Tangerang (26/12/2019) – Tahun 2019
menyisakan beberapa hari lagi, 2020 siap menghampiri. Rasanya baru kemarin
melewati tanggal 1 Januari, dalam beberapa hari kedepan 1 Januari yang lain
akan segera dihadapi. Satu tahun terasa begitu cepat bagi seluruh pegawai KPKNL
Tangerang I yang telah melaluinya dengan agenda yang cukup padat. Belum cukup
mengambil nafas setelah berhasil meraih Kantor Berpredikat Zona Integritas
Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara
dan Reformasi Birokrasi pada akhir tahun 2018, di awal tahun 2019 kembali menjadi
tahun yang penuh tantangan bagi KPKNL Tangerang I, baik secara target kinerja
maupun kegiatan di luar tugas pokok dan fungsi yang harus diikuti oleh KPKNL
Tangerang I diawali dengan mengikuti Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender
(PUG), berlanjut dengan Lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) dan Lomba
Pengelolaan Arsip. Dari ketiga lomba tersebut seluruhnya berhasil sampai ke
tahap final. Terbaru, KPKNL Tangerang I memperoleh penghargaan sebagai Kantor Terbaik
dalam Realisasi Anggaran tahun 2019 dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara
(KPPN) Tangerang.
Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG)
Lomba Implementasi PUG menjadi awal
bagi KPKNL Tangerang I dalam melanjutkan langkah ‘penyempurnaan’ setelah meraih
predikat WBK di tahun 2018. Dalam lomba yang dihelat di lingkungan DJKN ini,
KPKNL Tangerang I melakukan berbagai inovasi baik dalam bentuk program,
kebijakan, maupun sarana prasarana.
Dalam bentuk program, KPKNL Tangerang
I membuat inovasi berupa makan siang bersama setiap hari selasa dan rabu dengan
tajuk “ngariung bareng”. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tidak ada lagi
pegawai yang melakukan kegiatan makan siang di dalam ruangan kerja yang bisa
membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman dikarenakan kotor dan aroma tidak
sedap. Ngariung Bareng ini juga menjadikan suasana kebersamaan di antara para
pegawai jadi semakin terasa. Bahkan dengan Ngarius Bareng, pegawai bisa lebih
mengefektifkan waktu makan siangnya. Program selanjutnya yaitu kegiatan rutin
Jumat Sehat di mana pegawai KPKNL Tangerang I melakukan olahraga rutin setiap
jumat pagi demi mewujudkan “work life
balance”. Masih dalam usaha mewujudkan work
life balance, KPKNL Tangerang I bekerja sama dengan PT. Kimia Farma
(Persero) secara rutin mengadakan cek kesehatan (mata, tensi, gula darah, asam
urat dan kulit) dan pap smear gratis untuk seluruh pegawai dan stakeholder. Selain itu ada juga program Day Care lebaran yang dilaksanakan 3 hari sebelum dan 2 hari
setelah libur lebaran untuk mengantisipasi ketiadaan Asisten Rumah Tangga (ART),
sehingga menjaga ketenangan para pegawai yang memiliki anak di bawah 7 tahun
dalam bekerja.
Dalam bentuk kebijakan, KPKNL
Tangerang I membuat inovasi berupa aplikasi Sistem Informasi dan Antrian
Prioritas (SIAP) dengan tagline “SIAP
melayani dalam satu genggaman” merupakan aplikasi berbasis Whatsapp Bisnis yang bermula dari keinginan KPKNL Tangerang I untuk
melayani stakeholder dan masyarakat
dengan cepat dan tepat, karena di zaman teknologi sekarang ini terdapat
pergeseran perilaku manusia yang lebih suka berinteraksi dan bersosialisasi
melalui gadget-nya. Terdapat lima
fitur utama yang dapat dimanfaatkan melalui nomor Whatsapp 08 111 54 51 58 yaitu layanan informasi, layanan
pengaduan, layanan permohonan, layanan antrian dan layanan konsultasi. Aplikasi
SIAP telah mengimplementasikan PUG, yaitu dengan memfasilitasi pendaftaran antrian
prioritas bagi stakeholder
berkebutuhan khusus. Stakeholder dengan kebutuhan tertentu
akan mendapatkan fasilitas layanan sesuai kebutuhannya.
Perubahan tidak hanya dari sisi
teknologi saja, dari sisi sarana dan prasarana KPKNL Tangerang I juga melakukan
perbaikan beberapa fasilitas yang ada, di antaranya adalah ruang ramah anak, ruang
laktasi, coffee corner, kursi tunggu
prioritas, jalan khusus disabilitas, pojok infomasi dan fasilitas khusus
disabilitas di dalam toilet.
Dari berbagai inovasi yang telah
dilakukan, KPKNL Tangerang I berhasil mencapai babak final bersama dengan KPKNL
Medan dan KPKNL Tasikmalaya.
Lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT)
Belum lama dari selesainya penilaian lomba
PUG, KPKNL Tangerang I yang ditunjuk sebagai perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil)
DJKN Banten dalam mengikuti Lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) 2019 harus
mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tim Penilai KPT Kementerian Keuangan.
KPT merupakan perlombaan di mana penilaiannya menitikberatkan kepada kualitas
pelayanan kepada stakeholder. Dalam
lomba KPT ini KPKNL Tangerang I membuat beberapa inovasi baru dan penyempurnaan
dari yang sudah ada sebelumnya.
KPKNL Tangerang I melakukan penyempurnaan
dalam aplikasi Sistem Informasi dan Antrian Prioritas (SIAP). Melalui SIAP, stakeholder dimudahkan dalam mengambil
nomor antrian layanan sehingga memungkinkan stakeholder
bisa langsung dilayani saat sudah sampai di Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL
Tangerang I. Selain Fitur Antrian Online, SIAP juga dilengkapi dengan Fitur
Layanan Informasi, Layanan Permohonan, Layanan Pengaduan dan Layanan
Konsultasi. Melalui fitur-fitur tersebut, Stakeholder
bisa mengetahui berbagai informasi melalui SIAP, salah satunya adalah berbagai
persyaratan yang harus dilengkapi dalam setiap layanan yang diberikan oleh
KPKNL Tangerang I. Selain itu, stakeholder
juga bisa mengajukan pertanyaan jika tidak memahami informasi yang tersedia
atau pertanyaan lain terkait pelayanan di KPKNL Tangerang I dan akan segera
dijawab oleh pegawai yang terkait. Penyempurnaan yang lain dilakukan di layanan
Pojok Informasi. Kini stakeholder
bisa memanfaatkan pojok informasi untuk mendapatkan pelayanan secara mandiri
terkait kebutuhan informasi dan akses menuju Website Layanan KPKNL Tangerang I. Yang terakhir, penyempurnaan
dilakukan pada aplikasi Penatausahaan BKPN yang memudahkan pegawai dalam
pengelolaan arsip BKPN. Aplikasi internal ini memudahkan pengelolaan dan penatausahaan BKPN dalam
rangka mempercepat pencarian arsip dan lebih akuntabel dalam pengelolaan
peminjaman BKPN.
Inovasi juga dilakukan dalam
percepatan layanan melalui pemangkasan waktu pada beberapa layanan yang ada di
KPKNL Tangerang I, yaitu Layanan permohonan penetapan jadwal lelang dari 2 hari
menjadi 1 hari, Layanan permohonan laporan penilaian pemanfaatan sewa BMN dari
25 hari menjadi 20 hari, Layanan permohonan Penetapan Status Penggunaan (PSP)
BMN dari 5 hari menjadi 3 hari, Layanan permohonan Pemanfaatan BMN dari 15 hari
menjadi 10 hari.
Sebagai KPKNL yang telah meraih
predikat Wilayah Bebas Korupsi, KPKNL Tangerang I telah menerapkan penyetoran
Hasil Bersih Lelang (HBL) via RTGS internet banking yang memungkinkan
penyetoran HBL terjadi tanpa pertemuan Bendahara dan Pemohon Lelang sehingga dapat
mengurangi peluang terjadinya fraud.
Cara ini juga dapat mempercepat proses penyetoran HBL dan meniadakan biaya
pembelian buku cek.
Selain yang sudah disebutkan di atas,
kesiapan KPKNL Tangerang I untuk menjadi Kantor Pelayanan Terbaik didukung oleh
berbagai inovasi yang telah dilakukan yang tentunya sangat berpengaruh pada
peningkatan kualitas pelayanan kepada stakeholder.
Atas berbagai usaha yang telah dilakukan, KPKNL Tangerang I berhasil lolos
sampai putaran final di mana pada tahap ini menyisakan tiga kantor terbaik
yaitu KPKNL Tangerang I, KPKNL Singkawang dan KPKNL Tarakan. Dari hasil
penilaian akhir juri, KPKNL Tangerang I berhasil menjadi Kantor Pelayanan
Terbaik Ke-dua di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara – Kementerian
Keuangan Tahun 2019, penghargaan langsung diberikan oleh Ibu Menteri Keuangan
Sri Mulyani Indrawati pada Upacara Hari Oeang ke-73.
Lomba Pengelolaan Arsip
Sebagai kantor pelayanan yang
memiliki tusi di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Piutang Negara, Pelayanan
Penilaian dan Pelayanan Lelang, merupakan hal wajib jika memiliki sistem
pengelolaan arsip yang baik. Arsip yang dikelola dengan baik akan aman dari
kerusakan dan kehilangan, mudah saat dicari, dan nyaman saat dipandang. Hal
pertama yang dilakukan yaitu mengelompokkan arsip bedasarkan jenisnya, diurutkan
berdasarkan tahun pembuatannya serta diletakkan di dalam dus yang rapi. Masing-masing
dus diberikan keterangan nomor dus dan jenis dokumen. Penulisan jenis dokumen
dimaksudkan agar dokumen lain tidak dimasukkan ke dalam dus tersebut. Langkah
selanjutnya adalah membuat sistem pengelolaannya, yaitu dengan membuat suatu
sistem aplikasi yang diberi nama ALDo (Aplikasi Layanan manajemen arsip dan
Dokumen). Fitur yang ada di aplikasi ALDo membuat arsip atau dokumen termonitor
dari semenjak pembuatannya, masa aktif dan inaktif sampai dengan rekomendasi
pemusnahannya. Dengan bantuan ALDo, arsip yang ada mudah dikelola, aman dan
mudah dicari saat dibutuhkan. Walaupun belum berhasil menjadi juara, tapi
manfaat yang dirasakan sangat besar karena mempermudah pegawai dalam mengelola
arsip.
Selain dari berbagai perlombaan
diatas, pada Bulan Desember, KPKNL Tangerang I telah ditetapkan sebagai penerima
penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik di wilayah KPPN
Tangerang yang membawahi 137 satuan kerja. IKPA adalah indikator yang
ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) untuk
mengukur kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara atau Lembaga
dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran dan
kepatuhan terhadap regulasi, dengan nilai
IKPA yang didapatkan sangat baik yaitu mencapai nilai 99,05 hal ini menegaskan
bahwa KPKNL Tangerang I memberikan perhatian yang serius terhadap kualitas pelaksanaan
anggaran belanja.
Berbagai prestasi yang diraih
menjelaskan bahwa segenap pegawai KPKNL Tangerang I telah mengubah stigma
Pegawai Negeri Sipil sebagai Zona Nyaman menjadi Zona Kompetitif dalam
memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh sebab itu, KPKNL Tangerang I siap
menyongsong tahun 2020 dengan semangat penuh TEKAD untuk menjadi Kantor
berpredikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).