Membidik Pengguna Layanan
pada Seksi Pelayanan Lelang, KPKNL Tangerang I melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) pada hari Selasa, tanggal 12 Agustus 2020
bertempat di ruang rapat virtual KPKNL Tangerang I dengan mengusung tema
Evaluasi Capaian Hasil Lelang Perbankan Semester I dan Implementasi Permohonan
Lelang Online.
KPKNL Tangerang I menggelar
FGD dalam rangka membangun kedekatan (intimacy) dengan stakeholder sebagai salah satu bagian
proses menjadi unit percontohan yang
mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja
tinggi, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas menuju Unit berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).
Tuntutan peningkatan
Pelayanan Publik pada suasana wabah COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi
pegawai KPKNL Tangerang I, di saat mata tertuju pada Rapat Kerja Nasional DJKN
terkait Pemulihan Ekonomi Nasional, KPKNL Tangerang I tetap menggelar FGD sesuai jadwal semula dengan atusiasme yang tinggi dari para peserta yang berasal dari
sektor Perbankan Nasional dan Swasta serta Balai Lelang.
Acara dimulai dengan
pembukaan dari Kepala KPKNL Tangerang I, Mas Agus Subakti yang dalam
sambutannya mengatakan bahwa imbas Pandemi COVID-19 telah membawa banyak
perubahan tidak terkecuali perubahan pada pola kerja di KPKNL Tangerang I
termasuk pelaksanaan lelang dan acara FGD yang diharapkan walaupun berlangsung
secara daring namun tidak mengurangi makna dan esensi pelaksanaannya.
Perubahan-perubahan yang
terjadi ternyata tidak merubah jumlah permohonan lelang yang masuk ke KPKNL
Tangerang I, demikian halnya target KPKNL Tangerang I yang tetap mengalami
kenaikan, namun diketahui hasil capaian lelang terjadi penurunan dibandingkan
tahun lalu. Hal ini lebih lanjut dikemukakan oleh Kepala KPKNL Tangerang I
sebagai perhatian penting bagi peserta FGD.
Selanjutnya Ujang Ramli Indradi selaku Kepala Seksi Pelayanan
Lelang menyampaikan capaian hasil lelang
pada Semester I Tahun 2020 dari masing-masing perusahan di sektor Perbankan
dibandingkan dengan capaian pada semester yang sama di Tahun 2019 dengan
rincian terkait kontribusi pokok lelang, bea lelang, kuantitas dan prosentase
lelang laku untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi baik dari pelayanan
KPKNL Tangerang I maupun dari pihak Perbankan agar pencapaian kedepannya lebih
baik.
Sebagai
inovasi unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara terutama di Era New Normal
diperkenalkan Permohonan Lelang Online yang
merupakan salah satu modul pada Portal Lelang Indonesia
yang terintegrasi dalam Sistem Manajemen dan Informasi Lelang Elektronik
(SMILE) sebagai bentuk implementasi Teknologi
Informasi Komunikasi (TIK) dalam penyediaan
fasilitas layanan data dan informasi bagi seluruh stakeholder dan
masyarakat pengguna jasa lelang. Modul ini digunakan untuk menfasilitasi
pemohon lelang (pihak perbankan, balai lelang, seluruh stakeholder dan
masyarakat pengguna jasa lelang) dalam mengajukan permohonan lelang secara
digital.
Pada
akhir FGD, dibuka sesi tanya jawab dan keluhan, sehingga terjadi komunikasi dua
arah baik dari sisi KPKNL Tangerang I sebagai penyedia layanan maupun dari sisi peserta FGD sebagai pengguna layanan yang pada akhirnya menambah pemahaman dan
kepuasan dari stakeholder atas kinerja KPKNL Tangerang I.
Selanjutnya disampaikan juga terkait layanan SIAP (Sistem Informasi dan Antrian Prioritas) yang selalu siap melayani konsultasi dan keluhan para pengguna layanan KPKNL Tangerang I di nomor WhatsApp 08881488019.
Salam TEKAD !!!