Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum Group Discussion, Membangun Intimacy untuk Produktivitas Lelang
Syam Anugrah
Rabu, 12 Agustus 2020   |   193 kali

Membidik Pengguna Layanan pada Seksi Pelayanan Lelang, KPKNL Tangerang I melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) pada hari Selasa, tanggal 12 Agustus 2020 bertempat di ruang rapat virtual KPKNL Tangerang I dengan mengusung tema Evaluasi Capaian Hasil Lelang Perbankan Semester I dan Implementasi Permohonan Lelang Online.

KPKNL Tangerang I menggelar FGD dalam rangka membangun kedekatan (intimacy) dengan stakeholder sebagai salah satu bagian proses menjadi unit percontohan yang mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas menuju Unit berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Tuntutan peningkatan Pelayanan Publik pada suasana wabah COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi pegawai KPKNL Tangerang I, di saat mata tertuju pada Rapat Kerja Nasional DJKN terkait Pemulihan Ekonomi Nasional, KPKNL Tangerang I tetap menggelar FGD sesuai jadwal semula dengan atusiasme yang tinggi dari para peserta yang berasal dari sektor Perbankan Nasional dan Swasta serta Balai Lelang.

Acara dimulai dengan pembukaan dari Kepala KPKNL Tangerang I, Mas Agus Subakti yang dalam sambutannya mengatakan bahwa imbas Pandemi COVID-19 telah membawa banyak perubahan tidak terkecuali perubahan pada pola kerja di KPKNL Tangerang I termasuk pelaksanaan lelang dan acara FGD yang diharapkan walaupun berlangsung secara daring namun tidak mengurangi makna dan esensi pelaksanaannya.

Perubahan-perubahan yang terjadi ternyata tidak merubah jumlah permohonan lelang yang masuk ke KPKNL Tangerang I, demikian halnya target KPKNL Tangerang I yang tetap mengalami kenaikan, namun diketahui hasil capaian lelang terjadi penurunan dibandingkan tahun lalu. Hal ini lebih lanjut dikemukakan oleh Kepala KPKNL Tangerang I sebagai perhatian penting bagi peserta FGD.

Selanjutnya Ujang Ramli Indradi selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang menyampaikan capaian hasil lelang pada Semester I Tahun 2020 dari masing-masing perusahan di sektor Perbankan dibandingkan dengan capaian pada semester yang sama di Tahun 2019 dengan rincian terkait kontribusi pokok lelang, bea lelang, kuantitas dan prosentase lelang laku untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi baik dari pelayanan KPKNL Tangerang I maupun dari pihak Perbankan agar pencapaian kedepannya lebih baik.

Sebagai inovasi unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara terutama di Era New Normal diperkenalkan Permohonan Lelang Online yang merupakan salah satu modul pada Portal Lelang Indonesia yang terintegrasi dalam Sistem Manajemen dan Informasi Lelang Elektronik (SMILE) sebagai bentuk implementasi  Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam penyediaan fasilitas layanan data dan informasi bagi seluruh stakeholder dan masyarakat pengguna jasa lelang. Modul ini digunakan untuk menfasilitasi pemohon lelang (pihak perbankan, balai lelang, seluruh stakeholder dan masyarakat pengguna jasa lelang) dalam mengajukan permohonan lelang secara digital.

Pada akhir FGD, dibuka sesi tanya jawab dan keluhan, sehingga terjadi komunikasi dua arah baik dari sisi KPKNL Tangerang I sebagai penyedia layanan maupun dari sisi peserta FGD sebagai pengguna layanan yang pada akhirnya menambah pemahaman dan kepuasan dari stakeholder  atas kinerja KPKNL Tangerang I.

Selanjutnya disampaikan juga terkait layanan SIAP (Sistem Informasi dan Antrian Prioritas) yang selalu siap melayani konsultasi dan keluhan para pengguna layanan KPKNL Tangerang I di nomor WhatsApp 08881488019.

Salam TEKAD !!!






Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini