Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kerja Keras, Kerja Cerdas, Sertipikasi Tuntas
Evi Rahmawati
Rabu, 12 Januari 2022   |   155 kali

Rapat Persiapan Sertipikasi BMN berupa Tanah TA 2022

Rabu, 12 Januari 2022. Rapat dipimpin oleh Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan  Direktur Pengaturan Tanah Pemerintah Kementerian ATR/BPN. Pokok bahasan utama menitikberatkan pada kegiatan pensertipikatan di seluruh satuan kerja yang telah ditetapkan dengan target sertipikasi BMN yaitu :

1. Tanah yang belum Bersertipikat, tetapi masih bersertipikat lainnya (an. Pihak Ketiga dan /atau pihak lainnya),

2. Tanah yang sudah Bersertipikat Tetapi Belum Sesuai Ketentuan

Sebagai gambaran awal usulan nominatif tersebar di Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN)  seluruh Indonesia. Target yang nominatif yang berisikan bidang bidang tanah yang belum bersertifikat / bersertifikat belum sesuai ketentuan sebanyak 23.713 bidang tanah dan akan tersebar ke seluruh 440 kantor pertanahan. Target nominatif disandingkan dengan Target Dan Realisasi Pensertipikatan BMN Tahun 2022 pada DJKN di angka 32.268, dengan selisih yang masih berada di angka ribuan menjadi tantangan tersendiri dalam program pensertipikatan.

Target tahun ini diharapkan paling lambat pada kwartal pertama seluruh permohonan sudah lengkap.”, tegas Encep Sudarwan,Direktur Barang Milik Negara. Sehubungan dengan arahan dalam rapat, KPKNL diharapkan mendorong satuan kerja di wilayah kerjanya untuk segera melengkapi seluruh kelengkapan administrasi tanpa terkecuali. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004, Pasal 49 ayat 1 disebutkan “ Seluruh Barang Milik Negara / Daerah berupa tanah yang dikuasai Pemerintah Pusat/Daerah harus disertifikatkan atas nama pemerintah Republik Indonesia/Pemerintah Daerah yang bersangkutan. Pengolahan data diharapkan lebih tepat dan akurat. Pada tanggal 13 Januari 2022 KPKNL Tangerang I akan melaksanakan kegiatan  Rapat Persiapan Percepatan Program Sertipikasi Tanah Tahun Anggaran 2022, kegiatan serupa akan diselenggarakan sebagai serangkaian kegiatan Persiapan Pensertipikatan BMN Berupa Tanah Tahun Anggaran 2022. Yang menjadi pe er DJKN adalah menuntaskan program sertipikasi 2022 dengan baik. Koordinasi antar satker dan KPKNL menjadi kunci pokok dan upaya awal persiapan sertipikasi BMN berupa tanah TA 2022, termasuk didalamnya penganggaran dan implementasi pensertipikatan tanah bersertipikat yang belum sesuai ketentuan (BBSK).

Dengan meningkatkan sinergi antar institusi, dan dengan semangat Kerja Keras, Kerja Cerdas Sertipikasi 2022 optimis Tuntas.

 

#SalamTekad

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini