Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Terus Tingkatkan dan Evaluasi Kinerja
N/a
Jum'at, 07 Agustus 2015   |   660 kali

Tangerang – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tangerang kembali menjadi tuan rumah event penting di lingkungan Kanwil DJKN Banten. Kali ini diselenggarakan Rapat Evaluasi Capaian Kinerja sampai dengan Bulan Juli 2015 (6/8). Rapat dihadiri seluruh Kepala Bidang, para Kepala KPKNL, para Kepala Seksi, dan beberapa staf pada seksi-seksi terkait pada Kanwil DJKN Banten, KPKNL Serang, KPKNL Tangerang, dan KPKNL Serpong.

Rapat dibuka oleh Kakanwil DJKN Banten Nur Purnomo. Dalam sambutannya Nur Purnomo menyatakan bahwa sedianya kegiatan ini aktif diadakan setiap 3 bulan sekali. “Rapat semacam ini menjadi momen penting bagi jajaran Kanwil DJKN Banten untuk memonitor pelaksanaan evaluasi pencapaian kinerja yang telah ditetapkan pada rapat-rapat sebelumnya seperti Rapat Kerja Daerah atau forum-forum lainnya sekaligus mengawal percepatan pencapaian hal-hal yang akhir-akhir ini harus segera dilakukan,” tandasnya.

Nur Purnomo menambahkan bahwa ia perlu menyampaikan beberapa poin penting yang didapatnya dari Rapat tanggal 28 s.d. 31 Juli 2015 bersama Menteri Keuangan dan Direktur Jenderal. Rapat yang bersamaan dengan pencanangan Digital Day DJKN tersebut meningkatkan awareness seluruh jajaran DJKN dan unit eselon 1 lainnya di lingkungan Kementerian Keuangan akan pentingnya inovasi,  kolaborasi, dan sinergi. Salah satu sasaran penting dalam mewujudkan hal itu adalah percepatan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka pembenahan proses bisnis, layanan, dan peningkatan kinerja. Selain sabagai tools yang memudahkan peningkatan kinerja organisasi, menurut Nur Purnomo TI juga akan bermanfaat dalam melaksanakan audit kinerja di masa mendatang. “ Telah dipikirkan oleh pimpinan kita mengenai proses pemantauan kinerja berbasis TI, sehingga penilaian kinerja dan perilaku pegawai dapat dilakukan dengan lebih cermat,“ papar Nur Purnomo.

Dijelaskannya pula bahwa saat ini kegiatan co-location masih serius dijalankan. Walau unit kerja di lingkungan Kanwil DJKN Banten belum mendapat giliran, ia mengingatkan bahwa Menteri Keuangan telah menegaskan komitmennya meneruskan kegiatan yang merupakan bagian dari transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan itu. “Setiap pegawai di lingkungan Kanwil DJKN harus senantiasa sadar akan pentingnya upaya pengembangan dan peningkatan kapasitas diri menyambut momen transformasi kelembagaan dimaksud,“ katanya mengingatkan.

Berita menggembirakan sekaligus membawa atmosfer tantangan bagi jajaran kantor operasional di daerah adalah terkait komitmen Direktur Jenderal untuk membebaskan Kantor Pusat dari tugas-tugas operasional. Hal ini selain akan lebih menggairahkan pelaksanaan tugas kantor-kantor operasional di lingkungan Kanwil DJKN Banten, juga akan memberikan tambahan tanggung jawab yang besar. Namun demikian, Nur Purnomo mengingatkan, “Seberat apapun tanggung jawab itu, jika kita pikul bersama Insya Alloh akan selalu ada jalan keluar,“ imbuhnya.

Rapat kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan dari bidang-bidang terkait pencapaian kinerja dan solusi permasalahan. Bidang Kepatuhan Internal Hukum Informasi (KIHI) mengawali pemaparannya dengan menampilkan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) masing-masing Kantor di lingkungan Kanwil DJKN Banten sampai dengan tanggal 31 Juli 2015. Peringkat pertama dicapai Kanwil Banten dengan angka NKO 113, KPKNL Tangerang dengan NKO 108, KPKNL Serpong dengan NKO 105, dan KPKNL Serang dengan NKO 103. Kabid KIHI juga mengingatkan kewajiban pengisian E-Performance yang harus diselesaikan dalam bulan Agustus ini dalam rangka penilaian perilaku pegawai.

Kepala-kepala Bidang lainnya melanjutkan dengan pemaparan terkait permasalahan yang dihadapi dan usulan solusi diikuti dengan tanggapan dari para Kepala KPKNL mengenai rencana aksi dalam rangka pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) yang masih berstatus merah. Diskusi kemudian berkembang membahas hampir semua permasalahan aktual yang dihadapi baik oleh Kanwil maupun oleh KPKNL, urun rembug dan saling memberikan masukan konstruktif demi tercapainya tujuan secara clean and clear.

Kepala Kanwil DJKN Banten Nur Purnomo mengaku senang dengan pelaksanaan rapat evaluasi capaian kinerja ini. Dia menilai diskusi telah berjalan konstruktif, masukan saran serta penetapan solusi juga telah berlangsung secara efektif. Role Model semacam ini selayaknya dapat dilanjutkan lebih baik lagi di masa mendatang. Kemudian dengan mengucap syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, ia menutup kegiatan rapat ini. (Penulis/foto: Akhmad Abrori/Seksi HI/Seksi KI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini