengimbau pengguna layanan untuk tidak melakukan gratifikasi dalam bentuk apa pun pada saat menerima pelayanan di KPKNL Tangerang II

Dalam lingkup internal, komitmen terhadap penguatan integritas dilakukan melalui kegiatan briefing “Optimis Pagi dan Bimbingan Mental pegawai yang diharapkan dapat mempererat hubungan antar pegawai dalam organisasi untuk mencapai kinerja yang serta untuk menanamkan nilai-nilai kementerian keuangan dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari.  

Pada akhir kegiatan penilaian, Kepala Kantor KPKNL Tangerang II berharap, dengan adanya kegiatan pembangunan Zona Integritas ini dapat menjadi batu loncatan bagi KPKNL Tangerang II untuk menjadi kantor pelayanan dengan predikat Wilayah Bebas Korupsi menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini