Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Semarak 110 Tahun lelang Indonesia di Tangerang II
Sobarudin
Senin, 05 Maret 2018   |   230 kali

Tangerang - Penghujung bulan Februari 2018 menjadi momen tak terlupakan bagi seluruh insan lelang DJKN seluruh Indonesia, karena mulai 26 Februari hingga 2 Maret 2018, KPKNL di seluruh Indonesia memperingati 110 Tahun Lelang Indonesia. Tema yang diusung adalah “Modernisasi Lelang untuk Jual Beli yang Lebih Handal dan Terpercaya”.

Menurut sejarahnya, lelang di Indonesia dimulai sejak tahun 1908, dengan lahirnya peraturan lelang pada zaman Belanda, Vendu Reglement. Untuk menyemarakkannya, KPKNL Tangerang II berperan serta  dengan acara Auction Week, satu pekan penuh penyelenggaraan kegiatan terkait lelang.

Pada hari pertama Auction Week, (26/2/2018), kegiatan 110 Tahun Lelang Indonesia diawali dengan edukasi lelang yang dilakukan di depan para mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN jurusan Manajemen Aset dan Penilai. Edukasi yang dibawakan Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Fery Hidayat. Kegiatan ini berlangsung di Gedung B PKN STAN, Jurangmangu, Tangerang Selatan.   Fery membagi ilmu mengenai lelang mulai dari sejarah lelang di Indonesia, pengetahuan dasar mengenai lelang sampai dengan modernisasi lelang dalam era digital saat ini.

Hari kedua, (27/2/2018), dilaksanakan Lelang Expo di Summarecon Mal Serpong (SMS), salah satu pusat perbelanjaan yang berlokasi di Summarecon Serpong, kota mandiri yang terletak di Kelapa Dua, Tangerang, Banten. Dalam Lelang Expo yang diselenggarakan di Lobby Unity, salah satu area di gedung SMS ini, diadakan pengenalan lelang di depan para pengunjung  SMS, sekaligus peragaan pelaksanaan lelang e-Auction.

Lelang yang diperagakan adalah Lelang Barang Milik Daerah atas permohonan Pemerintah Kabupaten Tangerang berupa lima unit kendaraan roda empat, dan Lelang Barang Rampasan KPK berupa empat kendaraan roda empat yang dalam hal ini dilaksanakan oleh KPKNL Tangerang I. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dan KPKNL Tangerang I.

Pusat perbelanjaan yang letaknya sangat strategis di wilayah Tangerang ini dipilih mengingat SMS termasuk mall favorit dan banyak dikunjungi warga Tangerang dan sekitarnya. Beberapa stakeholder dari perbankan juga turut hadir memeriahkan acara Lelang Expo ini. Acara yang berlangsung sejak pagi hingga menjelang sore hari tesebut cukup meriah, karena konsep acara yang tidak membosankan dengan diselingi music dari band lokal yang menghibur pengunjung. 

Pada hari ketiga, (28/2/2018) diadakan Lelang Sukarela dengan obyek berupa Ayam Cemani, milik anggota Koperasi Tani dan Ternak Makukuhan Mandiri Desa Kedu, Temanggung, Jawa Tengah. Acara yang diselenggarakan di BSD Junction Mall, BSD ini bekejasama dengan KPKNL Tangerang I.

Hari keempat, (1/3/2018), KPKNL Tangerang II menutup kegiatan Auction Week dengan melakukan Sosialisasi PP Nomor 3 Tahun 2018, e-auctione-conventional dan Focus Group Discussion dengan Bank Perkreditan Rakyat yang tergabung dalam Perbarindo perwakilan DKI Jakarta. FGD yang mengusung tema mengenai Lelang Hak Tanggungan tersebut  diselenggarakan di Aula KPKNL Tangerang II.

Diharapkan Acara Auction Week di KPKNL Tangerang II yang dilakukan dalam rangka memeriahkan 110 tahun Lelang di Indonesia, dapat menjadi perhatian masyarakat sehingga lelang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu sarana jual beli yang handal dan terpercaya.

(Team HI KPKNL Tangerang II)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini