Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kaleidoskop KPKNL Tangerang I 2019 "Semakin Bersinergi, Semakin Berprestasi"
Ari Indriawan
Jum'at, 27 Desember 2019   |   225 kali

Tangerang (26/12/2019) – Tahun 2019 menyisakan beberapa hari lagi, 2020 siap menghampiri. Rasanya baru kemarin melewati tanggal 1 Januari, dalam beberapa hari kedepan 1 Januari yang lain akan segera dihadapi. Satu tahun terasa begitu cepat bagi seluruh pegawai KPKNL Tangerang I yang telah melaluinya dengan agenda yang cukup padat. Belum cukup mengambil nafas setelah berhasil meraih Kantor Berpredikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada akhir tahun 2018, di awal tahun 2019 kembali menjadi tahun yang penuh tantangan bagi KPKNL Tangerang I, baik secara target kinerja maupun kegiatan di luar tugas pokok dan fungsi yang harus diikuti oleh KPKNL Tangerang I diawali dengan mengikuti Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG), berlanjut dengan Lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) dan Lomba Pengelolaan Arsip. Dari ketiga lomba tersebut seluruhnya berhasil sampai ke tahap final. Terbaru, KPKNL Tangerang I memperoleh penghargaan sebagai Kantor Terbaik dalam Realisasi Anggaran tahun 2019 dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tangerang.

Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG)

Lomba Implementasi PUG menjadi awal bagi KPKNL Tangerang I dalam melanjutkan langkah ‘penyempurnaan’ setelah meraih predikat WBK di tahun 2018. Dalam lomba yang dihelat di lingkungan DJKN ini, KPKNL Tangerang I melakukan berbagai inovasi baik dalam bentuk program, kebijakan, maupun sarana prasarana.

Dalam bentuk program, KPKNL Tangerang I membuat inovasi berupa makan siang bersama setiap hari selasa dan rabu dengan tajuk “ngariung bareng”. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tidak ada lagi pegawai yang melakukan kegiatan makan siang di dalam ruangan kerja yang bisa membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman dikarenakan kotor dan aroma tidak sedap. Ngariung Bareng ini juga menjadikan suasana kebersamaan di antara para pegawai jadi semakin terasa. Bahkan dengan Ngarius Bareng, pegawai bisa lebih mengefektifkan waktu makan siangnya. Program selanjutnya yaitu kegiatan rutin Jumat Sehat di mana pegawai KPKNL Tangerang I melakukan olahraga rutin setiap jumat pagi demi mewujudkan “work life balance”. Masih dalam usaha mewujudkan work life balance, KPKNL Tangerang I bekerja sama dengan PT. Kimia Farma (Persero) secara rutin mengadakan cek kesehatan (mata, tensi, gula darah, asam urat dan kulit) dan pap smear gratis untuk seluruh pegawai dan stakeholder. Selain itu ada juga program Day Care lebaran yang dilaksanakan 3 hari sebelum dan 2 hari setelah libur lebaran untuk mengantisipasi ketiadaan Asisten Rumah Tangga (ART), sehingga menjaga ketenangan para pegawai yang memiliki anak di bawah 7 tahun dalam bekerja.

Dalam bentuk kebijakan, KPKNL Tangerang I membuat inovasi berupa aplikasi Sistem Informasi dan Antrian Prioritas (SIAP) dengan tagline “SIAP melayani dalam satu genggaman” merupakan aplikasi berbasis Whatsapp Bisnis yang bermula dari keinginan KPKNL Tangerang I untuk melayani stakeholder dan masyarakat dengan cepat dan tepat, karena di zaman teknologi sekarang ini terdapat pergeseran perilaku manusia yang lebih suka berinteraksi dan bersosialisasi melalui gadget-nya. Terdapat lima fitur utama yang dapat dimanfaatkan melalui nomor Whatsapp 08 111 54 51 58 yaitu layanan informasi, layanan pengaduan, layanan permohonan, layanan antrian dan layanan konsultasi. Aplikasi SIAP telah mengimplementasikan PUG, yaitu dengan memfasilitasi pendaftaran antrian prioritas bagi stakeholder berkebutuhan khusus. Stakeholder dengan kebutuhan tertentu akan mendapatkan fasilitas layanan sesuai kebutuhannya.

Perubahan tidak hanya dari sisi teknologi saja, dari sisi sarana dan prasarana KPKNL Tangerang I juga melakukan perbaikan beberapa fasilitas yang ada, di antaranya adalah ruang ramah anak, ruang laktasi, coffee corner, kursi tunggu prioritas, jalan khusus disabilitas, pojok infomasi dan fasilitas khusus disabilitas di dalam toilet.

Dari berbagai inovasi yang telah dilakukan, KPKNL Tangerang I berhasil mencapai babak final bersama dengan KPKNL Medan dan KPKNL Tasikmalaya.

Lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT)

Belum lama dari selesainya penilaian lomba PUG, KPKNL Tangerang I yang ditunjuk sebagai perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Banten dalam mengikuti Lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) 2019 harus mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tim Penilai KPT Kementerian Keuangan. KPT merupakan perlombaan di mana penilaiannya menitikberatkan kepada kualitas pelayanan kepada stakeholder. Dalam lomba KPT ini KPKNL Tangerang I membuat beberapa inovasi baru dan penyempurnaan dari yang sudah ada sebelumnya.

KPKNL Tangerang I melakukan penyempurnaan dalam aplikasi Sistem Informasi dan Antrian Prioritas (SIAP). Melalui SIAP, stakeholder dimudahkan dalam mengambil nomor antrian layanan sehingga memungkinkan stakeholder bisa langsung dilayani saat sudah sampai di Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Tangerang I. Selain Fitur Antrian Online, SIAP juga dilengkapi dengan Fitur Layanan Informasi, Layanan Permohonan, Layanan Pengaduan dan Layanan Konsultasi. Melalui fitur-fitur tersebut, Stakeholder bisa mengetahui berbagai informasi melalui SIAP, salah satunya adalah berbagai persyaratan yang harus dilengkapi dalam setiap layanan yang diberikan oleh KPKNL Tangerang I. Selain itu, stakeholder juga bisa mengajukan pertanyaan jika tidak memahami informasi yang tersedia atau pertanyaan lain terkait pelayanan di KPKNL Tangerang I dan akan segera dijawab oleh pegawai yang terkait. Penyempurnaan yang lain dilakukan di layanan Pojok Informasi. Kini stakeholder bisa memanfaatkan pojok informasi untuk mendapatkan pelayanan secara mandiri terkait kebutuhan informasi dan akses menuju Website Layanan KPKNL Tangerang I. Yang terakhir, penyempurnaan dilakukan pada aplikasi Penatausahaan BKPN yang memudahkan pegawai dalam pengelolaan arsip BKPN. Aplikasi internal ini memudahkan pengelolaan dan penatausahaan BKPN dalam rangka mempercepat pencarian arsip dan lebih akuntabel dalam pengelolaan peminjaman BKPN.

Inovasi juga dilakukan dalam percepatan layanan melalui pemangkasan waktu pada beberapa layanan yang ada di KPKNL Tangerang I, yaitu Layanan permohonan penetapan jadwal lelang dari 2 hari menjadi 1 hari, Layanan permohonan laporan penilaian pemanfaatan sewa BMN dari 25 hari menjadi 20 hari, Layanan permohonan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN dari 5 hari menjadi 3 hari, Layanan permohonan Pemanfaatan BMN dari 15 hari menjadi 10 hari.

Sebagai KPKNL yang telah meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi, KPKNL Tangerang I telah menerapkan penyetoran Hasil Bersih Lelang (HBL) via RTGS internet banking yang memungkinkan penyetoran HBL terjadi tanpa pertemuan Bendahara dan Pemohon Lelang sehingga dapat mengurangi peluang terjadinya fraud. Cara ini juga dapat mempercepat proses penyetoran HBL dan meniadakan biaya pembelian buku cek.

Selain yang sudah disebutkan di atas, kesiapan KPKNL Tangerang I untuk menjadi Kantor Pelayanan Terbaik didukung oleh berbagai inovasi yang telah dilakukan yang tentunya sangat berpengaruh pada peningkatan kualitas pelayanan kepada stakeholder. Atas berbagai usaha yang telah dilakukan, KPKNL Tangerang I berhasil lolos sampai putaran final di mana pada tahap ini menyisakan tiga kantor terbaik yaitu KPKNL Tangerang I, KPKNL Singkawang dan KPKNL Tarakan. Dari hasil penilaian akhir juri, KPKNL Tangerang I berhasil menjadi Kantor Pelayanan Terbaik Ke-dua di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara – Kementerian Keuangan Tahun 2019, penghargaan langsung diberikan oleh Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Upacara Hari Oeang ke-73.

Lomba Pengelolaan Arsip

Sebagai kantor pelayanan yang memiliki tusi di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Piutang Negara, Pelayanan Penilaian dan Pelayanan Lelang, merupakan hal wajib jika memiliki sistem pengelolaan arsip yang baik. Arsip yang dikelola dengan baik akan aman dari kerusakan dan kehilangan, mudah saat dicari, dan nyaman saat dipandang. Hal pertama yang dilakukan yaitu mengelompokkan arsip bedasarkan jenisnya, diurutkan berdasarkan tahun pembuatannya serta diletakkan di dalam dus yang rapi. Masing-masing dus diberikan keterangan nomor dus dan jenis dokumen. Penulisan jenis dokumen dimaksudkan agar dokumen lain tidak dimasukkan ke dalam dus tersebut. Langkah selanjutnya adalah membuat sistem pengelolaannya, yaitu dengan membuat suatu sistem aplikasi yang diberi nama ALDo (Aplikasi Layanan manajemen arsip dan Dokumen). Fitur yang ada di aplikasi ALDo membuat arsip atau dokumen termonitor dari semenjak pembuatannya, masa aktif dan inaktif sampai dengan rekomendasi pemusnahannya. Dengan bantuan ALDo, arsip yang ada mudah dikelola, aman dan mudah dicari saat dibutuhkan. Walaupun belum berhasil menjadi juara, tapi manfaat yang dirasakan sangat besar karena mempermudah pegawai dalam mengelola arsip.

  Penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik

Selain dari berbagai perlombaan diatas, pada Bulan Desember, KPKNL Tangerang I telah ditetapkan sebagai penerima penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik di wilayah KPPN Tangerang yang membawahi 137 satuan kerja. IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) untuk mengukur kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara atau Lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi, dengan nilai IKPA yang didapatkan sangat baik yaitu mencapai nilai 99,05 hal ini menegaskan bahwa KPKNL Tangerang I memberikan perhatian yang serius terhadap kualitas pelaksanaan anggaran belanja.

Berbagai prestasi yang diraih menjelaskan bahwa segenap pegawai KPKNL Tangerang I telah mengubah stigma Pegawai Negeri Sipil sebagai Zona Nyaman menjadi Zona Kompetitif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh sebab itu, KPKNL Tangerang I siap menyongsong tahun 2020 dengan semangat penuh TEKAD untuk menjadi Kantor berpredikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini